Contoh Teks Eksposisi Perbandingan yang Singkat

  • 3 min read
  • Jan 23, 2021
Teks Eksposisi Perbandingan

Salah satu jenis teks eksposisi yang populer ialah eksposisi perbandingan. Jenis paragraf eksposisi ini berusaha menjelaskan suatu hal dengan cara membandingkannya dengan hal lain yang serupa.

Harapannya, dengan begini pembaca jadi bisa lebih mudah dalam memahami isi teks yang ingin disampaikan oleh penulis. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh teks eksposisi perbandingan singkat.

Sebelumnya, mari ingat-ingat terlebih dahulu, struktur teks eksposisi itu ada tiga, yaitu pernyataan umum, argumentasi, dan penegasan ulang.

Baiklah langsung saja, berikut ini kumpulan contoh teks eksposisi perbandingan yang singkat.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan 1

Di awal tahun 2021 ini, tim e-sport SMA Bakti berhasil meraih beberapa prestasi dan penghargaan yang membanggakan. Para atlit dari SMA Bakti telah memenangkan dua kejuaraan bergengsi di tingkat SMA se-Jawa Barat.

Hal ini tentu menjadi momen tersendiri bagi SMA yang berlokasi di kota Bogor tersebut. Pasalnya, hasil ini merupakan yang pertama kalinya untuk anak asuh bapak Yoga.

SMA Bakti mulai membentuk ekstrakurikuler e-sport pada awal tahun 2020 lalu dan baru berkesempatan mengikuti ajang resmi pada dua kompetisi tersebut.

Sayangnya, prestasi dari tim e-sport ini malah berbanding terbalik dengan hasil yang ditorehkan oleh tim Paskibranya.

Untuk beberapa tahun terakhir, Paskibra SMA Bakti terkenal selalu menjadi juara umum di kompetisi antar-SMA.

Namun, kali ini tidak begitu. Mereka hanya sukses meraih peringkat ke-3 setelah sebelumnya menjadi juara umum selama 3 tahun berturut-turut. Ini menjadi PR tersendiri bagi tim Paskibar SMA Bakti untuk kembali berbenah dan berevaluasi.

Terlepas dari hal tersebut, prestasi-prestasi kedua perwakilan sekolah ini tentunya sudah sangat membanggakan dan membawa harum nama sekolah.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan 2

Seiring dengan perkembangan zaman dan dunia kuliner, kini cara penyajian cilok tidak hanya dikukus saja. Melainkan bisa juga digoreng dan dihidangkan dengan saus.

Pengolahan atau cara masak cilok baru ini menghasilkan beberapa varian baru cilok, seperti cilok bakar, cilok goreng, bahkan hingga kaldu cilok. Tentunya tiap-tiap varian ini memiliki ciri rasa khas tersendiri dan layak buat dicicipi.

Hal yang sama juga terjadi pada bakso. Tidak hanya cilok, ternyata bakso juga mengalami serangkaian pengembangan variasi baru dalam prosesnya. Di mana tidak hanya bisa disajikan dengan kuah, sekarang bakso juga bisa digoreng atau dibakar.

Hal ini membuat pengolahan makanan bakso semakin bervariasi dan kaya akan kreativitas. Varian bakso goreng dan bakso bakar merupakan dua jenis penyajian bakso yang paling populer dan pesat perkembangannya saat ini.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan 3

Siapa yang tidak tahu Cristiano Ronaldo? Atau Lionel Messi? Dua nama tersebut merupakan simbol dari cabang olahraga sepakbola dunia. Jika kita menonton liga-liga luar negeri misalnya liga inggris, itali, atau spanyol kita dapat menyaksikan permainan yang indah dan begitu menghibur.

Akan tetapi, mengapa kita tidak melihat hal yang sama ketika kita menonton pertandingan sepakbola dalam negeri? Ini yang menjadi PR bagi bangsa saat ini.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi dunia sepakbola suatu negara. Ini tidak hanya berkaitan dengan liga, tim, dan para pemainnya saja. Melainkan berkaitan juga dengan regulasi dan pemerintah setempat.

Jika kita melihat perhelatan sepakbola Indonesia, Liga 1, rasanya masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Dimulai dari urusan administrasi, regulasi, kebijakan, dan lain sebagainya.

Rasanya banyak sekali masalah yang menyelimutinya sehingga permainan sepakbola yang indah tidak bisa kita nikmati di negeri sendiri, sangat bertolak belakang dan ironi ketika kita begitu senang saat menonton tim dari benua biru bertanding.

Kini, bahkan masa depan dan keberlangsungan dari Liga 1 Indonesia bisa dibilang tidak jelas dan semrawut. Padahal, jika kita bisa memaksimalkan cabor ini, banyak manfaat yang bisa didapatkan dan bisa juga menghasilkan banyak lapangan pekerjaan.

Kita hanya bisa berharap, semoga suatu saat nanti kualitas liga Indonesia bisa seperti atau setidaknya mendekati liga-liga yang ada di benua eropa.

Sekian 3 contoh teks eksposisi perbandingan singkat yang semoga bisa menambah wawasan dan referensi kamu.

Sumber: https://pendidikanpedia.com/