Menghitung Indeks Massa Tubuh, Gunakan Kalkulator IMT

  • 1 min read
  • Dec 11, 2020
Kalkulator IMT

Kalkulator IMT di klikdokter.com dapat digunakan untuk menghitung Indeks Massa Tubuh, yang berfungsi untuk mengetahui status gizi seseorang. Dilihat dari perbandingan berat dan tinggi badan seseorang tersebut, nantinya akan dapat dikategorikan apakah status gizinya normal atau tidak. Rumus perhitungan IMT adalah berat badan (kilogram) dibagi dengan tinggi badan (meter kuadrat). Berikut adalah kategori status gizi yang berdasarkan hasil kalkulator IMT.

  1. Berat Badan Kurang (underweight)

Menurut kalkulator IMT di klikdokter.com, berat badan Anda masuk kategori underweight jika hasil perhitungan IMT menunjukkan angka kurang dari angka 18. Sudah jelas Anda harus meningkatkan asupan gizi tubuh jika masuk dalam kategori ini.

  1. Normal atau Ideal

Agar berat badan Anda masuk kategori ideal, hasil perhitungan IMT harus menunjukkan angka antara 18 – 23. Meski artinya Anda tidak memiliki masalah berat badan, Anda harus tetap menjaga kesehatan tubuh dengan selalu memperhatikan asupan gizi yang Anda butuhkan.

  1. Gemuk

Anda masuk kategori berat badan gemuk apabila hasil akhir perhitungan IMT menunjukkan angka di antara 23 – 25. Anda pasti akan merasa lebih cepat lelah ketika mempunyai berat badan yang gemuk. Namun tidak sulit untuk menjadi ideal jika Anda lebih menjaga pola makan, asupan gizi dan berolahraga.

  1. Pre-Obesitas (overweight)

Anda harus mulai lebih memperhatikan berat badan apabila hasil perhitungan IMT Anda menunjukkan angka 25 -28. Itu artinya berat badan Anda masuk kategori overweight, dan hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda.

  1. Obesitas

Berat badan Anda masuk kategori obesitas apabila hasil akhir perhitungan IMT menunjukkan angka diatas 28. Anda harus lebih waspada mengenai kesehatan, karena angka ini dapat menjadi peringatan bahaya akan penyakit kronis yang dapat di derita seseorang yang mengalami obesitas.

Kalkulator IMT dapat dijadikan sebagai titik acuan baik pria maupun wanita agar lebih sadar dengan kondisi tubuhnya. Untuk menggali lebih dalam, Anda dapat menggunakan alat monitor kesehatan lainnya yang terdapat di klikdokter.com ataupun dengan mengunduh aplikasi KlikDokter yang tersedia.