Apa itu Perusahaan Jasa Event Organizer. Setiap acara yang diselenggarakan oleh perusahaan yang melibatkan seluruh karyawan atau kliennya dapat disebut acara perusahan atau corporate event. Dengan mengadakan acara perusahaan, mereka biasanya bertujuan untuk menghibur atau memberi penghargaan kepada karyawan mereka, meluncurkan produk baru, membangun kemitraan dan banyak lagi.

Sementara beberapa perusahaan memilih untuk mempercayakan perencanaan dan penyelenggaraan acara itu kepada tim internal, yang lain mempekerjakan perusahaan jasa event organizer atau EO yang profesional dan berpengalaman. Dan teman-teman bisa lihat di sini: event organizer untuk gathering kantor.

Bagaimana merencanakan acara perusahaan

Apa kesamaan semua jenis acara perusahaan atau corporate event? Semuanya mencerminkan tujuan tertentu dari perusahaan dan bertujuan mewujudkan tujuan-tujuan tersebut dengan mengumpulkan orang di satu tempat. Berikut ini adalah daftar hal-hal yang harus dipertimbangkan saat merencanakan berbagai jenis acara perusahaan:

Pilih lokasi yang strategis. Aturan ini berlaku untuk semua jenis acara perusahaan. Tidak peduli siapa audiens anda, orang ingin merasa nyaman di lokasi acara anda. Baik itu ballroom hotel atau tempat lainnya, pastikan itu terletak pada posisi yang strategis dan sesuai dengan kebutuhan tamu undangan anda.

Sesuaikan tujuan dengan kegiatan acara. Tujuan akhir dari acara peluncuran produk adalah mendapatkan pemasaran yang baik. Pada acara penghargaan karyawan, ini lebih tentang menghasilkan pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan. Fokus pada apa yang penting bagi anda dan tamu undangan anda saat merencanakan dan menyelenggarakan acara perusahaan.

  • Pilih software atau aplikasi manajemen acara yang andal. Menerapkan teknologi dalam acara perusahaan anda tidak lagi sesulit sebelumnya. Pilih software atau aplikasi yang dapat memberi anda lebih banyak kebebasan melalui otomatisasi. Dengan fokus pada aplikasi seperti pendaftaran online, check-in di lokasi yang didukung teknologi dan analisa terperinci, anda dapat meningkatkan produktivitas anda dengan investasi tenaga kerja dan biaya yang lebih rendah.
  • Membangun koneksi. Keberhasilan acara anda sangat tergantung pada orang yang mengerjakannya. Apakah anda menyelenggarakan acara yang dikelola oleh tim internal atau menggunakan layanan dari perusahaan jasa event organizer (EO), membangun jaringan vendor dan supplier yang andal adalah cara anda berbagi tanggung jawab dengan orang-orang yang benar-benar dapat anda percayai.
  • Promosi dan Pemasaran. Kirim informasi kontak anda, dan buat hal-hal yang menarik perhatian yang dapat anda tuliskan dalam postingan di media sosial, situs web perusahaan dan materi pemasaran lainnya dan mulailah berpromosi. Ada kesalahpahaman bahwa iklan acara harus ditampilkan hanya sebelum acara berlangsung. Bahkan, ada banyak cara untuk melakukan promosi selama acara. Misalnya banyak perusahaan bermitra dengan sponsor dan media dengan cara mengundang mereka untuk berbicara di event perusahaan yang membantu mereka mendapatkan publisitas tambahan.

Jenis Acara Perusahaan yang Paling Umum:

Di bagian ini, kami melihatĀ  jenis acara perusahaan yang paling umum diselenggarakan untuk membantu anda memahami bagaimana memberikan pengalaman yang mengesankan bagi para tamu undangan.

  • Pameran dagang

Tujuan: Menghasilkan penjualan dan membangun kemitraan.

  • Pesta Liburan Perusahaan

Tujuan: Menciptakan suasana liburan yang santai dan menyenangkan.

  • Acara Outbound dan Family Gathering

Tujuan: Menghibur dan menghargai kinerja serta prestasi karyawan atau mempertahankan reputasi perusahaan yang baik.

  • Acara Amal Perusahaan

Tujuan: Mengumpulkan donasi untuk mendukung suatu tujuan.

  • Rapat Pimpinan Perusahaan

Tujuan: Membuat dan Mengambil Keputusan Bisnis yang Penting.

  • Acara Aktivitas Team Building Perusahaan

Tujuan: Meningkatkan kerja sama dan hubungan baik antara karyawan di dalam perusahaan.