Menurut Kotler dan Armstrong, Inilah Jenis-jenis Promosi

  • 2 min read
  • Jul 23, 2021
Jenis-jenis Promosi

Secara singkat, promosi mempunyai arti sebagai memperkenalkan usaha atau bisnis. Dalam artian yang lebih mendalam, promosi merupakan cara seseorang untuk mengenalkan usaha kepada orang lain. Tujuan promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan memiliki banyak pelanggan. Promosi atau biasa dikenal dengan pemasaran merupakan salah satu faktor penting untuk mendapatkan keuntungan. Tanpa promosi, usaha anda sudah hampir dipastikan “berjalan ditempat”.

Sebagus apapun usaha, barang atau produk yang dimiliki, tanpa melakukan promosi adalah hal yang mustahil untuk mendapatkan penjualan. Kita sebut saja Aqua, produk tersebut mempunyai banyak saingan. Namun banyak orang yang menggunakannya, padahal manfaat nya hampir sama dengan merek lain. Lalu kenapa Aqua lebih banyak digunakan dibandingkan merek lain? Tentu jawabannya adalah mereka telah melakukan langkah promosi yang tepat guna.

 Membahas mengenai promosi, tentu tidak “sah” jika tidak mengenalkan apa saja jenis-jenisnya. Menurut Kotler dan Armstrong, setidaknya ada lima jenis promosi yang bisa dilakukan untuk mendongkrak penjualan.

1. Advertising atau Periklanan

Jenis promosi yang satu ini merupakan sebuah presentasi yang dilakukan melalui pihak ketiga. Tujuannya adalah untuk melakukan komunikasi satu arah terhadap barang atau jasa yang dimiliki kepada orang lain. Contohnya bisa anda lihat pada televisi, baliho maupun koran. Kebanyakan jenis promosi advertising ini harus mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu alias berbayar.

2. Sales Promotion atau Promosi Penjualan

Bukan untuk jangka panjang, melainkan hanya digunakan untuk jangka pendek saja ketika menggunakan sales promotion sebagai cara promosi. Kelebihannya adalah untuk meningkatkan penjualan secara drastis dengan waktu yang singkat. Jenis promosi ini sangat bisa mempengaruhi psikologis calon konsumen untuk segera membelinya. Contohnya adalah flash sale yang sering anda temui pada toko online atau diskon super.

Jika anda ingin menggunakan promosi ini, ada 3 hal yang harus diketahui menurut Kotler dan Armstrong. Pertama, promosi konsumen dengan memberikan harga khusus, cashback dan sejenisnya. Kedua, promosi dagang dengan merayu dan “membujuk” konsumen agar melakukan pembelian. Ketiga, promosi bisnis yang memberikan dorongan kepada konsumen agar segera melakukan pembelian.

3. Public Relation

Untuk membangun sebuah brand bisnis dan citra baik perusahaan, jenis promosi public relation akan sangat dibutuhkan. Beberapa jenis promosi ini biasanya dilakukan dengan mengadakan event dan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain yang sudah mempunyai tingkat kepercayaan tinggi.

4. Personal Selling

Pastinya anda pernah bertemu dengan agen atau sales yang menawarkan sebuah produk dengan membawa brosur atau pamflet. Tanpa anda sadari, mereka telah melakukan jenis promosi personal selling. Keutamaan dari jenis promosi ini adalah dapat menjalin hubungan baik dengan konsumen. Disamping itu, mereka bisa langsung menyampaikan keluhan dari kekurangan produk yang dijual.

5. Direct Marketing atau Pemasaran Langsung

Promosi dengan cara langsung sudah banyak kita temui, entah kita sadar atau tidak. Contohnya adalah komunikasi melalui email, telephone, chat atau SMS gateway murah. Direct marketing merupakan promosi dua arah antara konsumen dengan produsen. Masing-masing mempunyai keuntungan dari cara promosi jenis ini. Bagi penjual, mereka bisa lebih akrab dan mengenali kepribadian pelanggan. Sedangkan bagi pembeli, mereka bisa dengan langsung menanyakan keunggulan ataupun kekurangan dari barang yang dijual.

Saat ini, semua jenis promosi diatas dilakukan oleh semua perusahaan kecil maupun besar. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menggunakan semua jenis promosi diatas dengan divisi masing-masing, terutama untuk perusahaan besar yang sudah mempunyai banyak pelanggan.