5 Pilihan Mainan Anak Edukatif yang Wajib Punya

  • 2 min read
  • Nov 25, 2020
Mainan Anak Edukatif

Sebuah tanggung jawab besar bagi orang tua untuk bisa mendidiknya menjadi orang dewasa yang mandiri. Semua dimulai dari kecil, seperti mainan. Ada begitu banyak pilihan mainan anak edukatif yang banyak dijual di pasaran. Penting sekali memberikan mereka mainan yang edukatif, karena mainan bukan hanya sarana untuk bermain saja.

Anak yang berusia balita sudah bisa diperkenalkan dengan berbagai macam jenis mainan. Manfaat dari mainan edukatif sendiri tidak bisa disepelekan. Banyak yang dilatih seperti kemampuan motorik, kreatifitas, menciptakan rasa percaya diri bahkan konsep logika sederhana. Sudahkah Anda memilih mainan yang tepat dan edukatif?

Macam-macam Mainan Edukatif untuk Anak

Harga mainan untuk anak-anak bervariasi dari murah hingga mahal, tergantung dengan bahan yang digunakan. Tapi kini banyak sekali produk lokal yang kualitasnya sangat baik untuk digunakan dalam waktu lama. Harganya pun lebih terjangkau daripada Anda harus membeli mainan impor.

Berikut ini aneka pilihan mainan anak edukatif yang bisa Anda persiapkan.

  • Mainan balok berbentuk

Mainan dari balok kayu selalu menjadi favorit, selain murah mainan ini juga edukatif. Mungkin sebagian besar dari Anda masih ingat ketika masih kecil juga memainkan mainan balok kayu dengan beragam bentuk dan warna. Anak bisa menyusun balok ini and melatih konsentrasi mereka.

Selain konsentrasi, Kemampuan kognitif juga akan terangsang dengan adanya permainan rancangan bangunan. Mereka bisa berimajinasi dengan luas dalam sehingga balok bisa disusun dan seimbang agar bisa berdiri kokoh.

  • Puzzle

Bagi Anda yang memiliki anak usia di atas 2 tahun bisa memilih puzzle sebagai mainan utamanya. Puzzle adalah mainan menyusun gambar yang terpisah. Permainan ini akan mengasah otak untuk memecahkan teka-teki gambar yang ada di dalamnya.

Untuk permulaan, Anda bisa membeli puzzle yang ukurannya besar. Seiring dengan bertambahnya usia anak, Anda bisa membeli puzzle dengan potongan gambar yang lebih kecil. Pilihlah gambar-gambar yang menarik perhatian mereka.

  • Mainan alat musik

Ingin supaya anak menjadi kreatif sejak dini? Anda perlu membelikan mereka mainan alat musik. Mainan ini bisa melatih kemampuan kognitif mereka serta kelima panca indra. Anak akan belajar meniup, memukul, menekan melalui alat musik. Biarkan mereka menciptakan musik dengan kreasinya sendiri.

Selain itu, setelah membebaskan anak untuk selalu berkreasi bermain alat musik, siapa tahu dari situlah bakat mereka akan terlihat. Anak juga belajar bagaimana cara menciptakan bunyi yang enak.

  • Origami

Bermain lipat kertas hingga menjadi bentuk karakter hewan bisa menjadi pilihan mainan anak edukatif yang murah meriah. Hanya dengan modal kertas origami saja, mainan yang berasal dari Jepang ini bisa dimainkan oleh anak usia dua tahun ke atas. Manfaat dari permainan ini adalah anak bisa mengenali instruksi yang runtut.

Hal yang menarik dari origami selain bentuk akhir dari lipatan adalah warna-warni kertas yang unik. Supaya mudah mengajarkan, Anda bisa membeli buku origami terlebih dahulu yang berisi instruksi lengkap.

  • Play Doh

Mengajarkan bentuk dan warna, Play Doh adalah mainan edukatif yang aman untuk anak. Anak bisa merasakan tekstur baru dari sebuah benda dan mereka bisa menggulung, meremas serat memipihkan doh menjadi bentuk-bentuk kreatif. Biasanya permainan ini dijual lengkap dengan peralatan yang mendukung untuk membentuk doh menjadi bentuk unik.

Supaya anak belajar warna, jangan ragu untuk mencampurkan warna doh supaya memiliki warna-warna yang baru.

Bukan sembarang mainan yang diberikan kepada anak, perlu pilihan mainan yang tepat seperti mainan edukatif supaya tumbuh kembang anak juga semakin baik.