Pengertian Domain dan Hosting Beserta Fungsi di dalam Dunia Digital

  • 2 min read
  • Jan 27, 2021
Pengertian Domain dan Hosting

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membuat sebuah website, dan salah satunya adalah domain dan hosting. Kedua aspek tersebut memiliki peranan yang penting untuk mensupport website supaya berjalan dengan lancar. Berikut ulasan mengenai pengertian domain dan hosting beserta fungsinya.

Pengertian Domain

Domain merupakan alamat yang fungsinya mengarahkan penelusuran Anda kepada sebuah website.  Secara sederhana, domain bisa dipahami sebagai nama sebuah website, yang akan memudahkan Anda untuk mencarinya ketika browsing di internet.

Domain bisa juga dipahami sebagai nama atau brand sebuah toko atau barang. Jadi, domain ini merupakan identitas khusus sebuah website dan tidak akan ada yang menyamainya. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mengingatnya.

Sebenarnya, sebuah komputer menggunakan alamat IP untuk mengakses website yang terdapat di internet. Namun, alamat IP terlalu panjang dan rumit untuk dihafalkan oleh pengguna. Oleh karena itu, domain ada untuk membuat sebuah website lebih mudah diingat.

Domain terbagi menjadi dua, yaitu Domain TLD (Top Level Domain) dan Domain ccTLD (Country Code Top-Level Domain). Domain ccTLD merupakan eksistensi yang penggunaanya khusus untuk negara tertentu.

Pengertian Hosting

Hosting merupakan tempat untuk menyimpan data-data dari sebuah website. Hosting ini merupakan space untuk menyimpan data dari website blog, perusahaan, website pribadi serta website lainnya. Website datanya memang harus disimpan di host supaya bisa aktif dan diakses oleh siapa saja.

Hosting terbagi menjadi dua, yakni hosting gratis dan berbayar. Kelebihan hosting berbayar adalah fitur yang ditawarkan lebih lengkap, seperti fitur PHP, bebas iklan, dan fitur lainnya. Pengertian domain dan hosting ini penting untuk diketahui, supaya Anda bisa melihat seberapa penting peran keduanya.

Fungsi Domain dan Hosting

Domain berfungsi untuk mengarahkan perangkat menuju IP address, dan mempermudah akses tersebut. Sedangkan hosting berfungsi untuk menyimpan data dari sebuah website yang kemudian disebut web hosting.

Domain ini akan memudahkan perangkat mengakses atau terhubung ke hosting website yang dituju. Hal inilah yang membuat website kemudian bisa diakses oleh pengguna.

Domain dan hosting memiliki fungsi yang berbeda namun saling berkaitan. dari pengertian domain dan hosting pun bisa disimpulkan bahwa keduanya memang saling melengkapi.

Demikianlah uraian singkat tentang pengertian, fungsi, peranan domain dan hosting dalam dunia digital. Dengan mengetahui hal tersebut kita akan bisa mengetahui apa saja yang harus disiapkan dalam menjalankan bisnis online dalam era digital seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat.