Makanan sehat untuk bayi – Makanan pendamping ASI atau MPASI adalah hal yang direkomendasikan oleh WHO, agar para Ibu memberikan makanan pendamping ASI untuk anak usia 6 hingga 24 bulan. Pemberian MPASI dimaksudkan untuk mensuplai asupan gizi bayi yang tidak dapat terpenuhi oleh ASI.

makanan sehat untuk bayi

MPASI dapat dihadirkan dengan tekstur kental hingga encer. Agar bayi lebih mudah mencerna dan mengkonsumsinya dengan baik tanpa tersedak. Agar menjadi sebuah referensi makanan sehat untuk bayi, berikut adalah MPASI pilihan yang bisa Ibu berikan pada bayi.

  1. Pepaya

Makanan sehat untuk bayi yang pertama adalah pepaya. Buah dengan rasa manis tentu tak hanya menjadi kesukaan orang dewasa. Si kecil pun akan jatuh cinta dengan rasa buah pepaya yang begitu segar dan menyehatkan. Pepaya dipercaya sangat baik dikonsumsi bayi. Menjadikan pencernaan bayi semakin lancar dan mencegah sembelit terjadi pada bayi.

  1. Labu kuning

Protein nabati akan bertambah jika memberikan labu kuning untuk MPASI. Namun olahan yang dianjurkan sebaiknya dengan cara dikukus, dilumatkan, atau disaring hingga halus. Cara pengolahan yang demikian agar serat labu kian tersaring dan tidak menyebabkan sembelit pada bayi.

makanan sehat untuk bayi

  1. Bubur halus

Bubur halus penuh dengan nutrisi yang baik bagi bayi dan terbuat dari bahan dan olahan yang sehat. Beberapa bahan pembuatan bubur halus antara lain adalah beras, biji-bijian, susu dan jagung yang biasa diminum si kecil

  1. Apel

Apel juga menjadi buah yang baik diberikan untuk bayi, dan termasuk dalam MPASI makanan sehat untuk bayi. Apel mengandung banyak manfaat gizi seperti fosfor, vitamin A dan C, serta kalium. Apel dapat diolah dengan memotongnya kecil-kecil, kemudian dikukus dan dihaluskan agar bayi dapat mencerna dengan mudah.

  1. Pisang

Buah pisang adalah buah yang lumrah diberikan untuk MPASI bayi. Teksturnya yang lebut tidak akan menyulitkan bayi untuk mencerna dan mengkonsumsi pisang. Hal yang paling penting adalah pisang diberikan ekstra halus dan harus sudah matang.

  1. Alpukat

Alpukat kaya dengan lemak tak jenuh yang sehat dan sangat baik untuk pertumbuhan otak. Komposisi lemak yang sehat pada alpukat hampir sama dengan yang terkandung dalam ASI. Cara menyiapkan alpukat untuk makanan bayi juga sangat mudah, cukup menghaluskan alpukat matang dan mencampurnya dengan sedikit ASI atau susu formula bayi. Agar didapatkan konsistensi yang mudah dicerna oleh bayi.

  1. Bayam

Dengan kandungan zat besi serta folat yang tinggi, bayam adalah sayuran yang sangat direkomendasikan menjadi makanan sehat untuk bayi. Sajikan bayam dengan cara dikukus dan diblender hingga ekstra halus sehingga mudah dicerna oleh bayi.

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar, kaya akan betakaroten yang dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A sangat berguna untuk penglihataan dan pertumbuhan bayi, serta mampu melindungi bayi dari infeksi. Ubi jalar juga mengandung vitamin C serta zat besi yang penting untuk tumbuh kembang otak bayi. Seperti yang lain, cukup haluskan ubi jalar yang telah matang hingga ekstra lembut untuk bisa dikonsumsi si kecil.

  1. Blueberry

Blueberry kaya anthocyanin yang sangat penting untuk saluran kemih, kesehatan mata dan perkembangan otak. Untuk menyiapkan blueberry untuk bayi, masak blueberry dengan sedikit air di dalam microwave selama sekitar 30 detik. Setelah itu, haluskan blueberry dan dinginkan. Kandungan nutrisi dalam bahan makanan bukan jadi satu-satunya hal yang harus diperhatikan saat menyiapkan MPASI untuk bayi. Kebersihan bahan makanan tentu juga harus diperhatikan. Pastikan bahan makanan yang Lemonizen siapkan telah dicuci dan diolah dengan baik.