Cara Tradisional Atasi Sakit Gigi

Apa yang Anda rasakan saat sakit gigi? Tentunya sangat menyiksa dan membuat Anda langsung mencari obat sakit gigi. Sakit gigi diakibatkan beberapa hal, seperti gigi berlubang atau infeksi yang diakibatkan oleh kotoran yang menempel atau kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga.

Rasa berdenyut yang kuat, ngilu yang berkepanjangan dan mengganggu keseharian Anda akibat sakit gigi dapat ditanggulangi dengan menggunakan cara-cara tradisional berikut ini:

  1. Kompres menggunakan es batu

obat sakit gigi

Mengkompres bagian yang sakit dengan es batu dilakukan untuk membantu meredakan peradangan. Bungkus es batu pada kain bersih, lalu meletakannya di pipi bagian yang sakit.

Cara kedua adalah dengan menempelkan es batu yang kecil langsung pada pipi bagian yang sakit. Dorong dan pijat dengan es tersebut beberapa saat. Cara ini menghambat sinyal rasa sakit ke otak, dan meredakan rasa sakit Anda. Namun jika Anda punya masalah gigi sensitif, mungkin cara ini kurang cocok untuk dilakukan.

  1. Daun sirih, si daun sehat

obat sakit gigi

Daun sirih adalah daun yang serbaguna dan sangat efisien untuk membunuh kuman, termasuk kuman yang menyebabkan sakit gigi. Cukup rebus 3 atau 4 helai daun sirih segar, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur jika sudah dingin. Lakukan sesering mungkin hingga sakit gigi Anda benar-benar sembuh.

  1. Teh dan peppermint

obat sakit gigi

Teh peppermint mungkin sering Anda temukan untuk minuman dikala cuaca dingin. Karena efeknya yang memberikan rasa hangat dan sejuk dalam waktu bersamaan. Selain itu, peppermint juga ampuh sebagai obat sakit gigi. Caranya sama dengan daun sirih, yakni rebus beberapa helai daun peppermint, kemudian berkumur setelah airnya dingin. Anda dapat menambahkan air teh tawar untuk campuran saat berkumur. Sensani segar dansakit yang mereka akan Anda dapatkan.

  1. Minyak bunga matahari dan wijen

obat sakit gigi

Minyak bunga matahari dan wijen sangat dipercaya untuk meredakan sakit gigi dan menyembuhkan radang gusi. Gunakan dengan cara dikumur namun jangan sampai tertelan, Minyak bunga matahari dan wijen juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mulut, mencegah bau mulut dan menjadikannya lebih segar.

  1. Metode bawang merah

obat sakit gigi

Bawang merah ternyata ampuh untuk dijadikan obat sakit gigi alami. Caranya sangat praktis, cukup gigit satu siung bawang merah untuk beberapa menit pada bagian gigi atau gusi yang sakit. Kandungan antiseptik dan antibakteri pada bawang merah mampu membunuh kuman penyebab sakit gigi.

  1. Daun jambu biji

obat sakit gigi

Daun jambu biji dipercaya berkhasiat untuk meringankan peradangan pada gigi dan gusi. Cukup kunyah 1 atau 2 helai daun jambu biji hingga getahnya menempel dibagian yang sakit. Kemudian berkumurlah juga dengan rebusan daun jambu biji yang telah dicampur garam sebagai pelengkap.

  1. Cengkeh

obat sakit gigi

Rasa nyeri dan pembengkakan saat sakit gigi dapat Anda tanggulangi dengan menggunakan cengkeh. Tumbuk 2 atau 3 cengkeh, dan campurkan dengan minyak sayur atau langsung menggunakan minyak cengkeh. Cara lainnya adalah dengan merendam cotton bud kedalam minyak cengkeh. Dan oleskan pada bagian gigi atau gusi yang sakit.

  1. Bawang putih

obat sakit gigi

Selain bawang merah, bawang putih juga mampu menjadi obat sakit gigi. Bawang putih mengandung allicin yang merupakan antibakteri. Sama dengan bawang merah, anda cukup menggigit satu siung bawang putih pada gigi atau gusi yang sakit. Atau bisa juga dengan mencampur bubuk bawang putih dengan garam kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Demikian beberapa cara tradisional untuk menanggulangi atau menjadi obat sakit gigi alami. Cara tersebut tidak perlu Anda lakukan jika Anda adalah seorang yang rajin merawat kesehatan gigi dan mulut, karena sakit gigi selalunya datang akibat tidak terjaganya kesehatan gigi dan mulut.