Cara Memilih Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Jenis Kulit

  • 4 min read
  • Oct 25, 2019
Cara Memilih Pembersih Wajah yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Salah satu cara menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan cara membersihkan wajah dengan baik dan benar. Termasuk dalam hal pemilihan produk pembersih wajah. Saat ini ada banyak sekali produk pembersih yang bisa kita pilih. Namun,karena banyaknya produk yang dijual, seringkali kita merasa kebingungan saat memilih pembersih yang sesuai dan bagus untuk kulit kita.

Selain tersedia dalam beberapa pilihan, biasanya satu produk akan menyediakan beberapa jenis pembersih yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit kita. Mulai dari pembersih untuk kulit kering, berminyak, berjerawat, hingga kulit yang normal. Kini untuk kamu yang merasa kebingungan memilih produk pembersih yang sesuai. Berikut ada cara memilih pembersih muka yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing:

  1. Kulit Kering

Kulit Kering

Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering dan cendring flaky, maka pemilihan produk pembersih pun juga harus disesuaikan yang khusus untuk merawat kulit kering. Dimana untuk jenis kulit ini, sebaiknya kamu tidak memilih sabun muka atau produk pembersih yang mengandung alkohol. Bahan alkohol yang keras justru akan mengikis kelembaban dan kulit akan menjadi lebih kering. Jika tetap dipaksakan, maka kulit akan terlihat lebih keriput dan muncul garis-haris halus tanpa penuaan dini. Sebaiknya, kamu pilih pembersih dengan kandungan yang lebih lembut dan memiliki kandungan minyak di dalamnya.

  1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang menjadi masalah yang cukup umum di alami. Bahkan masalah kulit ini bisa mengarah pada timbulnya jerawat jiak perawatannya tidak tepat. Agar kulit tidak semakin berminyak dan menunda timbulnya jerawat. Maka kamu bisa pilih produk pembersih wajah yang tepat cocok untuk kulit berminyak. Carilah produk pembersih dengan kandungan Oil Control namun yang tidak menyumbat pori-pori. Biasanya produk dengan kandungan Salicylic Acid dan Sodium Benzoate mampu membantu menyerap minyak yang berlebih. Selain itu pilih produk yang memang tepat untuk jenis kulit berminyak.

  1. Kulit Sensitif

Jenis kulit yang sensifit cendrung lebih sulit perawatannya. Jika salah memilih produk kecantikan saja, bisa jadi justru timbul masalah baru seperti kulit berjerawat, timbulnya flek dan bintik hitam, kusam, dan lain sebagainya. Nah, untuk kamu yang memiliki kulit yang cendrung sensitif. Maka kamu harus lebih hati-hati dalam memilih produk kecantikan terutama untuk pembersih muka. Biasanya, untuk jenis kulit yang sensitif. Kamu bisa memilih produk dengan kandungan bahan-bahan ekstrak yang lebih aman untuk kulit, misalnya saja seperti ekstrak Calendula atau Chamomile. Dimana produk berbahan ekstrak akan lebih aman dengan efek yang lebih rendah untuk digunakan.

  1. Kulit Kombinasi

Ada kalanya seseorang memiliki jenis kulit kombinasi, misalnya saja normal kering, normal berjerawat, atau berminyak dan berjerawat. Jika kamu memiliki jenis kulit ini, maka pemilihan produk pembersih pun harus benar-benar disesuaikan dengan masalah kulit kamu. Jangan sampai akibat asal memilih produk pembersih, kulit menjadi merah, beruntusan, atau bahkan mengering. Jika kesulitan memilih produk pembersih. Kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan pakar kecantikan atau dokter khusus kulit. Biasanya mereka akan memberikan solusi untuk jenis kulit kombinasi seperti ini.

