Jenis Karpet Lapangan Badminton Terbaik

  • 2 min read
  • May 19, 2021
Jenis Karpet Lapangan Badminton Terbaik

Badminton merupakan olahraga yang digemari oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Olahraga yang satu ini sebenarnya cukup simple, hanya menggunakan raket dan shuttlecock sebagai alat bermainnya.

Soal lapangan meskipun tidak memakai karpet yang tersedia indoor, badminton juga bisa dimainkan dengan lapangan outdoor. Artinya Anda tidak harus repot memikirkan berapa harga karpet badminton jika tidak punya cukup bajet untuk membelinya, cukup dibuat sendiri saja.

Namun, bagi Anda yang ingin membeli karpet lapangan badminton, bisa menjadikan ulasan di bawah sebagai rujukan.

Daftar Jenis Karpet Badminton Terbaik

Sedikitnya ada 8 jenis karpet badminton yang bisa dipilih apabila Anda ingin membelinya di toko peralatan olahraga terdekat. Tentu saja dengan harga dan kualitas yang berbeda beda sesuai dengan merk produknya, seperti berikut ini:

1. Parquette

Merupakan karpet lapangan badminton yang berbahan lapisan kayu jati dengan kekuatan yang luar biasa dan tahan lama. Karpet ini tidak termakan oleh rayap yang menjadikannya nyaman saat digunakan bermainĀ  badminton.

Lapisan karpet merupakan permukaan yang kasar sehingga memudahkan pemain untuk melakukan gerakan apa saja.

2. Vinyl Flooring

Produk ini memiliki keunggulan yakni tahan udara dan juga kuat serta serapan deformasinya berfungsi dengan baik. Daya lentingnya serasi dengan permukaan semen dan beton saat digunakan untuk bermain badminton.

Pastinya karpet ini bisa dipakai untuk bertanding bulutangkis tanpa harus takut pemain akan terpeleset akibat licin.

3. Interlock PP

Interlock PP merupakan karpet badminton yang bisa dibongkar pasang saat digunakan sehingga terkesan simple dan efisien.

Setiap bagian karpet memakai sistem kuncian sehingga membuatnya kuat, meskipun pemain melakukan gerakan apa saja. Artinya pada karpet ini tidak dipakai lem apapun untuk merekatkan setiap bagiannya.

4. SPU

Dibuat dengan bahan yang ramah lingkungan menjadikan karpet SPU ini tahan api serta bahan kimia lainnya.

Karpet ini sangat cocok untuk dipakai outdoor karena memiliki multilapisan yang kuat terhadap paparan matahari dan juga hujan. Pemain bisa bergerak bebas menggunakan karpet ini tanpa takut akan terpeleset.

5. Yonex

Yonex tak hanya meluncurkan produk berupa raket badminton saja, tetapi banyak produk alat olahraga lainnya yang dipasarkan.

Salah satunya adalah karpet badminton yang populer dan banyak digunakan untuk ajang bergengsi badminton. Karpet merk ini dikenal dengan ketahanannya, meskipun digunakan indoor atau outdoor.

6. Enlio Sand

Selain tahan lama karpet badminton merk Enlio Sand ini juga memiliki daya cengkram yang baik dan stabil.

Kelebihan lainnya dari karpet ini adalah mampu menyerap cahaya yang berasal dari lampu saat malam sehingga lapangan tidak silau. Selain itu, karpet badminton ini juga bisa menjadi peredam suara dari para pemain yang berekspresi.

7. Interlock Modular PP

Interlock Modular PP dibuat dari bahan yaitu polipropilena dengan sistem pembuatan rongga di bagian atas karpet.

Hal ini dimaksudkan agar pemain tidak selip melangkah di atas karpet, meskipun dalam keadaan basah akibat keringat. Selain bisa dipakai untuk indoor, karpet ini juga bisa dipakai untuk outdoor karena tahan akan air hujan.

8. Flexy Pave

Adalah jenis karpet badminton dengan kualitas terbaik dan bisa digunakan sebagai lapangan outdoor maupun indoor. Bahan karpet ini adalah akrilik serta aspal yang pastinya akan membuatnya tahan lama dan di segala cuaca.

Dengan menggunakan peralatan yang baik seperti karpet badminton serta alat lainnya, akan membuat performa pemain semakin bagus saat bertanding. Hal ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas atlet yang berlatih untuk berbagai kejuaraan bergengsi.