Laptop 9th Gen Intel Apple MacBook Pro yang diperbarui mungkin dua kali lebih cepat, tetapi bisakah ia menangani keuntungannya?. Apple baru-baru ini menyegarkan jajaran laptop MacBook Pro, dan perusahaan mengklaim bahwa kinerja notebook premiumnya sekarang dua kali lebih cepat dari model yang mereka ganti.

Peningkatan kecepatan ini berkat prosesor Core generasi kesembilan Intel, yang membawa hingga delapan core kekuatan pemrosesan pada varian 15-inci yang lebih besar – peningkatan dua core dari konfigurasi Core i9 yang ditingkatkan tahun lalu – untuk pertama kalinya ke Apple jajaran notebook.

Mengingat bahwa masalah termal yang merongrong model Intel Core i9 MacBook Pro enam-core tahun lalu menghasilkan kinerja yang terbatas, tidak jelas apakah chip yang lebih kuat tahun ini akan mengalami nasib yang sama. Untuk bagiannya, Apple menangani masalah pelambatan tahun lalu dengan tambalan perangkat lunak yang tampaknya telah menyelesaikan keluhan bagi banyak pemilik, tetapi tidak jelas apakah Apple menangani desain internal MacBook Pro tahun ini untuk mengakomodasi chip Intel yang lebih kuat.

“MacBook Pro lebih kuat dari sebelumnya untuk mengkompilasi kode, memproses gambar resolusi tinggi, merender grafik 3D, mengedit beberapa aliran video 4K dan banyak lagi,” kata Apple dalam sebuah pernyataan. MacBook 15-inci dikirimkan dengan prosesor enam atau delapan-inti, sedangkan MacBook Pro yang lebih ringkas memiliki silikon quad-core.

MacBook Pro 15 dapat mencapai kecepatan hingga 5.0GHz dengan Turbo Boost dengan CPU generasi kesembilan Intel, sementara MacBook Pro 13 berada di atas 4.7GHz dengan Turbo Boost pada prosesor generasi kedelapan Intel. Apple mengklaim premium delapan inti MacBook Pro 15-inci dua kali lebih cepat dari model quad-core tahun lalu, dengan 50% waktu komputasi lebih cepat dalam TetrUSS dan 65% waktu kompilasi lebih cepat dalam Xcode. Selain itu, menurut klaim Apple, materi iklan dapat mengedit hingga 11 stream video secara bersamaan dalam 4K menggunakan Final Cut Pro X, sementara desainer dapat membuat adegan 3D dua kali lebih cepat di Maya Arnold.

Seperti model MacBook Pro tahun lalu, laptop baru ini dilengkapi dengan display yang mendukung gamut warna P3 yang lebih luas, teknologi True Tone, trackpad Force Touch yang luas, dan chip keamanan T2 khusus Apple, dan Touch Bar. Apple telah menurunkan prosesor Intel generasi ketujuh ke model 13-inci yang lebih murah yang dikirimkan tanpa Touch Bar. Pada model-model yang dilengkapi Touch Bar yang diperbarui, Anda akan menemukan empat port Thunderbolt 3, dan kedua ukuran MacBook Pro bergantung pada IntelĀ® Iris Plus Graphics terintegrasi. Model 13-inci mendukung Intel iris Plus Graphics 640 dan model 15-inci dilengkapi dengan Intel Iris Plus Graphics 655 yang lebih baik bersama opsi grafis AMD Radeon yang terpisah.

Harga mulai dari $ 1.799 untuk MacBook Pro 13-inci dengan prosesor Intel Core i5 quad-core 2.4GHz generasi delapan, RAM 8GB, dan penyimpanan solid-state 256GB. Untuk prosesor generasi kesembilan Intel, Anda harus meningkatkan ke model 15 inci yang lebih besar. Pangkalan MacBook Pro 15-inci dikirimkan dengan prosesor Intel Core i7 2.6GHz enam-inti, grafis diskret Radeon Pro 555X, RAM 16GB, dan solid-state drive 256GB seharga $ 2.399. Konfigurasi yang ditingkatkan dengan prosesor delapan inti 2.3GHz Intel generasi kesembilan Core i9, RAM 16GB, penyimpanan 512GB, dan grafis diskret Radeon Pro 560X akan membuat Anda kembali $ 2.799.

Sama pentingnya dengan peningkatan kinerja dengan penyegaran ini, Apple juga menangani masalah keandalan dengan pembaruan. Apple merevisi desain keyboard generasi ketiga dengan sakelar tombol kupu-kupu untuk membantu meningkatkan keandalan pada MacBook Pro terbaru. Pemilik model MacBook sebelumnya dengan keyboard yang menggunakan sakelar kunci kupu-kupu telah mengeluhkan puing-puing yang bersarang di bawah kunci, menyebabkan kunci tidak responsif atau lengket yang memaksa Apple untuk memperluas program perbaikan keyboardnya. Dengan generasi terbaru MacBook Pro, Apple mengklaim bahwa perbaikan yang dilakukan harus membantu meringankan keluhan umum, tetapi tidak menentukan perubahan apa yang dilakukan pada desain keyboard keseluruhan. Apple masih memberi label keyboard ini sebagai keyboard generasi ketiga, menurut sebuah laporan di The Verge. Kita harus melihat apakah tweak yang baru diimplementasikan membahas masalah keandalan pada model MacBook Pro yang diperbarui dengan prosesor Intel generasi kedelapan dan kesembilan.