Tanya Dokter Kandungan Online Tentang Penyebab Ngidam Pada Ibu Hamil

  • 2 min read
  • Feb 18, 2020

Sesuai dengan tanya dokter kandungan online jika ingin hamil sebaiknya menjaga kebersihan organ intim, jika menggunakan pembalut maka pastikan menjaga ph alami dari organ intim dan menggunakan bahan katun sehingga akan menjaga sirkulasi udara. Selain itu, perlu melakukan relaksasi dengan terapis seperti melakukan pijatan pada titik akupuntur yang akan memberikan pengaruh pada kesuburan. Pasangan yang baru menikah juga harus belajar untuk terhindar dari rokok dan alkohol yang menurunkan kesempatan hamil 30% hingga 50% pada wanita dan memberikan resiko kelainan pada janin yang akan tumbuh, termasuk untuk perokok pasif. Sebaiknya tetap menjaga diri dengan mengonsumsi vitamin dan mineral secara lengkap untuk mendukung perkembangan hormon.

Ketika hamil maka ibu harus memposisikan tidur miring sehingga akan meningkatkan aliran darah serta nutrisi sehingga akan membantu janin berada dalam posisi yang baik, ibu juga dapat menekuk lutut menuju arah depan dan menyelipkan bantal diantara dua kaki. Setelah hamil maka terdapat tambahan kalori hingga 450 kalori ketika mencapai trimester terakhir dikarenakan kalori tidak hanya untuk ibu melainkan untuk pemenuhan janin sehingga janin dapat berkembang dengan baik. Sebaiknya mengonsumsi banyak cairan untuk meningkatkan volume darah dan kekurangan cairan dapat menyebabkan ibu mudah mengalami sembelit maupun kelelahan hingga kelahiran secara prematur. Ibu selama hamil dapat mengalami rasa ngidam terhadap suatu makanan.

Berikut adalah penyebab ngidam pada ibu hamil:

  • Tubuh kurang nutrisi sehingga akan membuat tubuh menjadi ngidam makanan walaupun terkadang makanan yang diinginkan tidak sesuai nutrisi yang dibutuhkan atau dapat juga menginginkan barang maupun minuman.
  • Adanya perubahan pada hormon pada rasa dan bau terhadap makanan sehingga wanita tidak menyukai makanan sebelumnya menjadi menyukai sehingga ditandai dengan rasa muntah dan mual hal ini dikarenakan perkembangan hormon progesterone dan human chorionic gonadotropin.
  • Perubahan emosi yang menyebabkan ibu hamil menginginkan sesuatu, misalnya jika ibu hamil tinggal di wilayah kumuh sehingga menginginkan untuk tinggal di lingkungan yang tenang dan nyaman.
  • Meningkatnya air liur sehingga ibu hamil akan terus meludah dan terdapat rasa logam di mulut dan memberikan rasa muntah dan mual sehingga rasa ngidam menjadi lebih kuat.

Sebelum menuruti ngidamnya ibu hamil maka pastikan memperhatikan porsi makanan yang di idamkan sehingga berat badan ibu hamil tetap stabil. Sebaiknya menghindari makanan telur, makanan laut dan daging yang tidak dimasak serta susu maupun olahan susu yang tidak dipasteurisasi. Ibu hamil juga tidak disarankan ngidam terlalu sering karena akan menurunkan gula darah serta lebih baik mencari makanan pengganti yang memberikan makanan rendah kalori untuk mencegah berat badan bertambah.

Berikut adalah makanan yang sering menjadi idaman pada ibu hamil diantaranya:

 

  • Coklat, memberikan rasa manis dan kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki suasana hati ibu tetapi jangan berlebihan karena adanya kafein.
  • Keripik kentang, namun memiliki kalori dan lemak tinggi jika dikonsumsi terlalu sering sehingga lebih baik mengonsumsi kentang yang dipanggang atau ubi manis yang digoreng.

Dengan tanya dokter kandungan online di halodoc, disarankan untuk mengonsumsi es krim ketika ngidam namun perhatikan jumlahnya dan sebaiknya mengonsumsi es yang rendah kalori. Dapat juga mengonsumsi makanan pedas yang membuat tubuh berkeringat namun jika terlalu banyak akan berdampak pada gangguan pencernaan dan perut mulas. Rujak merupakan salah satu makanan yang banyak dipilih dengan kalori rendah dan berasal dari buah-buahan segar.