Informasi Lengkap Tentang Politeknik STTT Bandung

  • 2 min read
  • Aug 01, 2021
Politeknik STTT Bandung

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil awalnya bernama Textiel Inrichting Bandoeng (TIB) yang didirikan oleh pemerintahan Belanda di tahun 1922. Sesuai dengan namanya, maka TIB ini memang didirikan untuk membina para industri tekstil serta menyiapkan tenaga ahli di bidang tekstil. Sempat berubah menjadi Orimono Shinkensyo pada masa penjajan Jepang. Namun, di tahun 1954 kembali menjadi Sekolah Tinggi Textil (STT). Dimana para lulusannya sendiri bekerja pada industri tekstil, atau bisa juga mendirikan industri tekstil sendiri bahkan ada yang bekerja sebagai pegawai negeri.

Peran yang begitu besar yang ditunjukkan oleh para lulusannya membuat keberadaan Institusi Pendidikan di bidang tekstil ini terus dikembangkan. Alhasil, di tahun 1966 muncullah Institut Teknologi Tekstil sebagai gabungan dari AKATEX, PTIT, Balai Besar Tekstil dan Pilot Pemintalan. Bagaimana dengan jurusan yang ada pada Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil? Ada cukup banyak jurusan yang ditawarkan mulai dari teknik tekstil, kimia tekstil, barang jadi tekstil. Untuk yang terakhir ini juga dipecah menjadi teknologi dan bisnis garmen, teknologi dan bisnis garmen yang fokus pada fashion desain.

Kehadiran Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil ini sendiri memberi dampak yang cukup besar khususnya di bidang industri tekstil. Peningkatan akan kebutuhan usaha tekstil di tengah gempuran teknologi internet sangatlah dirasakan dengan kehadiran para lulusan yang berkualitas. Mereka sudah siap menghadapi persaingan bisnis yang memang cukup kompetitif. Namun, tidak sedikit juga yang menciptakan ide ide baru khususnya bagi mereka yang ingin mendirikan usaha sendiri. Maka tidak heran, jika sekolah ini digemari oleh mereka yang memang ingin berkecimpung lebih jauh khususnya di industri fashion.

Untuk Anda yang memang ingin kuliah di STTT Bandung maka tidak ada salahnya untuk mencari informasi dari berbagai situs terpercaya. Salah satunya adalah Babandungan yang selalu memberikan informasi terkini tentang banyak hal termasuk, universitas negeri yang ada di Bandung lengkap dengan penjelasan yang begitu detail seperti STTT Bandung ini.

Info Terbaru Pendaftaran Politeknik STTT Bandung

Sebagai salah satu perguruan tinggi tekstil di Indonesia, Politeknik STTT Bandung ini memiliki reputasi yang cukup membanggakan bahkan sudah diakui secara internasional. Di tahun 1970,  Politeknik STTT Bandung dipilih oleh UNIDO dengan tujuan untuk mengembangkan beragam industri tekstil yanng ada di Indonesia. Di era itulah, pihak STTT Bandung menjalin kerjasama dengan perusahaan dari luar negeri seperti Jepang dan Eropa. Jadi, cukup dapat dipastikan jika lulusannya sudah siap menghadapi kompetisi di lapangan.

Sesuai dengan perkembangan waktu, maka STTT berubah menjadi Politeknik STTT Bandung yang menyelenggarakan beragam program-program studi. Mulai dari Teknik Tekstil Diploma IV, Kimia Tekstil Diploma IV, Produksi Garmen Diploma IV dan Produksi Garmen Konsentrasi Fashion Design Diploma IV.

Jurusan di Politeknik STTT Bandung

Seperti halnya kampus negeri maka Politeknik STTT Bandung pun menawarkan beragam pilihan jurusan menarik. Seperti:

  • Program Studi Teknik Tekstil (Akreditasi A)
  • Program Studi Kimia Tekstil (Akreditasi A)
  • Program Studi Produksi Garmen (Akreditasi A)

Jalur masuk Politeknik STTT Bandung

Ada beberapa jenis jalur yang bisa Anda tempuh untuk masuk ke STTT Bandung seperti

Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Untuk proses ini pihak STTT Bandung menyediakannya secara online dimana Anda bisa melihat di situs resmi mereka. Ada banyak syarat dan ketentuan yang harus Anda siapkan secara detail dan terperinci.

Jalur Ujian Saringan Masuk (USM)

Cara yang kedua adalah masuk melalui Ujian Saringan Masuk atau USM. Sama halnya dengan PMDK, maka jalur ini pun dibuka secara online lengkap dengan persyaratan apa saja yang harus disiapkan.

Bagaimana, sudah memahami secara detail mengenai STTT Bandung? Jadi, jangan ditunda lagi bagi Anda yang memang ingin berkecimpung di dunia tekstil.