Cara untuk Membasmi Rayap pada Rumah

  • 2 min read
  • Jul 05, 2020
anti rayap surabaya

Sering sekali rayap dikenal dengan hobinya yang suka menggerogoti kayu pada bangunan. Ya, serangga kecil satu ini memang sangat merugikan, dan bahkan membahayakan rumah atau hunian. Barang-barang seperti perabotan kayu dan tiang yang sudah lapuk pada rumah yang mengakibatkan rayap kapan saja roboh dan sangat mengancam keselamatan.

Terkadang kayu yang luarnya masih kelihatan bagus isi di dalamnya sudah habis dimakan oleh rayap dan menjadi usang. Akan tetapi, apabila dipegang, kayu tersebut terasa ringan, rapuh, dan mengeluarkan serbuk-serbuk sisa kayu.

Setelah kalian sudah mengetahui rayap itu berbahaya, yuk langsung simak cara untuk membasmi rayap pada rumah di bawah ini :

Ketahui keberadaan rayap di rumah

Karena ukuran yang sangat kecil, rayap termasuk tidak kasatmata dan sudah untuk dilihat dengan mata telanjang. Akan tetapi, walaupun ukurannya kecil rayap sangat mudah dibedakan dari bentuk kecoa, semut dan serangga lainnya.

Jejak yang ditinggalkan rayap sering kali berupa serbuk kayu dan kayu keropos. Serbuk kaya yang berbentuk seperti bulatan kecil dan seperti bubuk selalu terdapat di dekat kayu keropos dimakan rayap. Dan pada kayu yang terdengar seperti berongga pada saat diketuk-ketuk mengisyaratkan bahwa kayu ini sudah mulai dimakan oleh raya dan menjadi rapuh.

Membasmi rayap di rumah dengan cara alami

Cara-cara yang sangat ekonomis untuk diterapkan dalam membasmi rayap di rumah kalian:

Campuran air tembakau dan garam

Buat kalian yang perokok khususnya, cara ini amat mudah untuk diterapkan. rendam Siahaan dari puntung rokok yang di dalamnya terdapat larutan garam selama satu malam, selanjutnya semprotkan air tersebut ke dalam tempat rayap yang bersarang.

Daun Salam dan Kemangi

Aroma kuat dari daun salam dan kemangi dapat mengusir rayap, khususnya yang terdapat di lemari pakaian kalian. Jangan khawatir karena meskipun mempunyai aroma yang kuat, pakaian kalian tidak akan terkena imbasnya.

Air cucian beras

Selama ini, air cucian beras diketahui sangat bermanfaat dalam menghaluskan wajah bahkan sampai menyuburkan tanaman. Tapi, tahukah kalian kalau air cucian beras juga ampuh untuk mengusir serangga seperti rayap? Hanya dengan menyiram air cucian beras pada tempat-tempat rayap bersarang.

Membasmi rayap di rumah dengan cara kimiawi

Kebanyakan orang sudah merasa yakin dengan zat-zat kimiawi dalam mengusir rayap dengan alasan yang lebih ampuh daripada dengan alternatif alami. Dari beberapa zat tidak sepenuhnya kimiawi, akan tetapi haru memerlukan perhatian yang khusus dalam pengaplikasiannya sehingga bisa berdampak buruk untuk tubuh manusia ketika salah digunakan.

Kamper atau kapur barus anti serangga

Kapur barus yang berbentuk seperti kristal yang mudah menyublim ke udara. Kapur barus ini berasal dari pohon yang mempunyai kandungan senyawa kimia yaitu naftalena. Dengan bau harum, kapur barus ini juga ampuh dalam mengusir serangga di rumah.

Minyak tanah dan solar

Selain berguna sebagai bahan bakar, perlu kalian ketahui bahwa minyak tanah dan solar juga sangat ampuh dalam melindungi kayu dari serangan rayap. Pada saat kalian berencana untuk membangun rumah dengan pondasi kayu, ada baiknya bangunan dilapisi dengan minyak tanah atau solar untuk lebih tahan lama dan aman dari serangan rayap.

Tisu

Serangga rayap tertarik pada benda-benda lembab. Kalian dapat mencampurkan tisu dan air, lalu menyemprotnya dengan cairan kimia pembunuh rayap. Rayap biasanya akan tertarik dengan tisu lembab akan seketika mati teracuni.

Itulah informasi tentang Cara untuk Membasmi Rayap pada Rumah dan jika kalian ribet dan tidak ada waktu untuk semua itu maka pakailah jasa anti rayap surabaya terbaik dan terpercaya. Semoga bermanfaat buat semuanya.