Langkah-Langkah Beserta Cara Membuat Email

  • 2 min read
  • Apr 12, 2020
Cara Membuat Email

Electronic mail (surat elektronik) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan email ini merupakan salah satu dari fasilitas yang tersedia di internet, dimana setiap orang akan mempunyai alamat surat elektronik sehingga dapat melakukan kegiatan mengirim serta menerima surat elektronik. Sebelum adanya email atau surat elektronik ini, jika seseorang ingin mengirim surat akan memerlukan waktu yang lumayan panjang, karna kita akan membuat suratnya terlebih dahulu secara tulis tangan kemudian barulah menempelkan prangko. Setelah itu mengirimnya melalui jasa pengirim surat seperti pada pos Indonesia, dan untuk dapat sampai ke tempat atau alamat tujuan itu memerlukan waktu yang lumayan lama bisa sampai berhari – hari.

Maka dari itu, dengan adanya fasilitas internet yang kini semakin canggih, kegiatan surat menyurat dapat di lakukan dengan mudah melalui email atau surat elektronik. Selain caranya kerjanya yang mudah, surat menyurat melalui email tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat sampai ke alamat tujuan, dengan mengandalkan jaringan komunikasi dan koneksi intenet yang lancar, mengirim surat melalui email hanya dengan hitungan detik untuk sampai langsung kepada penerima. Alamat email juga sangat penting untuk di miliki, karna hampir semua dari aplikasi yang terdapat didunia maya memerlukan alamat email pada saat registrasi.

Untuk mendapatkan akun email dan sebagai penyedia jasa pengiriman surat elektronik, dapat dilakukan di Gmail, Yahoo, iCloud, Aol, MSN dan lain sebagainya. Bagi yang belum mengetahui bagaimana cara membuat email dan langkah – langkah apa saja yang harus di lakukan, dalam artikel ini akan membahas mengenai langkah – langkah pembuatan email melalui gmail. Langkah yang pertama yaitu buka terlebih dahulu web browser yang dilanjutkan dengan mengetik google.com pada address bar di browser anda, kemudian jika halaman google sudah terbuka pilih dan klik menu gmail. Setelah itu pilihlah buat akun, nantinya anda akan di hadapi pada halaman yang berbeda walaupun dengan cara yang sama. Atau selain itum, anda bisa langsung mengisi formulir pendaftaran yang tertera dan kemudian centang pertanyaan bahwa anda telah menyetujui semua persyaratan serta kebijakan privasi dari google.

Kemudian lanjutkan dengan meng-klik langkah berikutnya, lalu pernyataan persetujuan privasi dan persyaratan menggunakan akun gmail, kemudian untuk dapat mengaktifkan pada tombol saya setuju, lakukan lah tarik menurun scroll bar barulah tombol saya setuju bisa di klik. Langkah selanjutnya anda akan disuruh untuk melakukan verifikasi akun yang akan anda terima melalui sms ke nomer telepon pribadi anda, hal ini di lakukan untuk memastikan bahwa anda sebenar – benarnya pemilik dari akun yang telah di buat. Sms yang akan anda terima untuk verifikasi akun email anda adalah berupa kode yang di gunakan untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Setelah verifikasi, jika anda sudah mendapat keterangan sukses, maka setelah itu anda akan berada pada halaman yang menyatakan selamat datang, kemudian lanjutkan dengan meng-klik lanjutkan ke gmail. Langkah selanjutnya anda akan memasuki halaman gmail, dan kemudian kliklah tombol x atau close pada sisi kiri atas agar anda dapat langsung menggunakan akun email anda. Dan hal yang terpenting adalah untuk selalu mengingat akun email beserta passwordnya catatlah bila perlu, karna kita akan membutuhkan alamat email beserta passwordnya pada saat login. Namun jangan pernah memberitahukan password akun email anda pada siapapun, agar tidak terjadi penyalahgunaan.