Foundation dan Primer Make Over untuk Mempercantik Penampilan

  • 4 min read
  • May 30, 2020

Membahas foundation dan Primer Make Over tentunya sangat menarik bagi para wanita pesolek. Namun, sebagai wanita jaman sekarang dan jaman kekinian, mengenal foundation dan primer adalah hal wajib meskipun tidak selalu setiap hari mengaplikasikannya.

Make Over sendiri yang merupakan brand berasal dari dalam negeri sendiri alias brand lokal memiliki banyak pilihan foundation dan primer yang dikemas secara apik dan berkelas sehingga sering dikira merupakan brand dari luar negeri.

Jenis-Jenis Foundation dan Primer Make Over

Produk Make Over ini tersedia dengan berbagai ragam kosmetik yang ujungnya digunakan wanita untuk mempercantik diri mulai dari dasar untuk make up seperti foundation dan primer sampai pada lipstik maupun eyeliner.

Foundation dan primer Make Over adalah hal pertama yang Anda harus pertimbangkan untuk beli dan gunakan karena kedua produk inilah yang akan membuat riasan wajah Anda tampak sempurna dan tidak luntur meskipun berjam-jam lamanya. Perlu diingat bahwa urutan pemakaian kedua produk ini adalah primer terlebih dahulu baru foundation. Berikut adalah jenis-jenis foundation dan primer Make Over yang bisa Anda jadikan referensi.

Untuk jenis foundationnya, kali ini Make Over mengelompokkannya berdasarkan warna kulit penggunanya. Jenis-jenis foundation pada brand Make Over adalah sebagai berikut:

  • Kulit Kuning Langsat

Kulit ini memiliki shade warna kulit terang namun agak kekuningan. Untuk menyiasati kulit ini, Anda dapat menggunakan warna foundation yang Amber Rose (04) dan Velvet Nude (05), dengan memperhatikan terang atau lebih gelapnya warna kulit kuning langsat Anda. Atau untuk lebih amannya, Anda bisa menggunakan keduanya dan mencampurnya.

  • Kulit Sawo Matang

Foundation Make Over nomor 06 dan 07 yaitu Beige Blast dan Caramel bisa menjadi pilihan bagi Anda pemilik warna kulit sawo matang. Warna kulit wajah Anda akan tampak terang namun masih dalam ukuran yang pas dengan gelapnya kulit Asia yang eksotis.

  • Kulit Putih

Anda pemilik warna kulit wajah yang putih tentunya jangan sampai salah pilih karena jika warna foundation terlalu gelap akan membuat wajah Anda tampak kusam. Anda dapat menggunakan foundation Make Over nomor 01, 08, dan 09 yaitu Orche, Creamy Rose dan Pearl.

Untuk Primer Make Over, produsen make up ini sudah mempersembahkan 7 varian primer yang akan membuat make up Anda menjadi flawless, berikut ini adalah jenis-jenis primer yang direkomendasikan oleh Make Over.

  • Make Over Hydration Serum

Primer ini berbentuk serum yang water based dan mampu menghidrasi kulit Anda dan mencegahnya iritasi karena mengandung aloe vera. Serum ini umumnya digunakan untuk mempersiapkan wajah sebelum di make up, terlebih jika Anda memiliki kulit yang kering. Akan tampak perubahan signifikan dari pemakaian serum ini sebagai primer pada hasil riasan wajah Anda.

  • Make Over Velvet Mattifying Primer

Produk Make Over ini membuat kulit kasar Anda menjadi kulit halus dan rata saat di make up. Selain itu, produk ini juga merupakan primer yang non comedogenic sehingga jangan khawatir komedo tidak akan tumbuh setelah pemakaian produk ini.

  • Make Over Powerstay Color Correcting Primer Green

Primer ini menetralkan warna kemerahan pada wajah Anda dan menghasilkan make up sempurna. Warna kemerahan tersebut adalah warna kulit karena iritasi atau sensitif saat terkena sinar matahari maupun kemerahan karena jerawat yang sedang meradang. Semua keluhan warna kemerahan atau warna merah tersebut dapat Anda atasi dengan primer ini.

  • Make Over Powerstay Color Correcting Primer Lilac

Dengan primer ini hasil make up Anda akan dapat bertahan selama 4 jam atau lebih karena primer ini dapat menyerap minyak berlebih sehingga riasan tampak awet dan matte. Primer Color Correcting Lilac ini juga akan membantu wajah Anda tampak lebih fresh , terlebih jika Anda baru saja sakit dan masih terlihat pucat.

