5 Tahapan Jalin Kerjasama Content Placement

  • 2 min read
  • Sep 26, 2020
Kerjasama Content Placement

Kerjasama content placement biasanya akan dilakukan ketika pemilik bisnis ingin memperomosikan bisnisnya melalui para blogger yang sudah populer. Sesuai namanya, kerjasama ini dilakukan dengan menempatkan konten pihak pemilik bisnis di situs blogger atau pemasang konten. Lantas, bagaimana tahapannya ketika Anda ingin menjalin kerjasama dengan penyedia jasa penempatan konten? Berikut tahapannya!

  1. Siapkan Situs Bisnis

Hal pertama kali yang tentunya bisa Anda lakukan ketika akan menjalin kerjasama content placement dengan blogger atau penyedia jasa adalah menyiapkan situs bisnis Anda. Tentunya, Anda harus punya situs aktif yang nantinya pihak blogger bisa mengarahkan pengunjungnya untuk mengunjungi situs Anda. Jika memang usaha Anda masih baru bergelut di dunia digital, tidak ada salahnya untuk membutnya terlebih dahulu. Namun, jika sudah ada maka itu lebih baik.

  1. Tentukan Pilihan Jasa

Ketika Anda sudah mantap memiliki situs bisnis atau perusahaan, maka selanjutnya memilih blogger atau penyedia jasa penempatan konten. Ini penting dilakukan karena tidak bisa sembarangan untuk Anda memilihnya. Pastikan blogger yang Anda pilih cukup populer dan punya kualitas situs serta otoritas website yang baik.

Jika pun Anda memilih menggunakan jasa, maka pilihlah jasa yang memang punya reputasi baik. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin bagus juga manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk perkembangan bisnis maupun produk Anda nantinya.

  1. Buat Kesepakatan

Lantas hal apa yang selanjutnya Anda lakukan ketika sudah memilih blogger atau penyedia jasa? Jika dirasa Anda sudah mantap untuk memilih pihak jasa untuk jasa content placement tersebut, maka Anda bisa langsung membuat kesepakatan. Jika memang terdapat kesepakatan resmi berupa kontrak dan sebagainya, maka Anda bisa mengisinya dengan tepat.

Pada proses kesepakatan ini juga, Anda bisa meminta penjelasan bagaimana layanan yang ditawarkan. Juga bagaimana manfaat yang nanti Anda dapatkan. Anda juga bisa sekaligus bertanya lebih banyak bagaimana rank situs, visitornya, dan hal lain yang bisa membuat Anda lebih yakin.

  1. Sediakan Konten

Jasa content placement biasanya variatif. Variatif di sini dilihat dari segi penawaran harga atau bahkan layanannya. Seperti yang diketahui, ketika akan menjalin kerjasama content placement maka konten adalah hal yang juga harus disiapkan. Konten ini biasanya berupa artikel. Memang, ada jasa yang juga menyediakan layanan pembuatan kontennya.

Namun, jika Anda ingin menghadirkan konten milik Anda sendiri itu lebih baik. Pastikan juga konten yang dibuat itu orisinal dan tidak mengandung unsur plagiarisme. Pasalnya, konten plagiarism tidak disukai oleh pihak Google. Gunakan juga teknik SEO content dalam pembuatannya. Misalnya gunakan kata kunci relevan, penyebaran yang sesuai dan enak dibaca oleh pengunjung.

  1. Monitoring Proses dan Hasil

Saat Anda sudah menjalin kerjasama dengan blogger atau penyedia jasa, bukan berarti Anda lepas tangan dan menyerahkan semuanya pada pihak jasa. Sebaiknya, lakukan monitoring terhadap bagaimana proses yang dilakukan. Anda bisa terus lakukan komunikasi dengan pihak yang sudah Anda jalin kerjasama tersebut. Ketika komunikasi terjalin dengan baik, Anda bisa dengan mudah menyampaikan atau mengeluh atas hasil atau proses yang ada.

Lakukan juga  monitoring hasil yang Anda dapatkan dari jasa content placement tersebut. Misalnya, Anda bisa mengecek bagaimana perkembangan traffic situs Anda, bagaimana otoritasnya dan lain sebagainya. Jangan sampai, kerjasama Anda nyatanya tidak membuahkan hasil yang baik. Tentu akan terasa rugi bukan jika Anda sudah membayar mahal, namun tidak mendapat manfaatnya.

Nah, itulah beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan saat menjalin kerjasama penempatan konten. Cukup mudah, bukan? Untuk informasi harga bisa cek langsung disini https://www.seoagency.co.id.