Cara Mencuci Botol Bayi Dengan Benar dan Tepat

  • 2 min read
  • Dec 06, 2019
Cara Mencuci Botol Bayi Dengan Benar dan Tepat

Menjaga kebersihan perlengkapan dan peralatan bayi adalah tugas utama seorang ibu. Hal ini wajib Ibu lakukan khususnya menjaga botol atau dot susu bayi Anda tetap bersih dan steril. Selain memilih sabun cuci pembersih botol yang tepat, Anda juga harus membersihkannya dengan tepat agar botol tersebut benar-benar steril.

Cara Tepat Mencuci Botol Bayi

Ada berbagai merk sabun pembersih botol yang sudah dikenal ampuh melawan kuman dan bakteri, salah satunya adalah sleek baby. Sabun dari sleek baby ini banyak diminati masyakarat karena harga yang cukup terjangkau. Kinerja sabun cuci dari sleek akan semakin maksimal jika Anda mencuci botol susu dengan benar dan tepat. Berikut ini cara tepat dalam mencuci botol susu bayi Anda !

  • Cuci Tangan Terlebih Dahulu.

Pastikan untuk mencuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum mencuci botol susu bayi. Hal ini sebagai upaya meminimalisir menempelnya bakteri atau kuman pada botol susu. Bilas dengan air mengalir.

  • Bilas Dengan Air Mengalir

Sebelum dicuci dengan sabun, sebaiknya botol bayi dibilang dahulu dengan air yang mengalir. Hal ini dimaksudkan agar kotoran atau sisa-sisa susu tidak menempel pada botol sehingga mudah saat dicuci.

  • Siapkan Baskom Dengan Air + Sabun Sleek Lalu Rendam

Langkah selanjutnya yakni menyiapkan baskom yang sudah diisi air beserta sabun sleek sesuai takaran. Kemudian rendam botol beberapa saat. Proses ini juga menjadi cara sterilisasi botol susu bayi Anda agar kuman dan bakteri terangkat dan hilang.

  • Sikat dengan Lembut Setiap Bagian Botol

Agar botol semakin bersih, gunakan sikat lembut untuk membersihkan sisa-sisa susu yang menempel. Lakukan secara perlahan dan gerakan memutar agar sisa kotoran cepat terangkat. Sikat yang Anda gunakan sebaiknya memang khusus untuk botol susu bayi Anda.

  • Bilas dengan Air Mengalir

Setelah dipastikan bersih, lakukan pembilasan dengan air yang mengalir. Proses ini harus dilakukan agar kotoran dan busa sabun bisa langsung hilang dengan mudah. Sehingga botol susu aman digunakan kembali.

  • Tiriskan Pada Rak Botol Atau Keringkan dengan Lap

Langkah terakhir yakni mengeringkan botol dengan lap atau tiriskan pada rak setelah proses cuci. Sebelum digunakan kembali, botol harus dalam keadaan bersih dan kering agar kuman dan bakteri tidak mudah menempel.