Cara Budidaya Buah Manggis

  • 2 min read
  • Jun 12, 2020
Cara Budidaya Buah Manggis

Tanaman manggis memiliki karakteristik yang lumayan unik, pasalnya pertumbuhan pada tanaman ini tidak akan tumbuh sampai lebih dari 25 meter, rata-rata hanya kurang lebih antara tujuh sampai 25 meter. Dengan ada beberapa hal yang harus di siapkan oleh anda untuk budi daya bibit buah manggis.

Syarat Tumbuhnya Bibit Manggis

Manggis dapat berkembang baik apabila ditanam di daerah yang datarannya rendah dan biasanya ada pada ketinggian mencapai delapan ratus mdpl, buah manggis juga memerlukan suhu yang kurang lebih 22 derajat sampai dengan 32 derajat, untuk curah hujannya manggis hanya perlu 1500 sampai 2500 mm/tahun dengan kelembaban udara dapat mencapai delapan puluh persen. Tanah yang bagus biasanya akan dimanfaatkan untuk menanam buah mangga merupakan berjenis latosol, dan ber PH 5 sampai 7

Cara Perbanyakan Manggis

Pada umumnya tanaman manggis dapat dibibitkan dengan dua cara yaitu vegetatif dan melalui biji.

Metode Pembibitan Biji

Bibit buah manggis ini dapat diproduksi sekaligus diperbanyak dengan biji, dan tidak juga sebutan pembibitan generatif, karena buah manggis dapat terbentuk melalui metode apoktimis.

Buah manggis mempunyai biji viabilitas yang cukup rendah sehingga cepat sekali mengalami kemunduran. Yang menjadikan biji manggis harus cepat dikecambahkan karena selanjutnya di keluarkan dari buahnya. Viabilitas biji manggis hanya bertahan 3-5 minggu. Semakin besar biji manggis semakin bagus untuk dikecambahkan.

Pembibitan Menggunakan Metode Vegetatif

Bibit buah manggis bisa diproduksi dengan campur tang anda atau juga bisa di sebut dengan vegetatif. Baik berupa metode cangkok, stek, penempelan, sambung pucuk dan penyusuan. Biasanya yang paling bagus itu jika menggunakan metode sambung pucuk.

Menyiapkan Lahan Penanaman Bibit Manggis

Sebaiknya andasiapkan lahan yang digunakan budidaya manggis bersih dan bebas dari pepohonan, sisa tebangan tanaman, tunggul, semak-semak, rumput dan gulma. Selain itu upayakan penanaman dilakukan tepat sebelum musim hujan.

Penanaman Bibit Manggis di Lahan

Siapkan lubang dengan berukuran 40x40x40 cm, simpan dan amankan tanah bekasi galian di sekitar lubang. Biarkan saja lubang terbuka selama 2 minggu, tanah yang tadi disimpan campur dengan pupuk organik ataupun pupuk kandang agar subur.

Dengan idealnya antara lubang yang mau di tanam 10X10m, budi daya tanaman buah manggis ini dapat dipadukan dengan buah pisang dan berjarak sekitar 2,5X2,5m. Jadi misalkan andaakan menanam 1 hektar lahan maka kira-kira anda akan mendapatkan 100 pohon manggis dan 1500 pohon pisang.

Pemupukan Pohon Manggis

Dengan memupuk pohon manggis untuk menjadi lebih lebat dan subur seharusnya dilakukan sesudah tanaman ini sudah berusia satu sampai dengan dua bulan, dan seiring tambahnya usia sekitar sepuluh sampai dengan sebelas anda bisa menambah lagi takaran pupuknya. Pupuk yang harus digunakan seharusnya pupuk organik dan juga pupuk kandang, alasannya karena pupuk alami dapat menambah rasa manis pada buah manggis.

Pengairan Tanaman Pohon Manggis

Bibit buah manggis yang baru saja ditanam pada saat musim kemarau harus mengiakan disiram dengan air minimal 1 sampai 2 kali per harinya, agar selalu menjaga kelembaban tanah. Jika bibit atau tanaman manggis sudah berusia dua tahun maka penyiraman air bisa dikurangi, anda bisa mengakali pengairan dengan menggunakan metode irigasi tetes ataupun bantu gembor.

Pemangkasan Cabang Pohon Manggis dan Pengendalian Hama

Anda harus sering memeriksa dan memotong ranting atau daun pohon manggis yang sudah terserang hama. Anda bisa menggunakan pestisida organik dengan dosis yang tepat tentunya.

Manggis ini pada umunya dapat dipanen usia 5 sampai 10 tahun, dan bunganya akan mekar warnanya ungu muda, dan sedekah dipanen buah manggis anda dapat memangkas tunas-tunas yang bertebaran di daerah pohon manggis.