Mengenal Jenis Meja Makan dari Bentuk dan Material

  • 2 min read
  • Jul 01, 2020
Jenis Meja Makan dari Bentuk dan Material

Interior ruang makan tentu tidak akan lengkap tanpa adanya meja makan. Kamu harus memilih jenis meja makan secara tepat berdasarkan kebutuhan dan selera. Tujuannya, agar meja makan tersebut bisa menyempurnakan fungsi ruang makan secara maksimal serta keseluruhan interior dekoratif.

Ternyata banyaknya ragam meja makan yang ada di pasaran memang bisa membuat Kamu bingung saat ingin membelinya. Namun, Kamu tak perlu khawatir lagi soal pilihan meja makan. Ulasan tentang jenis-jenis meja makan berikut ini akan menambah informasi dan membantu Kamu menentukan pilihan.

Jenis Meja Makan Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, meja makan dapat dibedakan menjadi beberapa ragam varian. Berikut daftarnya.

Meja Makan Persegi

Pilihan meja makan yang satu ini biasanya hanya cukup untuk empat orang. Meja makan persegi paling cocok digunakan untuk keluarga dengan jumlah anggota kecil. Bentuknya yang mungil membuat ruang makan jadi tidak terkesan sempit.

Meja Makan Persegi Panjang

Bila Kamu mempunyai banyak anggota keluarga, meja makan persegi panjang adalah pilihan yang tepat. Karena meja ini berkapasitas besar dan cukup untuk menampung banyak orang.

Meja Makan Bundar

Orang-orang yang rumahnya terbilang kecil biasanya tidak memilih bentuk meja makan ini. Selain membutuhkan ruangan besar, meja makan bundar juga tidak bisa digunakan oleh banyak orang, maksimal hanya empat orang saja. Variasi lain dari bentuk bundar yang tak kalah menarik adalah meja makan oval yang terkesan sangat estetik.

Meja Makan Free Form

Bentuk yang tak beraturan biasanya berasal dari material kayu utuh. Kayu tersebut diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan meja makan tanpa menghilangkan bentuk aslinya. Meja makan ini biasanya sangat kokoh dan efektif memperkuat kesan natural pada interior rumah.

Jenis Meja Makan Berdasarkan Materialnya

Selain bentuknya, meja makan juga dapat dibedakan berdasarkan materialnya. Apa saja ya? Berikut jenisnya.

Meja Makan Kayu

Bahan kayu memang paling sering digunakan untuk meja makan karena dianggap praktis dan harganya cukup terjangkau. Namun, meja makan ini harus dirawat secara telaten agar tekstur kayunya tidak rusak akibat noda atau temperatur makanan. Meja makan kayu tidak boleh dibiarkan basah terlalu lama agar tekstur kayunya tidak rapuh. Rekomended pakai meja trembesi terbaik dan berkualitas.

Meja Makan Kaca

Rumah tangga modern banyak menggunakan meja makan kaca karena dianggap lebih menarik dan minimalis. Di samping itu, pilihan meja makan kaca yang tepat juga membuat rumah terkesan lebih luas. Kamu tetap harus berhati-hati saat menggunakannya agar meja makan kaca tidak mudah pecah atau melukai anak-anak.

Meja Makan Aluminium

Bahan aluminium juga difavoritkan untuk membuat meja makan karena bobotnya ringan dan daya tahannya cukup baik. Material ini juga cocok dipadukan dengan interior bernuansa minimalis.

Meja Makan Plastik

Tahukah Kamu kalau meja makan plastik kini juga semakin banyak digandrungi masyarakat? Material utama berupa plastik membuat meja makan dibanderol dengan harga terjangkau. Varian motif dan bentuknya pun sangat beragam. Itulah sebabnya meja makan ini juga cocok untuk Kamu yang masih tinggal di rumah kontrakan. Bobotnya yang ringan membuat Kamu mudah membawanya sewaktu pindah rumah.

Meja Makan Kombinasi

Kombinasi material dapat menghasilkan meja makan yang fungsional dan menarik. Banyak yang memadukan kaca dan kayu, plastik dan aluminium, atau kayu dan kulit sintetis sebagai variasi. Kreasi istimewa ini membuat meja makan pilihan Kamu tak lagi terkesan monoton. Sehingga ruang makan di rumah akan lebih nyaman dan membuat keluarga Kamu betah.