Mengenal 7 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

  • 2 min read
  • Sep 08, 2021
Manfaat Jagung

Jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang manis, jagung juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi para ibu hamil. Soalnya, masa kehamilan merupakan waktu yang sangat penting bagi ibu untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Lantas, apa saja sih manfaat jagung untuk ibu hamil? Berikut ini penjelasannya!

1.  Memenuhi asupan energi

Terdapat setidaknya 50% kalori berupa karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan salah satu sumber karbohidrat yang bisa kita dapatkan ialah jagung. Bahan makanan yang satu ini memang dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, tepatnya karbohidrat kompleks sehingga memenuhi kebutuhan saat hamil.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Ada banyak kandungan serat yang baik di dalam jagung, kana dari itu, jagung bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan kita. Melalui konsumsi jagung secara tepat, ibu hamil bisa menekan risiko munculnya sembelit yang kerap dialami pada masa-masa kehamilan. Selain itu, penting juga bagi ibu hamil untuk tetap mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang lebih banyak sehingga pencernaan tetap lancar.

3. Mendukung tumbuh kembang janin

Kandungan protein pada jagung memberikan manfaat kepada ibu hamil dan janin. Karena selama masa kehamilan, protein tersebut bermanfaat untuk menyusun sel-sel maupun jaringan pada tubuh. Melalui tercukupinya protein, maka janin tersebut bisa bertumbuh dan berkembang secara optimal. Selain itu, risiko bayi lahir prematur dan lahir dengan berat badan yang rendah dapat dikurangi. Makanya, protein pun penting untuk perkembangan payudara maupun jaringan pada rahim. Dan pastinya, protein juga dibutuhkan untuk memastikan aliran darah dapat ditingkatkan selama masa kehamilan.

4. Mengobati morning sickness

Terdapat vitamin B kompleks serta asam folat pada jagung yang seperti kita tahu penting untuk masa-masa kehamilan. adanya asupan nutrisi ini pun berperan penting sehingga gejala-gejala morning sickness dapat diminimalisir.

5. Mencegah anemia

Adanya kandungan vitamin B9 serta zat besi bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah. Jadi, vitamin ini baik untuk mendukung perkembangan janin serta meminimalisir risiko anemia pada ibu yang sedang hamil.

6. Mengobati kram ketika hamil

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang mengalami kaki kram ketika hamil? Apabila jawabannya ya, maka kamu perlu menambahkan asupan kalium. Nah, jagung memiliki kandungan kalium yang berperan aktif untuk mengontrol kontraksi pada otot tubuh kita. Selain itu, kandungan kalium juga akan menjaga agar cairan maupun elektrolit pada tubuh tetap seimbang. Melalui adanya kalium, kita dapat menghantarkan sinyal saraf serta memastikan agar tekanan pada darah kita tetap stabil.

7. Menunjang kesehatan mata

Adanya kandungan antioksidan pada jagung menjadikannya sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kedua kandungan antioksidan tersebut ialah lutein dan zeacanthin. Makanya, tidak heran apabila jumlah kandungan antioksidan yang terdapat pada jagung lebih banyak dibandingkan dengan biji-bijian jenis lainnya. Sementara itu, ada juga asam ferulik yang akan berfungsi untuk melindungi hati dan sistem syaraf. Bukan hanya itu saja, kandungan ini juga penting untuk meredakan peradangan.

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup sehingga kesehatan sang ibu dan anak bisa tetap terjaga. Dan jagung bisa menjadi salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Untuk mendapatkan jagung secara praktis, kita tinggal memesannya saja melalui platform buah dan sayuran terbaik, apalagi kalau bukan TaniHub.