SEO On-Page, Tak Hanya Sekedar Teknik Menulis

  • 3 min read
  • Mar 29, 2021
SEO On-Page

SEO On-page adalah cara mengoptimalkan halaman web untuk mendapatkan traffic organik dan meningkatkan peringkat situs web di SERP (halaman hasil mesin pencari). Jasa SEO yang baik mengerti cara mengoptimalkan HTML halaman, link internal, dan metadata. Saat Anda menambahkan semua aspek halaman web ini bersama-sama, Anda akan mendapatkan halaman web yang bisa ditingkatkan.

Demikian pula, ada faktor peringkat yang diterapkan google/bing yang berada di luar kendali pemilik situs atau biasa disebut SEO off page. Hal-hal seperti backlink dari situs lain, media sosial, penyebutan merek, dan pembagian semuanya dapat memiliki efek langsung atau tidak langsung pada peringkat situs di SERP.

SEO on-page bergantung pada konten halaman yang sebenarnya. Artinya segala hal di dalam situs web dapat masuk ke ranah yang berpotensi mempengaruhi SEO contohnya teks, metadata, konten multimedia, kode HTML, CSS, JavaScript, dan banyak lagi. Isi dari web biasanya disebut sebagai konten, meskipun seringkali pemasar menggunakan “konten” untuk merujuk ke teks utama halaman.

SEO on-page membantu mesin telusur menganalisis situs web Anda dan konten yang terhubung dengannya sehingga dapat mengidentifikasi relevansinya dengan situs Anda. Google terus memperbarui algoritma dan memberikan hasil penelusuran yang memenuhi kebutuhan pengguna. Seiring dengan berkembangnya algoritma Google, situs web Anda juga akan berkembang.

Situs web Anda dan kontennya, termasuk yang terlihat oleh pengguna (mis. Media, konten, gambar) dan apa yang terlihat oleh mesin telusur (mis. Meta data, HTML), dioptimalkan untuk praktik terbaru yang digunakan oleh perusahaan seperti Google dan Bing. Dengan cara ini, mesin telusur dapat memahami situs Anda dan cara memeringkatnya.

Baik Anda memiliki bisnis besar atau kecil, penting untuk mengoptimalkan SEO on-page situs web. SEO mewakili salah satu strategi pemasaran digital yang paling umum, dan tetap sangat populer karena laba atas investasinya yang andal. Faktanya, SEO on-page menawarkan ROI terbaik dari hampir semua strategi pemasaran digital dengan manfaat yang relatif murah dan jangka panjang yang dapat membantu situs web tumbuh dan menghasilkan lalu lintas pasif selama bertahun-tahun.

Sebanyak setengah dari semua lalu lintas situs web berasal dari mesin pencari seperti Google atau Bing, ini berarti hampir 40% dari pendapatan online juga berasal dari lalu lintas pencarian. Berikut hal lain untuk dipikirkan: Hasil pertama teratas di Google mendapatkan lebih dari 32% lalu lintas kata kunci, dan halaman pertama hasil penelusuran meraih lalu lintas sebanyak 91,5%.

Judul Halaman & Deskripsi Meta

Tag judul dan deskripsi meta halaman web sangat penting untuk peringkat SEO karena dua alasan. Pertama, keduanya harus berisi kata kunci utama untuk membantu Google memahami arti semantik halaman Anda. Cara terbaik adalah menggunakan sinonim, variasi kata, dan mengubah urutan kata dalam frasa kata kunci. Jasa SEO profesional akan tahu cara terbaik mengoptimalkan tag judul dan deskripsi meta untuk membantu peringkat kueri penelusuran Google dan meningkatkan lalu lintas organik.

Alasan kedua adalah karena keduanya memberikan peluang untuk membedakan hasil halaman web Anda dari pesaing. Praktik terbaik SEO saat ini mempertimbangkan faktor pengoptimalan terbaru yang digunakan oleh Google, yang mencakup metrik keterlibatan pengguna seperti waktu di situs, rasio pentalan, dan rasio klik-tayang. Ketika Google mengidentifikasi bahwa satu halaman web sedang dilihat untuk jangka waktu yang lebih lama dan ada lebih banyak keterlibatan pengunjung dengan situs web, kemungkinan halaman tersebut akan mengungguli halaman dengan metrik pengguna yang lebih rendah. Judul dan deskripsi halaman yang akurat dan menarik membantu meningkatkan rasio klik-tayang dan mengurangi rasio pentalan.

Judul (Tajuk)

Google menghargai halaman web yang terstruktur secara intuitif. Penggunaan tajuk membantu mengatur konten pada halaman. Dalam hal SEO, ini akan mencakup tag heading H1 dan H2 dan akan mengidentifikasi lebih banyak ide makro. Penggunaan tag header yang tepat sangat penting untuk meningkatkan peringkat situs. Jasa SEO yang baik tahu cara mengoptimalkan dan memanfaatkan tajuk untuk membantu meningkatkan peringkat Google.

On Page Content

Isi teks dari halaman web sangat penting untuk peringkat potensial untuk halaman itu. Jika Anda mempercayakan segala hal pada perusahaan jasa SEO https://www.seodigital.co.id/jasa-seo/ profesional Anda hanya perlu mengoptimalkan judul deskripsi meta, dan tajuk untuk meningkatkan peringkat, peningkatan peringkat ini mungkin berumur pendek. Sisanya, biarlah mereka yang bekerja. Pada bagian ini jasa SEO biasanya mampu membuat konten yang menarik, sesuai dengan target market, inspiratif dan juga informatif. Teksnya akan diimbangi dengan gambar ilustrasi atau data yang memperkuat asumsi, agar pembaca semakin terdidik dengan konten yang ada di situs Anda.