Solusi Terbaik untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal Tanpa Repot

  • 2 min read
  • Aug 20, 2021
Berat Badan Ideal Tanpa Repot

Kita pasti setuju jika bentuk tubuh yang ideal adalah dambaan semua orang. Apalagi bagi seorang wanita, memiliki tubuh ideal menjadi sau keharusan yang tidak bisa ditawar tawar lagi. Meski demikian, hal ini bukan satu hal yang mudah untuk dilakukan karena dibutuhkan konsistensi serta metode yang tepat. Jika tidak, bayangan akan tubuh yang sehat dan ideal hanya sekedar mimpi saja.

Apa saja yang harus dipertimbangkan atau dilakukan?

Memastikan sumber makanan yang dikonsumsi adalah sehat dan alami. Yup, diet akan memberi dampak yang maksimal jika makanan yang dikonsumsi cenderung alami alias bukan makanan cepat saji. Mengapa demikian? Karena makanan alami tidak memberi dampak ketagihan atau keinginan berlebih karena memang tidak seenak makanan kemasan.

Memenuhi asupan protein

Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan asupan protein bisa membuat otot dan metabolisme mengalami penurunan. Protein juga bisa menekan nafsu makan asalkan dalam jumlah yang tepat. Untuk itu, kombinasikan antara sumber hewani dan nabati namun sebaliknya kurangi protein seperti daging kalengan atau makanan dalam bentuk kemasan seperti sosis misalnya.

Memenuhi asupan karbohidrat

Anda bisa mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Asupan karbohidrat ini sendiri bisa dikurangi dengan menggantinya seperti lemak sehat dan sayuran.

Memenuhi asupan lemak

Salah satu kunci sukses saat melakukan diet adalah mampu mengatur rasa kenyang serta keinginan untuk makan dalam jumlah lebih. Lemak memiliki kalori yang cukup tinggi namun memberikan rasa kenyang dalam waktu lama.

Memperbanyak sayuran

Tahukah Anda bahwa makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah bisa meredam rasa lapar tanpa harus makan dalam jumlah lebih? Adapun kandungan serat yang ada kedua makanan tersebut bisa menyerap air. Selain itu, makanan tersebut mengandung rendah kalori dan kaya akan vitamin.

Memastikan untuk sarapan yang sehat

Di pagi hari, Anda harus mengonsumsi makanan yang tinggi protein. Misalnya saja pisang, telur, susu dan apel. Anda bisa mengombinasikannya dengan karbohidrat tinggi serat.

Miliki istirahat yang teratur – Idealnya, Anda harus tidur kurang lebih 8 jam dalam sehari. Alasannya sederhana, di jam tersebut tubuh akan melakukan regenerasi sel dan memperbaiki organ tubuh. Sebaliknya, jam tidur yang tidak beraturan justru menimbulkan rasa lapar yang berlebih.

Berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara rutin dan dengan gerakan yang tepat akan memberikan manfaat besar. Sebaliknya, olah fisik yang dilakukan secara berlebihan justru bisa menimbulkan cedera. Ada banyak jenis aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda dan lainnya.

Miliki manajemen stres yang baik

Meski terbilang usia muda bukan berarti bebas dari masalah stres. Justru, di usia inilah tekanan stres sering dialami dikarenakan faktor pekerjaan dan kesibukan lainnya. Tidak sedikit malah yang mengalihkan rasa stres ini dengan mengonsumsi makanan secara berlebih yang justru meningkatkan berat badan.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Selain penampilan makin stylish, dengan memiliki berat badan yang ideal akan membuat tubuh jauh dari berbagai macam penyakit. Namun, seperti yang dijelaskan diawal artikel bahwa dibutuhkan disiplin dan komitmen yang tinggi untuk melakukannya. Jika tidak, keinginan untuk tampil elegan dengan berat badan ideal hanya sekedar mimpi.

Mulai dari menjaga pola makan, mengatur stres hingga melakukan serangkaian olah fisik adalah cara mudah dan murah untuk bisa meraih berat badan yang ideal.