Motor Sport – Yamaha R6 pertama kali diluncurkan pada tahun 1998 untuk bersaing dengan generasi supersports baru seperti Kawasaki ZX-6R dan Suzuki GSX-R600.

Kecil, ringan, putaran tinggi, dan lincah. Yamaha R6 adalah track bike kompeten yang dapat Anda gunakan di jalan. Terjual lebih dari 4000 unit di Inggris pada tahun pertama.

Masuknya Yamaha R6 Dan Menjadi Primadona Di Indoensia

Motor yamaha r6 ini adalah motor dengan tipe CBU yang diluncurkan oleh yamaha pada tahun 2014 silam di Indonesia. Motor dengan disain full fairing ini akan menambah jajaran motor-motor dengan tema motor sport bike dalam negri.

Selain itu dengan hadirnya yamaha r6 kehdapan publik tanah air, diperkirakan persaingan antar perusahaan-perusahan produsen kendaraan bermotor akan semakin meruncing. Hal ini disebabkan karena setiap produsen kendaraan bermotor menginginkan setiap produknya bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Namun bukan hanya mendapatkan tempat di hati para konsumennya, akan tetapi setiap produsen kendaraan bermotor juga menginginkan setiap produknya menjadi selalu yang terdepan. Dengan berbekal perfoma mesin yang tangguh dan handal yamaha r6 optimis bisa meraih kesuksesan sebagai motor CBU yang tangguh dan berkualitas tinggi.

motor sport

Lalu berapakah harga yamaha r6 di Indonesia? untuk harga yamaha r6 yang di tawarkan di Indonesia sendiri mencapai kisaran harga sekitar Rp 200 jutaan. Harga yang terbilang cukup terjangkau untuk sekelas motor sportbike, mengingat motor ini dilengkapi dengan teknologi canggih serta fitur-fitur modern.

Motor Dari Perusahaan Yang Bertahan Dengan Desain Motor Sport

Supersport membutuhkan sedikit waktu untuk menemukan kakinya. Yamaha sebenarnya adalah perusahaan pertama yang membuat motor 600cc dengan XJ600 pada tahun 1984. Sepeda motor pada masa Middleweight pada umumnya menggunakan format mesin 550cc.

Setelah peluncuran R6, banyak hal telah berubah secara drastis. Jika Anda menginginkan desain dari sporty 600 pada tahun 1999, Anda dapat memilih motor seperti Kawasaki GPZ600, Honda CBR600F dan Suzuki GSX-R600.

Berbeda dengan kompetisi yang banyak mengulik dari motor berkapasitas lebih besar yang ada, Yamaha adalah merek baru yang terus melejit ke atas.

Yamaha mengklaim telah membuat mesin empat langkah produksi pertama yang menghasilkan 200bhp per liter ketika R6 diluncurkan. Apakah ini benar atau tidak (output daya di roda belakang dalam kondisi dunia nyata secara signifikan lebih rendah dari yang diklaim Yamaha) motor itu pasti sangat cepat untuk kelas menengah.

Pembaruan Mesin Terus Dilakukan Dan Diteliti Dengan Seksama

Salah satu alasannya adalah blok aluminium one-piece baru yang ringan, sangat kuat, dan sangat bagus untuk menghilangkan panas. Kekuatan puncak datang pada 13.000 rpm, sehingga kemampuan untuk tetap tenang sangat penting.

Dengan mesin yang cukup bandel untuk digunakan sebagai komponen yang tertekan dalam kerangka Deltabox, dan ini digabungkan dengan ringan dan jarak sumbu roda pendek R6 berarti bahwa penanganan bisa dibilang yang terbaik di kelasnya saat itu.

motor asli difettel beberapa kali oleh Yamaha, mendapatkan lampu ekor LED pada tahun 2001 dan injeksi bahan bakar dan swingarm baru pada tahun 2003. Kemudian pada tahun 2005 mesinnya di-tweak dan Yamaha menambahkan garpu USD dan kaliper radial.

Perombakan besar pertama dari R6 dilakukan pada tahun 2006 ketika versi yang sepenuhnya baru dan sarat teknologi dirilis. Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) adalah berita besar tentang supersport pada zaman itu, dan mesin baru ini menghasilkan 127bhp dalam perjalanannya menuju garis merah 16,500rpm yang menjerit.

Pembaruan 2008 membawa sedikit peningkatan daya ke 129bhp (yang dipangkas lagi pada 2010) dan sasis yang lebih kaku.

Banyak Yang Tumbang, Namun Banyak Yang Bertahan

Kelas supersport telah berjuang dalam beberapa tahun terakhir dan beberapa model telah menghilang (terutama Honda CBR600RR) tetapi Yamaha telah bertahan dan model 2017 masih merupakan track-busting all-rounder meskipun pemangkasan lebih lanjut dalam kekuatan puncak menjadi 116bhp karena Euro4 peraturan.

Yamaha R6 2017 memiliki fitur gaya apik Yamaha M1-esque, suspensi Yamaha R1, kontrol traksi dan quickshifter, tetapi harganya sangat mahal (£ 10.999 saat diluncurkan) dan akan mengalami penurunan ketika Kawasaki merilis ZX-6R yang diperbarui pada tahun 2019 .