  • Make Over Powerstay Color Correcting Primer Peach

Anda bermata panda, segera aplikasikan primer ini dan warna tersebut akan tersamarkan dengan sempurna. Primer ini sangat cocok jika Anda berwarna kulit medium dan coklat. Kegunaan primer ini yang lain adalah kemampuannya menyamarkan pori-pori sehingga memberi efek bagus pada kulit Anda.

  • Make Over Powerstay Color Correcting Primer Yellow

Jika Anda secara tidak sengaja terantuk sesuatu pada bagian wajah dan menjadi biru lebam maka primer ini adalah penolong Anda karena dapat menyamarkan noda tersebut selain noda hitam pada lingkaran mata Anda.

Primer ini sangat cocok untuk pemilik kulit terang. Color Correcting Primer ini juga mengandung anti oksidan serta allantoin yang berfungsi melindungi wajah dari polusi dan hal yang membahayakan dari lingkungan.

  • Make Over Corrective Base Make Up

Primer ini juga berfungsi sebagai pelembab karena memiliki kadar moisturizer yang tinggi. Selin itu primer ini juga mencerahkan kulit dan mengoreksi warna kulit yang tidak rata. Primer ini sangat cocok untuk kulit kering dan kombinasi.

Kandungan dan Bahan Utama Foundation dan Primer Make Over

Kandungan dari foundation dan primer Make Over  secara umum adalah aloe vera sebagai anti iritasi, vitamin E dan B5 yang memberikan nutrisi kulit wajah, antioksidan dan allantoin sebagai zat penangkal radikal bebas dan polusi, SPF yang cukup tinggi untuk melindungi kulit wajah dari efek jahat sinar UV.

Layaknya kosmetik pada umumnya, Make Over juga mengandung beberapa zat kimia sesuai takaran yang diperbolehkan oleh medis tentunya. Jadi, gunakan make up dari Make Over sesuai kebutuhan Anda dan jangan sampai terlalu berlebihan.

Jika Anda merasa tidak nyaman dalam pemakaian, segera hentikan dan konsultasikan pada dokter kulit Anda, bisa jadi beberapa zat dalam foundation dan primer Make Over yang tidak cocok dengan kulit Anda.

Cara Memakai Foundation dan Primer Make Over

Untuk pemakaian produk foundation dan primer Make Over ini cukup mudah, hal ini dikarenakan kemasan pompa yang digunakan produk ini sehingga Anda tidak akan pernah kebanyakan atau over dosis dalam menuang produk ini.

Setelah produk dikeluarkan pada tangan secukupnya, Anda dapat langsung oleskan pada wajah atau memakai aplikator foundation dan primer. Kemudian, ratakan sampai menutup bagian yang memang ingin Anda tutup atau yang menjadi kekurangan di wajah Anda.

Keunggulan Pemakaian Primer dan Kandungan untuk Riasan Wajah

Adapun keunggulan pemakaian foundation dan primer Make Over pada wajah Anda adalah agar bagian wajah Anda yang kurang sempurna dapat tertutup sempurna dan terlihat mulus. Sehingga hasil make up yang diperoleh adalah matte sempurna. Seperti yang diketahui bahwa foundation dan primer adalah hal dasar dan utama sebelum merias wajah agar wajah Anda bisa merata baik dari warna kulitnya maupun kelembapannya.

Tips Memilih Foundation dan Primer yang Pas untuk Wajah

Foundation dan primer yang cocok untuk wajah tentunya adalah, yang pertama dan utama, sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Sebagus apapun merek dan dari brand terkenal mana pun kalau tidak cocok dengan jenis kulit Anda maka Anda akan mendapatkan masalah besar.

Kedua, cek tingkat alergi Anda dengan mengaplikasikan baik foundation maupun primer di bagian leher selama beberapa jam. Jika kulit leher Anda baik-baik saja maka produk tersebut aman untuk digunakan. Ketiga, cobakan warna foundation pada leher Anda. Hal ini untuk mengetahui warna yang pas untuk wajah Anda. Keempat, pilih warna lebih terang. Foundation, ada baiknya, Anda memilih warna foundation yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit Anda. Saat beraktivitas, warna foundation yang Anda gunakan akan berubah menjadi agak gelap karena teroksidasi oleh sinar matahari.

Demikian ulasan singkat mengenai foundation dan primer Make Over, gunakan dengan bijak kosmetik yang Anda beli agar wajah Anda jika terlindungi dan sehat.