Cara Memilih Hosting Web WordPress Terbaik untuk Anda

  • 3 min read
  • Jan 04, 2021
Cara Memilih Hosting Web WordPress Terbaik untuk Anda

Sebelum Anda dapat menemukan paket hosting WordPress terbaik untuk website Anda, Anda harus tahu kriteria apa saja yang perlu diperhatikan. Gunakan pertimbangan berikut sebagai panduan membeli. Ini akan memudahkan Anda mempersempit pilihan.

Dukungan Pelanggan

Kebanyakan orang tidak berpikir untuk mempertimbangkan layanan pelanggan yang ditawarkan oleh penyedia hosting WordPress mereka. Tetapi faktor ini pasti memiliki peringkat tinggi dalam daftar Anda.

Dalam skenario yang ideal, situs Anda akan berjalan dengan lancar 24/7, dan Anda tidak akan pernah mengalami masalah. Sayangnya, kita hidup dalam kenyataan — bukan dunia yang sempurna. Jadi suatu hari nanti, Anda akan mengalami masalah dan membutuhkan bantuan.

Penyedia hosting wordpress terbaik akan mendukung Anda. Mereka tersedia sepanjang waktu melalui telepon, obrolan langsung, dan dukungan email. Agen akan bekerja dengan rajin untuk menyelesaikan masalah Anda dengan cepat.

Bagi Anda yang saat ini memiliki situs web aktif di layanan hosting lain, pastikan penyedia yang Anda pertimbangkan untuk beralih akan membantu Anda dalam migrasi situs. Tim dukungan pelanggan terbaik akan melakukannya secara gratis.

Dikelola vs. Tidak Dikelola

Pengalaman teknis Anda akan membantu Anda menentukan apakah Anda menginginkan paket hosting WordPress yang dikelola atau paket WordPress yang tidak dikelola.

Hosting WordPress tradisional lebih hemat biaya. Host akan membuat penginstalan WordPress cukup mudah untuk Anda, biasanya hanya dengan satu klik (dengan asumsi WordPress belum diinstal sebelumnya).

Paket terkelola sedikit lebih mahal, tetapi Anda akan mendapatkan keuntungan dari layanan yang ditingkatkan. Paket hosting WordPress terkelola terbaik akan hadir dengan fitur-fitur seperti pencadangan otomatis, pembaruan otomatis, pemeliharaan, dan fasilitas lainnya bagi Anda yang lebih suka lepas tangan.

Metrik dan Kinerja Situs

Semua paket hosting web bermerek “hosting WordPress” harus sudah dioptimalkan untuk WordPress. Jadi segera, kinerja situs Anda akan lebih baik daripada layanan yang tidak dioptimalkan.

Namun di luar itu, ada faktor lain yang memengaruhi dua metrik situs terpenting yang harus Anda pantau — waktu kerja dan kecepatan.

Jenis hosting yang Anda pilih akan berdampak terbesar pada ini. Misalnya, hosting bersama akan lebih lambat daripada hosting VPS. Tingkat lalu lintas Anda juga akan memainkan faktor dalam metrik kinerja Anda.

Beberapa penyedia lebih baik daripada yang lain dalam hal kecepatan dan kinerja. Cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang ini adalah dengan membaca ulasan pelanggan terbaru. Jika orang terus-menerus mengeluh tentang pemadaman dan waktu henti yang tidak terduga, Anda mungkin harus menjauh.

Berbagai Jenis Web Hosting untuk WordPress

Hosting web WordPress dapat dibagi menjadi beberapa kategori berbeda. Berikut penjelasan yang lebih mendalam tentang masing-masing:

Shared Hosting WordPress

Shared  hosting WordPres sadalah opsi termurah. Seperti namanya, Anda akan berbagi sumber daya server dengan situs web lain di server yang sama. Adapun rekomendasi hosting terbaik Indonesia yang telah kami buat, selengkapnya bisa Anda simak melalui link diatas.

Ini adalah pilihan terbaik untuk situs web baru, situs web kecil, blog kecil, dan situs yang tidak mengharapkan banyak lalu lintas. Opsi ini mudah untuk dimulai dan pemeliharaannya sangat rendah.

elemahan dari shared hosting adalah kinerjanya. Karena Anda berbagi ruang server, faktor di luar kendali Anda dapat memperlambat atau berpotensi merusak situs Anda. Misalnya, “tetangga yang buruk” di server Anda mungkin memonopoli sumber daya.

Hosting bersama tidak bagus untuk situs web bisnis. Saat Anda mulai mendapatkan 10.000 hingga 25.000+ pengunjung per bulan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk meningkatkan ke tingkat lain.

VPS Untuk WordPress

Secara teknis Anda masih berbagi server fisik dengan situs web lain, tetapi jumlah situs di server itu akan jauh lebih rendah. Selanjutnya, server dibagi menjadi beberapa server virtual (karena itu namanya), jadi setiap situs memiliki sumber daya khusus sendiri.

Anatomi hosting VPS membantu mencegah lalu lintas di situs lain memperlambat situs Anda. Hosting VPS WordPress telah meningkatkan kinerja dan dapat mengakomodasi volume lalu lintas yang lebih tinggi daripada paket bersama.

Managed Hosting WordPress

Dengan paket managed hosting WordPress, Anda akan memiliki server sendiri untuk situs web Anda. Ini menghasilkan performa setinggi mungkin, kemampuan untuk mengakomodasi volume lalu lintas yang besar, dan penyesuaian akhir