Manfaat Sabut Kelapa dengan Di Jadikan Sebagai Media Tanam

  • 2 min read
  • Dec 16, 2020
Manfaat Sabut Kelapa

Manfaat sabut kelapa, sebelum kita sampai ke pembahasan manfaat dari sabut kelapa. Mari kita bahas mengenai sabut kelapa itu. Sabut kelapa ini ialah terdapat dari buah kelapa. Buah kelapa di dapatkan dari pohon kelapa. Sudah kalian ketahui sabut kelapa ini sudah banyak sekali di negara Indonesia bukan.

Dengan banyak nya pohon kelapa di negara Indonesia tercinta ini, sungguh tidak asing lagi bukan. Mari kita bahas dari sabut kelapa tersebut lebih dalam lagi. Sabut merupakan bagian mesoakrp ataupun dengan Bahasa Indonesia yaitu selimut yang berupa serat-serat kasar dari buah kelapa.

Sabut ini sudah biasa di sebut dengan limbah yang hanya di tumpuk begitu saja di bagian bawah tegakan tanaman kelapa dengan dibiarkan membusuk ataupun kering begitu saja.

Akan tetapai ada juga pemanfaatan yang sangat sering sekali di pakai dengan di jadikan nya kayu bakar. Secara tradisional, masyarakat telah mengolah sabut untuk di jadikan tali dan untuk dianyam menjadi keset. Akan tetapi alangkah baik nya sabut masuk memiliki nilai ekonomis yang bisa di bilang cukup baik.

Sabut kelapa jika saja di urai akan menghasilkan serat sabut dan juga serbuk sabut. Dengan produk yang utama nya dari sabut ini adalah serat sabut nya saja. Dari beberapa produk cocofibre yang akan menghasilkan beraneka ragam derivasi produk yang manfaat nya sangatlah baik dan bagus.

Manfaat Sabut Kelapa Bisa Sebagai Media Tanam

Sebelum kepada penjelasan manfaat dari sabut kelapa ini. Mari kita bahas sedikit manfaat sabut kelapa yang bisa di jadikan sebagai media tanam. Ada di beberapa negara yang juga termasuk negara Indonesia itu sendiri yang mengolah sabut kelapa menjadi media tanam.

Dengan proses pengolahan kulit kelapa dari buah kelapa sebagai sumber bahan pokok nya, kulit kelapa yang telah menjadi sabut kelapa akan menghasilkan limbah yang berupa butiran-butiran kecil yang biasa disebut cocopeat.

Cocopeat ini sendiri banyak digunakan sebagai kebutuhan pertanian seperti di jadikan sebagai media tanam dan juga sebagai media pencangkokan tanaman dengan karena memiliki daya serap terhadap air yang sangatlah tinggi sekali manfaatnya.

Cocopeat juga bisa di jadikan sebagai isiann untuk pembuatan samsak tinju.Untuk latihan pemula sebagai pengganti dari karet vulkanisir. Mari kita bahas manfaat sabut kelapa yang bisa di jadikan sebagai media tanam.

Pengolahan sabut kelapa saat ini banyak digalakkan mengingat sabut kelapa menjadi salah satu pencemaran lingkungan. Untuk mengolah sabut kelapa, gunakanlah mesin sabut kelapa agar lebih mudah dan nggak ribet.

Manfaat sabut kelapa untuk media tanam ialah sebagai berikut:

Sabut kelapa ini memiliki manfaat untuk media tanam, dengan pengambilan dari bagian sabut kulit kelapa nya dan langsung menggunakan nya untuk bahan penanaman. Dengan ada nya tanaman yang bisa di gunakan untuk media tanam nya ini ialah tumbuhan tanaman anggrek.

Ada banyak beberapa dari jenis anggrek yang hidup nya sebagai epifit. Epifit yaitu menempel pada tanaman inang nya, akan tetapi ia tidak termasuk parasite terhadap tanaman inang nya. Bisa di simpulkan semua tanaman anggrek tidak lah bersifat epifit.

Lalu dengan bisa nya di jadikan sabut kelapa ini menjadi cocopeat. Cocopeat dengan sebelum bahan olahan nya yaitu sabut kelapa yang di olah menjadi lembut. Serat-serat pada sabut kelapa yang telah diurai akan di ubah menjadi ukurang yang sangat lembut. Dengan ukuran yang lebih kecil.

Cocopeat sangatlah fleksibel untuk mengisi dari wadah ataupun pot yang akan di jadikan media tanam. Media tanam ini seakan-akan lebih bisa padat. Dengan terjadi nya penyimpanan air yang akan lebih sangat baik. Dengan porositas yang tentu nya akan baik.

Beginilah artikel manfaat sabut kelapa yang menjadi media tanam. Sabut kelapa yang akan di jadikan cocopeat akan bisa di gunakan untuk pupuk organik. Terimakasih telah membaca artikel ini.