Inilah Cara Kerja SEO yang Harus Kamu Ketahui

  • 2 min read
  • Aug 14, 2021
Inilah Cara Kerja SEO yang Harus Kamu Ketahui

SEO adalah singkatan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua bukan? Namun bagi kamu yang belum mengetahui betul apa itu SEO, maka ini sebenarnya kepanjangan dari Search Engine Optimization.

Tentunya dengan SEO, website bisa muncul di hasil yang bukan hasil iklan berbayar dimana ini relevan dengan kata kunci yang sedang dicari dimana semua ini bisa dilakukan oleh jasa SEO yang berpengalaman. Untuk lebih detailnya lagi baik itu mengenai cara kerjanya, berikut penjabarannya.

Cara Kerja Search Engine Bagi Kamu yang Belum Tahu

Search Engine Optimization atau yang bisa dikenal sebagai SEO adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi website dengan tujuan untuk mendapatkan posisi pertama pada halaman hasil pencarian. Tentunya dengan mendapatkan posisi pertama pada mesin pencarian, tentulah peluang untuk website kamu nantinya akan mendapatkan trafik yang tinggi.

Nyatanya bukan hanya untuk menghasilkan trafik yang tinggi, namun disini jasa SEO pun bisa membantu kamu untuk mendapatkan trafik yang berkualitas pula. Artinya adalah kamu tidak hanya mendapatkan jumlah trafik yang tinggi saja, namun juga bisa memperoleh trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama dari website kamu itu.

Secara garis besar, SEO itu adalah usaha mengoptimasi situs website pada mesin pencari supaya bisa memperoleh peringkat pertama di hasil pencarian. Tentunya dalam mesin pencarian, menggunakan perhitungan tertentu yang bisa mengurutkan website berdasarkan dari peringkat.

Disinilah kita harus memahami seperti apa mempraktekkan SEO dengan menyesuaikan website kita, dengan tujuan supaya bisa bersahabat dengan algoritma itu. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana dengan cara kerja SEO ini?

  1. Crawling

Crawling atau yang biasa disebut sebagai perayapan adalah suatu proses pengumpulan informasi dari semua halaman website yang kini terhubung pada situs website tersebut. Jadi biasanya dari halaman satu ke halaman lainnya, maupun itu dari link satu ke link lainnya. Proses ini tentunya merupakan tahapan awal kerja search engine optimasi. Tugas ini biasanya dilakukan oleh crawler dalam search engine Google.

  1. Indexing

Kemudian yang menjadi proses selanjutnya yaitu indexing. Untuk proses indexing ini sendiri yaitu bertugas untuk mengidentifikasikan kata-kata juga sebuah tulisan yang menjadikan halaman ini nanti akan bisa masuk ke dalam database search engine dengan keyword tertentu.

Jadi pada saat proses crawling maka biasanya web crawler pun akan menyimpan informasinya ke dalam database. Dengan cara ini maka Crawling dan Indexing itu pun bisa dikatakan sebagai dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam proses SEO di search engine.

  1. Processing

Untuk processing ini sendiri biasanya akan dilakukan pada saat search engine akan menerima permintaan dari user, misalnya dengan mengetikkan keyword jual mobil pada mesin pencarian, maka nanti search engine itu akan langsung melakukan proses dengan membandingkan keyword jual mobil ke dalam permintaan pencarian dengan halaman website lainnya dari berbagai situs, yang tadinya sudah ter-index di database mesin pencari atau search engine.

  1. Calculating Relevancy

Tahukah kamu bahwa biasanya dalam satu halaman website ini akan memiliki jumlah kata kunci yang banyak dimana nantinya akan di inputkan ke dalam mesin pencarian. Sebut saja untuk kata kunci Apa itu SEO, maka pada mesin pencari pasti akan langggsung melakukan proses dengan cara menghitung keterkaitan dari setiap halaman website yang telah ter-index untuk setiap kata kunci yang itu tadi.