Kalian pasti tahu dong Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo? Mereka memang sering disebut-sebut sebagai pesepakbola terbaik sedunia. Nggak salah jika mereka menjadi favorit di kalangan dunia termasuk Indonesia.

Nggak Cuma Messi dan Ronaldo aja loh, ada salah satu pemain Liga Champion yang menjadi pusat perhatian dunia. Pemain bola asal Mesir ini bisa menjadi salah satu pesepak bola terbaik selanjutnya. Yaps ia adalah Mohamed Saleh. Pemain Liga Champion ini memiliki panggilan “Mo” dari rekan-rekan setimnya di Liverpool¬† FC.

Mohamed Salah lahir pada 15 Juni 1992, di Basion, Gharbia, Mesir. Salah tumbuh di sebuah desa kecil bernama Najrij, sekitar 150 kilometer dari Ibu Kota Kairo. Uniknya, Salah merupakan pesepak bola dengan gol terbanyak di 5 liga elit Eropa, mengalahkan Messi, Ronaldo, Harry Kane, Edinson Cavani hingga Robert Lewandowski. Yuk simak fakta unik lainnya pemain Liga Champion favorit yang satu ini:

  1. Awal mula karir di dunia sepak bola

Salah kecil tidak hanya bermain bola di lapangan atau di jalan-jalan yang sepi penuh debu di desanya, tetapi juga di kompetisi-kompetisi lokal. Salah satu kompetisi yang diikutinya adalah Liga Pepsi sebuah kompetisi sepak bola untuk anak-anak. Kompetisi ini digelar di Kota Tanta, sekitar 30 menit perjalanan darat dari Desa Najrij.

Permainannya yang gesit ini memukau seorang pencari bakat dari klub sepak bola Contractors FC (El Mokawloon) yang bermarkas di Kairo. Saat itu juga pencari bakat ini langsung menawarkan kontrak untuk Mohamed Salah.

  1. Kehilangan masa remaja

Seperti layak anak remaja lainnya, yang menghabiskan waktu untuk bermain dengan teman sebaya, tetapi ini tidak berlaku untuk Salah. Loh kenapa? Masa remaja Salah digunakan untuk bermain sepak bola. Jadwal latihan yang padat plus perjalanan panjang yang harus ditempuhnya untuk berlatih membuat Salah tidak punya cukup waktu untuk bermain bersama teman-teman sebayanya.

  1. Pesta pernikahan yang unik

Banyak pesepakbola dunia yang membuat pernikahan mereka seperti selebritis, serba rahasia dan tertutup. Lionel Messi misalnya, pernikahannya yang supermewah hanya boleh dihadiri orang-orang tertentu saja.

Akan tetapi Mohamed Salah sungguh berbeda dan unik. Untuk menunjukkan kecintaanya kepada Mesir, dia membuka lebar-lebar pintu pesta pernikahannya. Semua orang di daerahnya bisa masuk dan makan di sana. Mereka yang datang pun beragam untuk meramaikan acara pernikahan Mohamed Salah.

  1. Prestasi Mohamed Salah

Pada 8 Oktober 2017, Mohamed Salah menjadi pahlawan bagi Mesir dengan meloloskan negaranya ke Piala Dunia 2018! Salah memborong dua gol kemenangan 2-1 Mesir atas Kongo dalam laga Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Afrika di Stadion Borg El Arab. Gol kedua Salah yang berasal dari penalti pada menit ke-90+5 memastikan Mesir untuk pertama kalinya sejak 28 tahun silam akan bertarung di Piala Dunia.

Selanjutnya, bulan Januari 2018, Mohamed Salah dianugerahi gelar Pemain Terbaik Afrika 2017. Puncak prestasi Mohamed Salah muncul pada 22 April 2018 dengan menyabet gelar PFA Player of the Year alias Pemain Terbaik Liga Inggris 2017-2018.

Mohamed Salah sudah mencetak 42 gol Liverpool FC dari 2.642 menit merumput di Premier League atau berkontribusi dalam satu gol The Reds tiap 62,9 menit! Statistik tersebut membuktikan Salah sangat pantas menyandang gelar PFA Player of the Year.

Jangan sampai ketinggalan pertandingan seru dari Liga Champion 2019, kamu bisa nonton Liga Champion 2019 di Vidio.Vidio merupakan official online broadcaster yang menayangkan pertandingan Liga Champion dan pertandingan bola lainnya. Caranya mudah banget, download aplikasi Vidio dan kamu bisa berlangganan Vidio Premier Platinu, dengan harga 49.000/30 hari untuk nonton jagoan klub Liga Champion 2019 favoritmu.