Niat dan Doa Berbuka untuk Puasa Sunnah Senin Kamis

  • 2 min read
  • Sep 19, 2021
Niat dan Doa Berbuka untuk Puasa Sunnah Senin Kamis

Selain melakukan ibadah wajib kitapun sebagai umat muslim bisa melaksanakan ibadah sunnah yang pahalanya juga tidak kalah baik dengan ibadah wajib yang kita lakukan. Salah satu ibadah sunnah yang bisa kita lakukan yaitu adalah puasa senin kamis, puasa senin kamis ini merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena orang yang rutin melaksanakan puasa sunnah senin kamis terutama pada bulan Syawal maka diyakini akan mendapat syafaat dari Allah SWT dan dimudahkan segala urusannya. Tata cara yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan puasa sunnah senin kamis sebenarnya sama saja dengan puasa pada umumnya, hanya saja terdapat perbedaan di niat puasa senin kamis begitu juga dengan doa berbuka puasanya.

            Untuk anda yang hendak melaksanakan puasa sunnah senin kamis dibawah ini adalah bacaan niatnya :

  • Niat puasa sunnah Senin

“Nawaitu shauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa’ala
Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala.”

  • Niat puasa sunnah Kamis

“Nawaitu shauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala
Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala.”

Niat tersebut bisa dibacakan langsung maupun didalam hati, untuk anda yang belum bisa menghafal atau belum mengetahui bacaan niat bacaan tersebut, maka anda juga bisa membaca niat di malam harinya dengan menggunakan Bahasa anda masing-masing karena Allah tidak pernah mempersulit hambaNya dalam beribadah. Hanya saja ada baiknya jika anda mengetahui dan menghafalkan bacaan niat diatas karena membaca niat merupakan salah satu rukun dalam ibadah puasa. Biasanya bacaan niat puasa sunnah ini dilakukan di malam hari sebelumnya atau sebelum azan subuh berkumandang di hari itu.

Sedangkan ini merupakan doa yang bisa dibaca ketika sebelum kita berbuka puasa sunnah senin kamis :

  • “Dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah”.
    Artinya: “Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah.”

Atau bisa juga membaca doa berikut ini :

  • “Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthortu
    Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka”

Kedua bacaan diatas juga merupakan bacaan doa yang bisa anda bacakan sebelum anda hendak membatalkan puasa sunnah anda, jika anda belum mengetahui bacaan tersebut maka anda juga bisa mengawalinya dengan membaca bissmilahirahmanirahim . Jangan sampai anda terburu-buru saat berbuka puasa sampai anda lupa untuk berdoa sebelum membatalkan puasa anda karena itu akan mengurangi nilai keberkahan puasa anda.

Dengan melaksanakan puasa sunnah senin kamis ini maka anda akan mendapatkan keutamaan antara lain dihapuskan kesalahannya oleh Allah SWT dan juga ditinggikan derajatnya. Selain itu menurut dalil yang ada setiap hari senin dan kamis merupakan hari dimana semua amalan yang tercatat disetorkan kepada Allah SWT dan juga waktu dibukanya pintu surga maka ada baiknya kita melakukan banyak kebaikan pada hari tersebut. Selain dari segi agama, melaksanakan puasa sunnah senin kamis juga diangap baik dari sisi medis karena dengan melaksanakan puasa 2 kali dalam satu minggu maka kita akan mengistirahatkan tubuh kita dari konsumsi makanan yang terlalu berlebihan dan pada saat berpuasa tubuh kita beristirahat sejenak dari proses pencernaan makanan yang terkadang kandungannya cukup berat untuk dikelola oleh tubuh. Dengan segala manfaat ini apakah anda tertarik untuk mulai rutin berpuasa sunnah senin kamis kedepannya ?