Tak jarang sebagian dari kalian yang gemar mengkoleksi beberapa film, ataupun anda yang gemar mendokumentasikan sesuatu melalui video dan lainnya, pasti selalu memiliki masalah yang sama yaitu kepenuhan memori, entah ini dalam pc, laptop ataupun pada android juga iphone yang anda punyai. Salah satu penyebab dari hal tersebut ialah size video yang anda simpan terlalu besar. Namun anda tidak perlu bingung atau khawatir, karena anda bisa mengatasinya dengan cara mengecilkan ukuran video atau yang lebih sering kita kenal dengan kompres video. Jika anda masih bingung ataupun belum mengetahui cara mengkompres video agar memiliki ukuran yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitas dari video itu sendiri, tenang saja kali ini kami akan memberikan bagaimana cara untuk melakukan kompres video, baik itu melalui pc atau laptop, android ataupun iphone. Okay! Langsung saja kita simak artikel berikut dengan baik.

langkah pertama yang dilakukan untuk mengecilkan ukuran video atau kompres video dalam pc tanpa menggunakan aplikasi tambahan yaitu dengan cara membuka situs gratis videosmaller, walaupun situs ini gratis iklan yang terdapat tidak terlalu banyak dan mengganggu pandangan anda. Kemudian langkah selanjutnya yaitu dengan meng-upload atau mengunggah video yang ingin anda kompres pada kolom browse yang tersedia di situs tersebut. Anda akan diberi opsi low compression yang telah di sarankan oleh situs videosmaller, pilih lah dan sesuaikan dengan ukuran dan juga kualitas yang anda inginkan didalam video anda. Selain itu, anda juga bisa untuk menghilangkan atau menghapuskan audio yang ada pada video anda. Setelah memilih beberapa opsi sebelumnya anda bisa langsung meng-klik upload video, dan tunggu beberapa saat hingga anda menemukan video anda yang telah di kompres beserta informasi mengenai seberapa banyak kompresi yang telah di lakukan oleh situs ini.

Langkah terakhir adalah men-downloadnya dan anda bisa menyimpan video tersebut dengan ukuran yang lebih kecil. Jika kompres video dilakukan pada laptop yang anda miliki, anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi handbrake. Namun anda harus mendownload softwarenya terlebih dahulu. Kemudian lihat dan perhatikan ukuran video sebelum dilakukan peng-kompresan, lalu langkah pertama bukalah aplikasi handbrake yang telah anda download, lalu pilihlah source-file yang nantinya akan muncul kotak dialog untuk memilih video yang akan anda kompres, setelah itu klik opsi open, jangan lupa untuk atur pada tab video, seperti pada bagian content quality anda bisa menggunakan 27 ataupun dibiarkan di 20. Langkah selanjutnya ialah atur penyimpanan output sesuai keinginan pada kolom destination, kemudian klik start dan tunggulah beberapa lama tergantung pada ukuran video hingga muncul queue finished yang berarti proses telah selsai.

Kompres video selanjutnya dilakukan dengan menggunakan android, yaitu dengan cara meng-instal terlebih dahulu aplikasi panda video compressor di playstore. Setelah itu, lakukanlah dengan cara seperti biasa untuk memilih video yang akan anda kompres. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa menentukan sendiri ukuran video juga kualitas pada video yang akan anda kompres. Setelah itu, anda bisa menunggu sebentar sampai video selsai dikompres, lalu kliklah simpan dan selsai tentunya sangat mudah bukan?. jangan khawatir bagi iphone user, anda juga bisa melakukan kompresi dengan menginstal vidcompress di appstore, dengan cara meng-kompres yang sama sepeti dilakukan pada android. Sekian dan terimakasih!