Saat mendengar kata ‘rumah sakit’ pastilah kita membayangkan tentang tempat untuk berobat guna memperoleh kesembuhan. Di Indonesia, hampir di semua kota memiliki layanan rumah sakit, baik itu rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta. Salah satu nama rumah sakit yang cukup terkenal di Indonesia adalah RS Pusat Pertamina (RSPP). RSPP menjadi rumah sakit yang cukup familiar di kalangan masyarakat karena sejak tahun 2014 lalu, tepatnya pada tanggal 1 Desember ditetapkan sebagai Rumah Sakit Kepresidenan Republik Indonesia. Penetapan ini berdasarkan surat yang disampaikan oleh Ketua Tim Dokter Kepresidenan Republik Indonesia, yang mana merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 195/M Tahun 2104.

RSPP terletak di wilayah yang mudah terjangkau, tepatnya di Jl. Kyai Maja No. 43 RT 4/ RW 8, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di rumah sakit ini memiliki 100 tenaga medis profesional yang terdiri atas 77 dokter spesialis, 38 dokter umum, 569 staf perawat kesehatan yang terlatih, 143 tenaga penunjang medis, serta 304 personal non medis dan fasilitas peralatan medis canggih, seperti CT Scan Multislice, Laser Lithotrispi, Gamma Camera, Mammography, MRI, Linear Accelerator, ESWT (extracorporeal Shock Wave Therapy), dan Deep Penetrating Electromagnetic Therapy. Sehingga dengan banyaknya tenaga medis profesional ini mampu melayani banyak pasien darimana saja.

RS Pusat Pertamina (RSPP) sudah meraih ISO 9001:2008 dan Akreditasi Paripurna dari KARS. Sebagai rumah sakit kepresidenan, RSPP terus melakukan continues improvement sesuai dengan perkembangan teknologi digital, seperti dengan menyediakan registrasi mobile demi mengupayakan pelayanan yang terbaik untuk semua lapisan masyarakat, termasuk juga dengan menjalankan fungsi edukasi melalui media cetak dan sosial media (Instagram, Facebook, dsb).

RSPP memiliki beberapa produk unggulan yang akan membantu mempermudah masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan, antara lain:

  • Instalasi Luka Bakar (Burn Unit).

Untuk Unit Luka Bakar (Burn Unit), RSPP termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Dimana sudah dilengkapi dengan fasilitas dan penanganan pasien secara terpadu dengan melibatkan paramedic terbaik dan bidang specialists, terutama untuk Bedah Plastik, Rehabilitasi Medic, dan konsultasi bagi pemulihan trauma kejiwaan.

  • Kedokteran nuklir.

Dimana menggunakan Gamma Camera yang berguna untuk mengetahui bentuk organ dan presentasi dari fungsi organ, seperti jantung, ginjal, dll.

  • Stroke Unit.

RSPP memiliki unit khusus untuk menangani kasus stroke secara paripurna. Ruang perawatan menggunakan observasi yang ketat seperti ruang perawatan intensif.

  • Kelengkapan alat radiologi.

Untuk mendukung dalam penegakan diagnosa, RSPP sudah memiliki CT Scan Multislice dan MRI 1,5 Tesla.

  • Medical Checkup One Stop Service.

Masyarakat bisa melakukan One stop Service dalam satu lokasi yang nyaman dan sudah didukung dengan peralatan medis yang lengkap, petugas medis yang ramah dan profesional, serta hasil pemeriksaan medis yang akurat.

  • Cath Lab (Kardio Invasif).

Pelayanan yang dilakukan di ruang Kardiologi Invasive, meliputi intervensi jantung (Coronografi, PTCA, Primary PCI, Rotablator, penyadapan jantung, EPS, ABL, TPM, PPM, coiling jantung, ASO, pericardial tapping, IABP, Dilatasi perifer, BMP, Trombolik Inyra Coroner) dan intervensi neurovaskuler (TACI, TACE, DSA, embolisasi atau coiling otak, renografi, dan trombolisis).

  • MRI 3.0 Tesla.

Dengan adanya layanan MRI 3.0 Tesla di RS Pusat Pertamina (RSPP) kan memberikan gambaran yang lebih jelas, cepat dalam pemeriksaan, dapat diupgrade sehingga mengikuti perkembangan, lorong yang lebih lebar sehingga mengurangi rasa takut, teknologi digital, didukung dengan software baru, tidak terlalu bising, dan suasana lebih nyaman dengan adanya Ambient Light.