Aplikasi Transfer Uang Antar Negara yang Legal di Indonesia

  • 2 min read
  • Jun 05, 2021
Aplikasi Transfer Uang Antar Negara yang Legal di Indonesia

Untungnya, startup fintech dan beberapa perusahaan level atas telah mengembangkan platform dan layanan untuk membuat pengiriman uang antar negara lebih murah dan lebih cepat. Meskipun layanan pembayaran berbeda satu dengan yang lainnya, tetapi beberapa aplikasi transfer uang antar negara ini patut diandalkan untuk kebutuhan Anda. Mulai dari belanja, pembayaran asuransi, pembelian tiket pesawat, kepentingan bisnis, dll bisa menggunakan beberapa aplikasi transfer uang berikut ini.

Paypal

PayPal adalah platform online yang memfasilitasi penggunanya untuk menghubungkan kartu kredit atau rekening bank mereka sehingga mereka dapat melakukan pembayaran atau menerima uang secara online. Jika Anda pernah menggunakan situs eCommerce maka Anda mungkin sudah familiar dengan PayPal. Mengirim dana ke luar negeri lebih mahal jika menggunakan jasa transfer lain. Anda akan dikenakan biaya persentase dari jumlah yang ditransfer, tergantung dari jumlah uang yang dikirim.

Penerima dan pengirim dana Anda harus memiliki akun PayPal. Jika mereka belum memiliki

PayPal akan menambahkan margin 3% ke nilai tukar dasar jika Anda memilih untuk mengirim pembayaran dalam mata uang selain dolar Australia. Jika Anda mengirimkan uang dolar Australia dan melakukan konversi ke mata uang lokal saat tiba di rekening penerima, mereka akan dikenakan margin pertukaran sebesar 4% diatas tarif dasar. Misalnya 100 dollar australia dikirim dari Sydney ke Jakarta, akan ada biaya tambahan sebesar 4% dari 100 dollar Australia tersebut. Kemungkinan besar penerima tidak mendapat 100 dollar australia. Hingga kini Paypal masih diandalkan orang Indonesia untuk transfer antar-negara, karena platform ini sudah bekerja sama dengan berbagai bank yang legal di Indonesia.

Payoneer

Payoneer adalah platform kedua yang terkenal di berbagai belahan dunia. Akan tetapi sistemnya sedikit berbeda dengan Paypal. Payoneer adalah pihak ketiga yang memproses transfer uang antar negara. Payoneer bertindak sebagai penerima uang dari berbagai Negara seperti AS, Inggris, UE, Jepang, Kanada, Australia, dan Meksiko. Payoneer begitu terkenal di Pakistan daripada Negara lain, karena disana Paypal diizinkan beroperasi.

Meskipun prosesnya berbeda dengan berbagai platform yang sudah beredar, namun Payoneer juga terintegrasi langsung dengan banyak pihak seperti Airbnb, Upwork, Amazon, Fiverr, dan banyak lagi. Semua platform ini menawarkan opsi Payoneer ketika Anda memilih metode pembayaran pilihan Anda.

Western Union

Western Union dimulai sebagai penyedia layanan telegraf di AS ketika didirikan pada tahun 1851. Saat ini, Western Union adalah salah satu perusahaan pengiriman uang internasional terbesar dan terkemuka di dunia yang berkantor pusat di Denver, Colorado. Biaya Western Union tidak tetap. Biaya ditentukan oleh banyak faktor seperti negara tujuan pengiriman uang, cara penerimaan uang, jumlah uang yang ditransfer, dan cara pembayaran transfer.  Nilai tukar Western Union berbeda berdasarkan metode transfer dan mata uang tujuan pengiriman uang. Western Union menyediakan jasa mengirim uang dalam hampir 130 mata uang di seluruh dunia.

Transferwise

Layanan TransferWise menawarkan cara murah untuk mengirim uang dari AS ke 80 negara di dunia. Nilai tukar adalah beberapa yang terbaik yang akan Anda temukan. Anda dapat mendanai transfer dengan berbagai cara, seperti dengan rekening bank atau kartu kredit,  dan yang pastinya penerima harus memiliki rekening bank.

Biaya administrasi yang diterapkan untuk 1 kali transfer adalah USD 1 dan persentase sedikit kurang dari 1% dari jumlah transfer. Jika Anda menghubungkan transferwise dengan kartu kredit, mungkin biaya admin yang digunakan akan lebih tinggi. Sementara jika Anda menggunakan transfer dari rekening bank atau kartu debit Anda cenderung lebih murah.