Hal yang Penting Diperhatikan Demi Keamanan Liburan dengan Kereta

  • 3 min read
  • Nov 09, 2019
Liburan dengan Kereta

Menggunakan transportasi umum pasti selalu memiliki resiko keamanan. Hal seperti masalah kehilangan barang, pencuri dan juga resiko luka dalam kendaraan tentu bisa terjadi. Hal ini karena interaksi dengan banyak penumpang lain dalam kendaraan. Jika menggunakan mobil ataupun motor pribadi, masalah dengan orang lain ini tentu tidak perlu dibuat pusing.

Kereta adalah kendaraan umum yang tentunya bisa menampung banyak penumpang sekaligus. Tentu saja, resiko keamanan di sini juga harus diperhatikan. Banyak orang sering mengeluh ada pencuri ataupun kehilangan barang saat naik kereta, tapi hal ini pasti karena kelengahan orang tersebut. Jika tidak lengah dan lebih waspada, hampir semua masalah keamanan di kereta bisa dihindari.

Karena kemudahan membeli tiket, penggunaan kereta saat ini semakin sering. Sebagai contoh penyedia jasa tiket online Traveloka membuat pemesanan tiket bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jika ingin mencoba silakan gunakan link berikut https://www.traveloka.com/id-id/kereta-api. Tapi disisi lain, makin banyak orang yang belum berpengalaman menjaga keamanan diri dan barang makin banyak.

Sebagai contoh orang yang biasa bepergian naik kereta pasti sudah tahu untuk tidak membawa barang banyak saat naik kereta. Tapi orang yang tidak berpengalaman tentu tidak tahu soal ini. Hasilnya barang yang mencolok di bawa ke kereta dan jadi hal yang di target oleh orang – orang yang tidak baik.

Masalah lain yang sering terjadi di dalam kereta adalah kehilangan barang. Saat berpergian, Anda tentu bisa membawa barang yang banyak. Tapi Anda tentu tahu semakin banyak barang yang dibawa, kewaspadaan semakin dibutuhkan. Dalam hal ini, Anda harus memastikan membuat barang banyak ini dimuat dengan case yang compact. Memasukan banyak baju bawaan ke dalam satu koper besar dan membungkus oleh – oleh ke dalam satu kardus besar tentu lebih baik daripada membawa beberapa tas baju dan banyak kantong plastik untuk oleh – oleh.

Di sisi lain keamanan menggunakan kendaraan umum sebenarnya adalah tanggung jawab diri sendiri dan orang lain. Jadi pastikan Anda memiliki akses kepada petugas kereta untuk melaporkan hal – hal seputar keamanan Anda. Masalah kecil seperti mabuk, tentu pernah dialami banyak orang, tapi hal ini bisa mempengaruhi keamanan Anda.

Masalah mabuk kendaraan bisa mengganggu Anda dalam menjaga barang – barang bawaan. Nah, jika Anda sedang berpergian sendiri, hal ini tentu menjadi masalah besar. Siapa yang akan menjaga barang jika Anda harus membersihkan diri di kamar mandi karena mabuk? Apakah Anda yakin saat mabuk bisa sadar sepenuhnya? Terkadang ada orang nakal yang berpura – pura membantu orang yang mabuk kendaraan tapi ternyata mencuri barang. Untuk mencegah hal ini terjadi, persiapan kesehatan adalah hal yang penting diperhatikan. Setidaknya meminum obat mabuk kendaraan sebelum naik kereta tentu saja penting.

Kereta adalah kendaraan yang bisa melaju cepat di atas rel. Rute yang dilewati kereta juga terkadang memiliki gap sempit. Kombinasi kecepatan dan tempat sempit di rel ini membuat Anda tidak boleh sama sekali mengeluarkan bagian tubuh ke luar kereta. Beberapa kereta modern yang sudah menggunakan AC biasanya tidak mengizinkan Anda membuka jendela, tapi beberapa kereta tua masih ada yang jendelanya mudah dibuka. Banyak orang yang pertama kali naik kereta sering bermain – main dengan jendela ini. Jika tidak hati – hati, kejadian kehilangan anggota tangan pernah terjadi karena hal ini.

Keamanan di kereta juga harus dijaga demi kenyamanan bersama. Jika Anda melihat ada orang yang mengambil barang orang lain, coba pura – pura pergi ke kamar mandi tapi secepatnya cari petugas kereta. Jika Anda berani, silahkan mengingatkan orang tersebut saat Anda melihatnya, tapi biasanya mencari petugas adalah jalan yang paling baik.

Jika menjaga keamanan bersama seperti ini, Anda dan penumpang lain tentu merasa lebih aman untuk bepergian. Sayangnya banyak orang lebih memilih diam saat melihat tindakan kriminal seperti ini.

Bagaimana menurut Anda soal bahasan seputar kereta di atas? Mudah – mudahan dengan bahasan ini Anda bisa bepergian dengan lebih cerdas dan aman. Terima kasih sudah membaca!