Manfaat Membaca Al-Qur’an

  • 2 min read
  • Sep 11, 2021
Manfaat Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an adalah salah satu tuntunan agama Islam. Kitab suci ini mempunyai beragam manfaat apabila dibaca serta diamalkan. Lantas, apa saja manfaat membaca Al-Qur’an?

Sebagai orang tua, sudah selayaknya untuk memberikan bekal dunia akhirat untuk sang buah hati. Salah satunya adalah dengan mengajarkan pelajaran agama untuk membaca yang sebaiknya dimulai sejak dini. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan jika kita mau membaca Al-Qur’an secara rutin.

Manfaat Membaca Al-Qur’an

  1. Mendapatkan pahala dan kebaikan

Manfaat membaca Al-Qur’an yang utama yaitu memperolhe pahala berlipat ganda. Membaca Al-Qur’an baik dengan terbata-bata atau sudah lancar akan memperoleh pahala kebaikan dari setiap huruf yang dibaca tersebut.

Rasulullah SAW bersabda, siapa yang membaca Al-Qur’an walau satu huruf saja maka akan memperoleh satu kebaikan. Dari kebaikan tersebut akan berlipat-lipat hingga sepuluh kebaikan.

  1. Menaikkan derajat

Rasulullah bersabda, orang yang pandai membaca Al-Qur’an akan memperoleh posisi yang tinggi nanti di surga.

  1. Diberikan kecerdasan

Salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan yaitu dengan rajin membaca Al-Qur’an. Untuk memahami Al-Qur’an memang dibutuhkan kecerdasan tinggi sebab penulisannya yang menggunakan bahasa Arab.

Dengan membaca Al-Qur’an secara rutin maka akan memberikan manfaat bagi pembacanya agar bisa membedakan man yang baik atau buruk hingga menjadi orang yang cerdas.

  1. Mengusir setan

Setan merupakan musuh manusia yang terus mengajak pada hal keburukan. Dalam hadis shahih disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, hendaknya kita tidak menjadikan tempat tinggal atau rumah layaknya kuburan. Yaitu tidak pernah menunaikan sholat dan membaca Al-Qur’an.

Rasulullah SAW menyebut bahwa setan akan lari dari kediaman kita apabila dibacakan ayat Al-Qur’an surat Al-Baqarah.

  1. Obat segala macam penyakit

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 82, Al-Qur’an diturunkan ke dunia untuk dijadikan sebagai obat bagi segala penyakit manusia serta rahmat bagi mereka yang mau beriman. Membaca Al-Qur’an bukan hanya memberikan manfaat untuk penyakit fisik sajam namun juga bermanfaat untuk mengobati segala penyakit hati.

Melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an diyakini mampu menjadi terapi untuk menentramkan serta melembutkan hati.

  1. Penyejuk dan penenang hati

Firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ar-Rad ayat ke-28, orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tentram jika membaca petunjuk yang diberikan oleh Allah yakni didalam Al-Qur’an.

Hanya dengan senantiasa mengingat Allah SWT melalui rutin membaca ayat suci Al-Qur’an, maka hati akan merasa damai dan tentram.

  1. Memperoleh syafaat di hari kiamat

Kebaikan serta kemuliaan yang hadir dengan membaca Al-Qur’an sangat tidak bisa terbayangkan oleh pikiran manusia. Selain di dunia, manfaat membaca Al-Qur’an juga bisa didapatkan di hari kiamat kelak bagi siapa saja yang mau membacanya.

Hadis riwayat Muslim mengungkapkan bahwa membaca ayat Al-Qur’an sesungguhnya mampu memberikan syafaat luar biasa bagi mereka yang mau membacanya serta mengamalkannya.

  1. Memperkuat iman

Iman seorang muslim memang bisa berubah-ubah berdasarkan situasi dan kondisi. Agar iman yang kita miliki bisa menjadi lebih kuat serta mencegahnya dari resiko lemah bahkan murtad, maka muslim dianjurkan untuk rajin membaca ayat Al-Qur’an.

Kitab suci umat Islam ini turun langsung dari Sang Maha Pencipta. Semakin kita mencintainya dengan rajin membacanya, maka kita akan semakin dekat dengan Allah SWT. Iman pun akhirnya menjadi terpelihara semakin kuat sering berjalannya waktu.

Itulah beberapa manfaat membaca Al-Qur’an yang bisa kita dapatkan. Semoga kita selalu termotivasi untuk rajin membaca kitab suci Al-Qur’an sekaligus mengamalkan isi yang ada didalamnya.

Sumber: islamiques.net