Mie Indomie adalah jenis mie instan yang dinikmati oleh banyak orang. Karena tidak mahal dan hanya membutuhkan beberapa menit untuk dipersiapkan, mereka menarik bagi orang-orang yang memiliki anggaran terbatas atau kekurangan waktu.

Informasi ini akan membahas tentang Indomie dan Mie Instan yang enak, ada kebingungan apakah sehat memakannya secara teratur. Artikel ini membahas mie Indomie instan untuk membantu Anda memutuskan apakah hidangan yang enak ini dapat masuk ke dalam diet sehat.

Mie Indomie adalah mie instan kemasan yang terbuat dari tepung terigu, berbagai minyak nabati, dan perasa. Mie sudah dimasak sebelumnya, artinya sudah dikukus dan kemudian dikeringkan atau digoreng untuk mempersingkat waktu memasak bagi konsumen.

Mie Indomie instan dijual dalam paket dengan paket bumbu kecil atau dalam cangkir yang airnya dapat ditambahkan. Tidak ada keraguan bahwa mie Indomie enak, tetapi nilai gizinya layak untuk diteliti lebih lanjut.

Nutrisi terkandung dalam Mie Indomie:

Meskipun informasi nutrisi bervariasi antar produk, kebanyakan mie Indomie instan rendah kalori tetapi kurang nutrisi utama. Misalnya, satu porsi mie Indomie instan rasa ayam memiliki :

  • Kalori: 188
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Total lemak: 7 gram
  • Protein: 5 gram
  • Serat: 1 gram
  • Sodium: 891 mg
  • Dan masih banyak lagi

Mie Indomie instan dibuat dengan tepung terigu yang telah diperkaya dengan bentuk sintetis nutrisi tertentu seperti zat besi dan vitamin B untuk membuat mie lebih bergizi. Namun, mereka kekurangan banyak nutrisi penting, termasuk protein, serat, vitamin A , vitamin C, vitamin B12, kalsium, magnesium , dan kalium.

Manfaat Mie Indomie bagi Kesehatan?

Terlebih lagi, tidak seperti makanan utuh, segar, makanan kemasan seperti mie Indomie instan kekurangan antioksidan dan phytochemical yang berdampak positif bagi kesehatan dalam banyak hal.

Belum lagi, mereka mengemas dalam jumlah kalori yang baik tanpa beragam nutrisi yang terkandung dalam makanan yang lebih seimbang yang terdiri dari protein, sayuran, dan karbohidrat kompleks.

Meskipun satu porsi (43 gram) mie Indomie hanya memiliki 188 kalori, kebanyakan orang mengkonsumsi satu paket, yang setara dengan dua porsi dan 371 kalori.

Sementara mie Indomie instan menyediakan beberapa nutrisi seperti zat besi, vitamin B dan mangan, mie Indomie kekurangan serat, protein dan vitamin serta mineral penting lainnya.

Sodium adalah mineral yang penting untuk berfungsinya tubuh Anda. Namun, terlalu banyak natrium dari kelebihan garam dalam makanan tidak baik untuk kesehatan Anda.

Salah satu kontributor terbesar asupan natrium makanan adalah makanan olahan, termasuk makanan kemasan seperti mie Indomie. Tidak mengonsumsi cukup natrium telah dikaitkan dengan efek samping, tetapi terlalu banyak mengonsumsi dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Misalnya, melakukan diet tinggi garam telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker lambung, penyakit jantung dan stroke. Terlebih lagi, pada orang-orang tertentu yang dianggap sensitif terhadap garam, diet tinggi sodium dapat meningkatkan tekanan darah, yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan jantung dan ginjal.

Mie Indomie adalah makanan tinggi sodium. Mengkonsumsi terlalu banyak natrium dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda dan telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kanker lambung, dan stroke.

Seperti banyak makanan olahan, Mie Indomie instan mengandung bahan-bahan seperti penambah rasa dan pengawet, yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Ini adalah pengawet yang digunakan untuk memperpanjang umur simpan dan mencegah pembusukan makanan olahan.