Tidak hanya untuk liburan, mungkin kamu juga akan tiba di sebuah kesempatan saat harus menukarkan mata uang rupiah dengan mata uang asing. Ya, biasanya terkait dengan pekerjaan, kamu harus menukarkan sejumlah uang dengan mata uang asing. Bisa untuk kebutuhan klien atau malah keperluan perjalanan dinas sendiri. Nah, untuk perjalanan dinas, tidak usah ragu merekomendasikan traveloka pesawat, rekomendasi penginapan, sampai transportasi bandara yang punya penawaran harga murah untuk akomodasi selama dinas. Supaya tidak kehabisan uang dan tidak bisa bertahan saat tiba di negara tujuan, pastikan kamu sudah melakukan penukaran mata uang asing.

  1. Lakukan Perbandingan Nilai Tukar Terbaik

Untuk berbagai kebutuhan transaksi, tentunya tidak lengkap jika tidak melakukan perbandingan harga. Seperti layaknya membeli barang, kamu juga harus melakukan perbandingan harga yang dikenakan pada saat ingin menukarkan uang.

Tidak hanya nilai tukar mata uang asing di money changer yang berbeda, tetapi juga pada waktu yang berbeda. Semakin besar nilai rupiah yang ingin kamu tukarkan, semakin besar juga selisih nilai mata uang asing yang kamu dapatkan.

  1. Memastikan Izin Resmi Money Changer

Hal satu ini tidak kalah penting untuk diperhatikan. Kamu harus memastikan bahwa layanan money changer tempat kamu menukarkan uang memiliki lisensi resmi dari lembaga yang terpercaya. Masalahnya, kalau sudah ditukar dengan mata uang asing, mungkin kamu tidak tahu bagaimana cara mengidentifikasi uang tersebut asli atau palsu. Oleh karena itu, jangan sampai uang yang sudah kamu tukarkan malah tidak bisa dibelanjakan di negara tujuan karena kamu kena tipu.

  1. Pertimbangkan Komisi Penukaran Uang

Setiap money changer biasanya mengenakan sedikit biaya sebagai bentuk komisi pada saat kamu menukarkan mata uang asing. Nah, jumlah komisi penukaran uang inilah yang perlu dipertimbangkan. Jangan sampai sudah dapat kurs nilai tukar yang murah, tapi kamu malah harus membayar lebih mahal karena komisi penukaran uangnya lebih tinggi.

  1. Perkirakan Waktu Terbaik untuk Menukarkan Uang

Hal ini biasanya bisa kamu prediksi saat sudah sering menukarkan uang. Kamu bisa melihat naik turunnya kurs mata uang asing yang ingin ditukar dan melihat kapan waktu terbaik untuk bisa mendapatkan mata uang asing dengan harga yang lebih murah. Nah, kamu harus cermat untuk memutuskan waktu penukaran mata uang asing agar bisa mendapatkan nilai tukar yang menguntungkan.

  1. Lakukan Penukaran Sebelum Berangkat ke Negara Tujuan

Bagaimana jika kamu melakukan penukaran mata uang asing di negara tujuan saja? Biasanya, nanti kamu malah bingung untuk melakukan tawar-menawar jumlah mata uang yang diinginkan. Memang sih, ada beberapa negara yang menyediakan mesin self-service untuk menukarkan rupiah. Namun, harganya fix sehingga kamu tidak bisa menawar untuk mendapat harga terbaik. Belum lagi, kalau ternyata kamu tidak bisa menemukan mesin tersebut di negara tujuan. Jadi, lebih aman kalau sudah menukarkan mata uang asing di Indonesia saja.

Untuk menukarkan uang dalam jumlah banyak, biasanya ada beberapa layanan money changer di Indonesia yang juga sudah mengakomodasi penukaran dari kartu debit menjadi uang tunai. Jadi, kamu tidak perlu mengambil uang di ATM terlebih dahulu untuk menukarkan rupiah menjadi mata uang asing yang kamu butuhkan.