Liburan ke Kota ini Naik Kereta Api Yuk!

  • 3 min read
  • Mar 17, 2021
Liburan naik kereta api

Kereta api jadi salah satu moda transportasi favorit di Pulau Jawa untuk bepergian maupun liburan. Hal ini karena banyaknya rute yang dilayani dari ujung barat hingga timur Pulau Jawa. Selain itu harga tiketnya pun sangat terjangkau. Terlebih lagi sekarang kita bisa merasakan mudahnya pesan tiket KA online dengan hadirnya banyak website yang menyediakan tiket kereta api secara online seperti Traveloka.

Lalu, naik kereta api enaknya bisa liburan kemana saja nih? Berikut ada 5 kota di Pulau Jawa yang bisa jadi tujuan liburan kamu berikutnya.

  1. Bandung

Kota yang merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Barat ini dikenal sebagai salah satu kota favorit di Indonesia untuk tempat berlibur. Bandung bisa dicapai dengan kereta api dari Jakarta dengan perjalanan sekitar 3 jam.

Bandung punya banyak pilihan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner yang jamin buat kamu tidak akan kehabisan pilihan tempat untuk dikunjungi.

Kamu bisa menuju daerah Lembang jika menyukai wisata alam. Pilihan tempat wisata di Lembang Bandung sangatlah banyak. Sebut saja ada Floating Market, Farmhouse, Grafika Cikole, Orchid Forest Cikole, The Lodge Maribaya dan ada juga Gunung Tangkuban Perahu.

Kamu bisa juga menuju Bandung bagian selatan untuk mengunjungi Kawah Putih Ciwidey hingga Ranca Upas. Jika hanya memiliki waktu singkat di Bandung, kamu juga bisa mengunjungi banyak wisata di tengah Kota Bandung, seperti Jalan Braga yang fenomenal, belanja di Jalan Cihampelas atau makan di Paskal.

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mencicipi makanan khas Bandung, seperti mie kocok Persib, roti Sumber Hidangan dan masih banyak lainnya.

  1. Cirebon

Kota yang berada di Jawa Barat ini juga tak kalah asyiknya untuk dikunjungi lho! Cirebon dikenal memiliki banyak pilihan tempat wisata religi dan budaya yang menarik. Tak ketinggalan juga pilihan wisata alam dan kulinernya yang unik.

Kamu bisa berkunjung ke tiga bangunan keraton yang ada di kota ini, yaitu Keraton Kacirebonan, Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan. Ketiga keraton ini memiliki bangunan yang begitu ikonik dan peninggalan sejarah yang tersimpan di dalamnya juga sangat menarik lho!

Kamu juga bisa berkunjung ke makam Sunan Gunung Jati yang selalu ramai oleh peziarah. Jangan lupa juga cicipi makanan khas Cirebon seperti empal gentong, nasi jamblang dan mie koclok.

  1. Semarang

Semarang juga memiliki banyak pilihan tempat wisata menarik yang cocok dijadikan tempat liburan kamu selanjutnya. Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini punya banyak pilihan wisata hits yang siap membuat liburan kamu menjadi tak terlupakan.

Contohnya saja Lawang Sewu yang jadi salah satu ikon kota Semarang yang sayang untuk dilewatkan. Ada juga kawasan Kota Lama Semarang yang punya banyak bangunan tua yang masih berdiri kokoh hingga kini. Jika kamu suka pantai, ada Pantai Marina yang punya fasilitas lengkap.

  1. Yogyakarta

Sudah tidak perlu diragukan lagi popularitas Yogyakarta sebagai kota tujuan liburan. Kamu dijamin tidak akan kehabisan pilihan tempat liburan di kota ini. Mulai dari wisata alam hingga wisata budaya.

Selain itu menariknya kereta yang tersedia untuk jurusan Jakarta-Yogyakarta ada banyak. Pilihan jam berangkatnya juga beragam sehingga memberimu banyak opsi waktu keberangkatan menuju kota ini.

Jika di Yogyakarta, jangan lupa mampir ke Malioboro, kawasan Kalibiru, atau beach hopping di Kulonprogo. Kamu bisa juga ke Candi Borobudur maupun Prambanan. Suka wisata alam? Coba uji adrenalin kamu dengan tubing di Goa Pindul maupun Goa Jomblang.

  1. Malang

Kota di Jawa Timur ini menawarkan banyak tempat wisata menarik untuk semua usia. Mainlah ke Kota Batu yang ada di Malang yang punya banyak tempat wisata untuk dikunjungi. Sebut saja Jatim Park, Batu Night Spectacular, Batu Secret Zoo dan Museum Angkut.

Jika kamu suka wisata alam, mampirlah ke Coban Rondo, Taman Selecta, Coban Talun dan Pantai Balekambang yang dijuluki Tanah Lot-nya Malang.

Sudah tidak sabar untuk liburan ke kota-kota ini? Segera beli tiket kereta api menuju kota pilihanmu dan nikmati serunya berlibur naik kereta api. Pastikan kamu selalu menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari potensi penularan virus COVID-19 ya. Selamat bepergian seru naik kereta api!