Pengertian Hosting dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

  • 2 min read
  • Sep 11, 2020
hosting Indonesia

Perlu kamu ketahui pengertian dari hosting atau web hosting merupakan sebuah tempat di mana data dan file yang di gunakan atau diperlukan website disimpan serta bisa dikelola dan diakses melalui jaringan internet. File website yang ditaruh pada hosting berupa gambar, email, sript, aplikasi, video dan database kamu. Apabila Kamu belum memahami apa itu website, silakan baca terlebih dahulu artikel mengenai pengertian website yang telah kami bahas supaya lebih mudah dipahami. Kembali lagi ke pembahasan mengenai pengertian hosting Indonesia.

Ketika Kamu menggunakan internet untuk mengunjungi sebuah website, yang Kamu lakukan pada saat pertama kali pada browser adalah menulis kata kunci atau nama domain tertentu pada kolom pencarian browser. Selanjutnya komputer otomatis terhubung ke halaman dan server website akan dikirimkan ke tampilan melalui browser, misalkan seperti halaman yang sedang kamu lihat ini. Dengan ini pada saat kamu ingin mempunyai website, hosting dan domain merupakan hal penting yang harus kamu punya atau beli.

Manfaat Domain dan Hosting

Agar dapat memperjelas mengenai pengertian dari domain dan juga hosting, di sini akan memberikan sedikit saja ulasannya.

Hosting

Hosting ini dapat disamakan dengan sebuah rumah yang di sewakan dengan ukuran tertentu dan setiap bangunan pasti mempunyai ukuran yang pastinya berbeda antara rumah 1 dengan rumah yang ke 2. Sama juga dengan hosting, setiap layanan akan menyediakan ruang atau tempat penyimpanan yang berbeda-beda.

Domain

Dan pada domain ini adalah sebuah nama dari rumah kamu atau website kamu yang bisa diakses oleh pengguna dengan internet. Nama domain ini bermanfaat agar menemukan komputer di internet. Dan setiap dari komputer mempunyai alamat dan nomor yang berbeda yang disebut dengan alamat IP. Contoh alamat IP adalah 11.111.111.111.

Namun biasanya pengguna internet akan kesulitan untuk menghafal alamat IP yang terdiri dari angka-angka. Dan dibikinlah nama domain yang lebih mudah diingin oleh semua orang. Jadi pada saat kamu ingin mengakses website, sekarang ini hanya perlu mengingat nama domainnya saja. Nama domain ini terdiri dari gabungan huruf dan juga angka dengan berbagai ekstensi berbeda contohnya .id .co.id .com dan .net. dari setiap website memiliki nama domain yang berbeda dan setiap domain harus di daftarkan terlebih dahulu agar bisa diakses.

Saat ini terdapat berbagai jenis layanan hosting yang dapat Kamu gunakan untuk menyimpan data website. Namun sebelum menggunakannya, harus pastika terlebih dahulu kebutuhan website kamu mengenai hosting seperti apa yang cocok.

Kebutuhan apa sih?

Mulai dari dana, kebutuhan bisnis dan fitur yang disediakan oleh layanan hosting.

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang dapat Kamu temukan di hampir semua layanan hosting saat ini. Shared hoting ini bisa digunakan oleh banyak pengguna dengan waktu yang sama dalam satu server. Harga yang biasanya di tawarkan shared hosting murah. Akan tetapi, karena digunakan oleh pengguna banyak, terdapat batasan mengenai resource yang tersedia, baik itu bandwitch yang disediakan dan masih banyak lagi.

Kelebihan Shared Hosting Harga murah:

  • Tersedia berbagai jenis paket berbeda berdasarkan resource yang disediakan, sehingga apabila website Kamu melewati limit yang ditetapkan, bisa melakukan upgrade ke paket yang lebih tinggi lagi.
  • Kebanyakan layanan sudah menyediakan kontrol panel seperti cPanel, sehingga dapat memudahkan Kamu dalam mengelola website.