Cara Memilih Air Minum Dalam Kemasan yang Berkualitas

  • 3 min read
  • Oct 15, 2020
Cara Memilih Air Minum Dalam Kemasan yang Berkualitas

Dalam memenuhi kebutuhan cairan kita sehari-hari, kita harus rutin meminum air secara berkala. 8 gelas perhari merupakan anjuran dari banyak para ahli guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. Seringkali kita lalai dalam memenuhi kebutuhan cairan, mulai dari alasan malas untuk minum karena sibuk berkegiatan, sampai kita asal dalam memilih jenis minuman yang akan kita konsumsi.

Tentunya dari kafein sampai alkohol sangat tidak diperuntukan untuk sering kita konsumsi sehari, karena dapat merusak tubuh kita. Maka dari itu air putih adalah solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Air minum dalam kemasan yang beredar di pasaran sangatlah banyak, Pertambahan ini mengakibatkan kompetisi menjadi brand air minum berkualitas tidak terhindarkan. Hal ini membuat konsumen bingung dalam menentukan air minum yang berkualitas untuk diri sendiri dan keluarga.

Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui bahkan mungkin tidak mengerti faktor apa saja yang bisa menjadi tolak ukur pemilihan air minum yang baik untuk dikonsumsi khususnya bersama keluarga. [1]

Cara Memilih Air Minum Dalam Kemasan

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih air minum kemasan yang aman bagi kesehatan:

  • Perhatikan informasi terkait sumber airnya

Ada beragam jenis air minum kemasan, mulai dari gelas, botol, hingga galon. Namun, yang paling banyak dikonsumsi adalah air mineral botolan. Air mineral yang berkualitas baik berasal dari sumber air bawah tanah atau mata air pegunungan yang mengandung mineral alami.

Seperti namanya, air mineral mengandung berbagai mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti kalsium, kalium, natrium, fluoride, dan magnesium. Selain sumber airnya, proses pengolahan dalam produksi air mineral juga perlu diperhatikan.

Idealnya, air mineral kemasan sudah diolah dengan teknologi canggih, sehingga kandungan mineralnya tetap terjaga dan tidak terkontaminasi oleh kuman maupun bahan kimia berbahaya.

  • Cek apakah sesuai standar yang ditentukan pemerintah

Pastikan produk air minum kemasan yang Anda pilih memiliki logo SNI (Standar Nasional Indonesia). Produk dengan logo tersebut berarti telah memenuhi standar keamanan dan kebersihan yang telah ditentukan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Tak hanya itu, produk air minum kemasan juga harus telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

  • Perhatikan kondisi kemasannya

Pastikan kemasan air minum dalam kondisi baik, tidak bocor, dan masih tersegel dengan rapat. Kemasan yang rusak bisa menandakan produk tersebut sering terpapar suhu panas dalam jangka waktu lama atau bahkan terpapar zat kimia berbahaya, sehingga kualitas air dan keamanannya tidak lagi terjamin.

Pilihlah produk dengan kemasan yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan ramah lingkungan. Umumnya, air minum kemasan terbuat dari bahan plastik sekali pakai, artinya botol kemasan tidak boleh digunakan kembali meski kondisinya masih baik.

  • Perhatikan warna, rasa, dan bau airnya

Air yang aman dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna atau terlihat jernih, tidak berbau, tidak memiliki rasa. Hindari mengkonsumsi air minum yang tampak keruh atau berbau tidak sedap karena kemungkinan besar air tersebut sudah terkontaminasi kuman atau bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan penyakit.

  • Cek masa kedaluwarsa

Tidak seperti air minum yang dimasak, air mineral kemasan memiliki masa kadaluarsa. Sebelum membelinya, cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Air yang sudah terlalu lama dalam kemasan mungkin saja sudah menurun kualitasnya dan tidak layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, hindari membeli air minum kemasan yang sudah mendekati atau melewati tanggal kadaluarsa.[2]

  • Perhatikan Pengambilan serta Pengolahannya

Sebelum menentukan air minum berkualitas untuk Anda serta keluarga, adalah sistem pengambilan dari mata air dan juga sistem pengolahannya. Air minum yang baik tercipta dari sistem pengambilannya dari mata air, serta sistem pengolahan yang harus juga baik. Banyak produsen air minum yang kurang memperhatikan faktor ini karena hanya memperhatikan faktor sumber mata air serta pengemasannya saja. Walaupun saat baru dikemas air minum tersebut akan terlihat baik, hal ini tidak bertahan lama karena pengambilan serta pengolahan yang tidak diperhatikan sehingga kandungan dalam air minum tersebut menjadi tidak higienis atau steril.  [1]

  • Kocok terlebih Dahulu

Untuk memastikan air dalam kemasan masih berkualitas bagus sebaiknya dikocok terlebih dahulu. Tidak berhenti sampai di sana, setelah dikocok, air minum tersebut dapat diarahkan pada cahaya baik listrik maupun matahari. Tujuannya untuk melihat apakah terdapat serat berwarna putih yang seperti kapas atau tidak. Jika dalam air minum terdapat serat putih, seseorang tidak dianjurkan untuk membelinya. Serat putih pada air menandakan kualitas air sudah berkurang. [3]

Seperti yang dijabarkan diatas, sangat banyak cara untuk kita memilih air minum dalam kemasan yang berkualitas. Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, karena di Indonesia ada air minum dalam kemasan yang sangat berkualitas, yaitu AQUA.

Sumber air AQUA berasal 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia yang membentang dari Sabang hingga Merauke. AQUA memilih sumber air pegunungan terbaik, dari sumber air lapisan tanah dalam. AQUA juga merawat lingkungan sekitar untuk menjaga kelestarian sumber air, seperti penanaman lebih dari 2 juta pohon dan perlindungan 10 hektar tanah di sekitar sumber air, agar alam dapat terus mengalirkan kebaikan untuk kita.

Kebaikan dari alam dibotolkan langsung di sumbernya, melalui cara yang intensif namun efektif dengan pengawasan secara real time untuk menjaga kualitas terbaik saat produksi dan pengemasan hingga kebaikannya sampai di tangan Anda.

Setelah mengetahui ciri kualitas air minum yang baik, sekarang menerapkan gaya hidup sehat dengan cukup minum air sesuai kebutuhan tubuh pun semakin mudah dilakukan. Pilih AQUA, karena hanya AQUA lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.[4]

  1. https://www.sehataqua.co.id/beberapa-faktor-memilih-air-minum-berkualitas/
  2. https://www.alodokter.com/cara-memilih-air-kemasan-yang-baik
  3. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170727150141-260-230736/sembilan-cara-terbaik-memilih-air-mineral-dalam-kemasan
  4. https://www.sehataqua.co.id/beberapa-faktor-memilih-air-minum-berkualitas/