Ada banyak cara agar pelanggan toko online makin loyal. Misalnya dengan memberikan bonus, potongan diskon, hingga program menarik lainnya. Terutama soal pembelian dengan berbagai metode pembayaran termasuk dengan menyediakan layanan kredit online dengan proses yang mudah.

Mau tidak mau kini para pemilik toko harus mulai berakrab ria dengan kemajuan teknologi dan perkembangan digital. Apalagi cukup banyak marketplace yang juga royal memberikan diskon kepada pelanggan dengan berbagai syarat dan promo yang menarik. Pemilik toko hanya cukup memanfaatkan kanal-kanal tersebut dengan baik.

Nah, sisanya tinggal lebih fokus untuk melayani pelanggan, memberikan harga terbaik, serta mempertahankan loyalitas pelanggan dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Memberikan produk yang berkualitas

Dengan banyaknya pilihan toko online di beberapa marketplace maupun situs jualan, satu hal yang akan membuat pelanggan menjadi loyal sebenarnya bukan semata soal harga tapi kualitas.

Kini banyak pelanggan yang tidak mempedulikan lagi harga barang tetapi lebih meningkat dengan menginginkan barang yang berkualitas, original, serta memberikan jaminan garansi keaslian.

Dalam berjualan secara online sekalipun tetap saja pelanggan yang loyal hanya akan memilih toko online yang berjualan barang-barang berkualitas dan tepercaya.Sekali dikecewakan, efeknya justru akan sulit dihilangkan dengan adanya jejak digital di media sosial.

  1. Fast response dengan layanan ekstra

Tidak ada pelanggan yang mau menunggu terlalu lama. Salah satu kebiasaan unik pasar Indonesia adalah selalu tetap mengkonfirmasi barang yang sudah diberikan deskripsi dengan jelas.

Tentu dengan fasilitas chat di beberapa marketplace memudahkan pelanggan menghubungi pedagang atau pelapak, dengan begitu prosesnya jadi hampir mirip seperti di pasar tradisional.

Inilah sebabnya dalam berjualan online pun dibutuhkan kecekatan dan proses yang lebih cepat dari biasanya karena karakter pasar yang tidak suka menunggu terlalu lama saat membutuhkan jawaban yang ditanyakan.

  1. Terbuka dengan kritik dan saran dari pelanggan

Sebagai pedagang online sekalipun tentu tidak akan pernah luput dari kesalahan entah itu disengaja atau tidak, apalagi jika berdampak pada pelanggan. Jika ada kritik atau saran dari pelanggan, jangan pernah membalasnya apalagi tidak berusaha meminta maaf.

Kenali setiap pelanggan kamu agar bisa memahami apa sebenarnya yang diinginkan oleh pelanggan. Dengan mengetahui keinginan pelanggan, kita bisa semakin mudah memenuhi kebutuhannya

  1. Memilih marketplace sesuai kebutuhan pelanggan

Setiap toko online pasti memiliki situs personal. Meskipun demikian, hampir semua pelanggan juga memiliki marketplace pilihannya sesuai dengan preferensi masing-masing. Oleh karena itu, kenali pelanggan lebih dekat melalui marketplace yang menjadi pilihannya. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendapatkan order dari marketplace yang dipilih oleh pelanggan.

Pemilihan marketplace ini akan memperluas jaringan dan pasar dari berbagai kelas. Namun, memang perlu maintenance ekstra dengan memegang akun dari beberapa marketplace yang berbeda.

  1. Memberikan kemudahan dalam pembayaran

Marketplace tepercaya umumnya sudah memiliki beberapa paltform pembayaran. Layanan tersebut tidak akan mudah jika diinisiasi di situs jualan personal sekalipun. Inilah mengapa meski ada toko online tetap harus membuat akun di beberapa situs marketplace ternama di Indonesia.

Penting karena pelanggan sudah punya pilihan masing-masing, kebiasaan pembayaran hingga pengiriman barang yang biasa dialaminya saat membeli barang. Bahkan tak sedikit juga yang memanfaatkan kredit online sehingga pembelanjaan jadi lebih ringan.

Kredivo sudah terdaftar secara resmi di OJK dengan nama PT FinAccel Digital Indonesia dengan nomor registrasi S-236 / NB.213 / 2018. Inilah yang membuat para pelanggan umumnya akan lebih fleksibel dalam melakukan pembelian serta merasa aman.

Kredivo memiliki dua pinjaman yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Perbedaan keduanya hanya terletak pada plafon yang diberikan. Untuk pinjaman mini plafon pinjaman minimal Rp500 ribu dan maksimal Rp1 juta. Sementara pinjaman jumbo minimal Rp1 juta dan maksimal sesuai dengan kredit limit yang didapatkan.

Bunga pinjaman Kredivo sebesar 2.95 persen dengan pilihan tenor mulai dari 30 hari, 3 dan 6 bulan. Malah untuk belanja dengan kredit online menggunakan Kredivo, tenor bisa lebih panjang hingga 12 bulan.

Kredivo sudah lumrah dikenal sebagai kartu kredit digital untuk berbelanja di beberapa marketplace terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya. Kredit limit yang diberikan bisa mencapai Rp30 juta per nasabah.

Pelanggan yang sudah terbiasa menggunakan Kredivo biasanya sudah memiliki aplikasinya yang bisa diunduh dari Google Play maupun App Store. Soal pendaftaran pun tergolong mudah, begitu pula halnya dengan persetujuannya.