Al-Huda Sebagai Nama Lain Al-Quran

  • 2 min read
  • Sep 19, 2021
Al-Huda Sebagai Nama Lain Al-Quran

Al-Quran sebagai petunjuk bagi umat Islam yang sangat nyata untuk bidang kehidupan. Al-Quran berisi pelajaran hidup dan bisa dipraktekkan dalam kelangsungan hidup dan segala sesuatu. Termasuk didalamnya praktek bisnis dan urusan menghadap atau menyembah Allah SWT terdapat pelajaran didalamnya. Sehingga Al-Quran benar terbukti sebagai sumber dari petunjuk mulia dibanding kitab lainnya.

Al-Huda sebagai nama lain Al-Quran dinilai sangat relevan dengan kriteria Al-Quran dan ciri-cirinya. Hal tersebut telah ditegaskan di dalam Ayat Al-Quran bahwa kitab tersebut menjadi petunjuk umat manusia. Sebenarnya Al-Quran adalah penyempurna dari ajaran lain termasuk didalamnya ajaran kitab Taurat, Injil, dan Zabur.

Selain itu, ditegaskan dalam Surah Ali-Imran ayat 138 bahwa Al-Huda sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Al-Huda atau sebutan Al-Quran inilah benar dan sesuai dengan karakter kandungan kitab Allah SWT. Sejarah mencatat dan diterangkan dalam surah Al-Baqarah ayat 185 bahwa Al-Huda turun di bulan suci Ramadhan dan digunakan untuk petunjuk umat manusia.

Datangnya Al-Huda inilah bukti bahwa Al-Quran sebagai pembeda dari kitab lain. Al-Huda nama lain Al-Quran berisi penjelasan segala petunjuk yang ada di bumi ini. Sehingga Anda bisa menggunakan Al-Huda untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Namun, jika Anda belum paham arti dan maksud konteks dari ayat Al-Quran. Sebaiknya untuk terus belajar dan menggali makna serta maksud dari ayat yang dimaksud.

Orang beriman pasti mempercayai adanya Al-Huda dalam kehidupannya. Orang beriman pasti mempercayai petunjuk dari isi kandungan Al-Quran. Sehingga Al-Huda diyakini kebenarannya dan orang-orang iman tersebut dituntut dalam kehidupan yang benar serta bahagia. Adapun Al-Huda sangat mudah dipelajari dan mudah dibaca. Sehingga tidak perlu alasan lagi jika Anda tidak bisa membaca Al-Quran ini.

Salah satu mukjizat Al-Huda adalah mudah untuk dibaca. Hingga orang yang membaca dan mendengarkan lantunan ayat demi ayat Al-Quran dijamin mendapat kenyamanan. Apalagi kepada orang-orang beriman Al-huda tidak memungkinkan untuk menyumbat telinga dan menyulitkan mulutnya untuk membaca Al-Quran. Nama lain Al-Quran inilah yang selama ini diyakini benar dan jelas adanya bahwa dengan Al-Huda umat Islam mendapat ketentraman hati.

Walaupun bahasa yang digunakan Al-Huda adalah Bahasa Arab abad ke 8 tetapi maksud kandungan makna historisnya masih bisa dipelajari. Hingga banyak lahir mufassir untuk membantu menjelaskan makna historis dan dibawa ke historis kontekstual kekinian sekarang ini. Justru itulah yang menjadi bukti bahwa Al-Huda adalah sumber petunjuk dari segala problematika kehidupan dunia hingga masalah yang kiranya baru dihadapi.

Itulah tadi penjelasan singkat bukti Al-Huda adalah nama lain Al-Quran yang signifikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda pembaca bisa meyakini dan menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk hidup.