  1. Kulit Normal

Berbeda dengan kulit normal, umumnya jenis kulit ini lebih mudah perawatannya. Meskipun terkesan lebih mudah, namun kamu harus tetap teliti dalam pemilihan produk pembersih. Jangan sampai produk yang kamu pilih justru menimbulkan masalah baru di kulit normalmu. Untuk jenis kulit normal, ada banyak sekali produk yang bisa kamu pilih. Dimana kamu bisa memilih produk-produk dengan daya formula lebih ringan untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Tips Memilih Pembersih Wajah

Setelah mengetahui jenis kulit masing-masing. Kini tiba saatnya untuk kamu mengetahui beberapa tips saat memilih produk pembersih yang cocok dan tepat untuk kulit wajah kamu. Berikut beberapa tips memilih pembersih wajah yang benar:

  • Ketahui jenis kulit kamu

Sebelum membeli produk pembersih muka, kamu harus tahu terlebih dahulu jenis dan tipe kulit wajah kamu. Apakah normal, kering, berminyak, atau kombinasi. Jika sudah mengetahui jenis kulit wajah kamu. Maka kamu akan lebih mudah menentukan produk pembersih yang sesuai. Cari produk yang memang khusus mengatasi kulit wajah kamu. Sehingga hasil yang diperoleh dari penggunaan produk pun bisa lebih nampak.

  • Perhatikan bahan yang terkandung di dalamnya

Jangan buru-buru langsung membelinya. Kamu bisa memperjhatikan badan atau kandungan yang ada di dalam produk pembersih yang akan kamu beli. Biasanya ada bahan-bahan khusus yang harus dihindari untuk jenis kulit tertentu. Misalnya saja untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, maka sebaiknya hindari produk yang mengandung oil atau minyak. Sedangkan, untuk kamu yang memiliki kulit yang kering. Maka hindari produk-produk yang mengandung alkohol karena sifatnya yang keras.

  • Cari tahu review dari orang-orang yang sudah menggunakannya

Jika kamu membeli produk yang sebelumnya belum pernah kamu pakai. Maka cari tahu dahulu review dari orang-orang yang sudah menggunakannya. Apakah efeknya baik digunakan untuk jangka panjang ataukah tidak. Jika banyak orang yang memberikan ulasan positif tentang produk tersebut. Maka tidak ada salahnya juga jika kamu ingin beralih menggunakannya.

  • Amati perubahan setelah penggunaan produk

Setiap kulit wajah memiliki tipe dan jenis yang berbeda-beda. Bahkan efek setelah penggunaan produk pun biasanya juga berbeda. Ada yang langsung cocok, ada pula yang justru mengalami perubahan yang cukup drastis. Jika produk yang kamu beli menimbulkan perubahan yang cukup drastik atau bahkan justru menimbulkan masalah baru pada kulit. Maka sebaiknya hentikan pemakaian produk tersebut. Karena belum tentu produk yang kamu beli dengan harga mahal akan langsung cocok dengan jenis kulit wajah kamu. Namun jika efeknya bagus untuk kulit, maka bisa jadi produk pembersih tersebut memang pas untuk kamu gunakan.

  • Kamu bisa menggunakannya bersama toner untuk hasil yang lebih maksimal

Biasanya untuk hasil yang lebih optimal, pembersih wajah bisa digunakan bersama toner. Toner memang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah kamu. Salah satunya untuk menjaga kelembaban kulit wajah dan mencegah timbulnya masalah baru. Namun, saat memilih toner pun kamu juga harus menyesuaikannya dengan jenis dan tipe kulit wajah. Carilah produk toner yang tidak mengandung alkohol. Karena kandungan alkohol yang tinggi justru akan mengikis kelembaban sehingga kulit pun akan cendrung lebih kering. Gunakan toner setelah kamu membersihkan muka.

Dengan banyak produk pembersih yang beredar di pasaran. Tentu kamu sering sekali kebingungan memilih produk yang sesuai dengan jenis dan tipe kulit kamu. Namun, dengan beberapa cara memilih pembersih wajah yang sesuai untuk jenis kulit di atas. Kamu bisa dengan mudah memilih dan menentukan produk pembersih yang benar-benar sesuai dengan jenis dan masalah kulit wajah yang kamu miliki.