Tips Hemat Membangun Hunian Rumah Sendiri

  • 2 min read
  • Aug 16, 2021
Tips Hemat Membangun Hunian Rumah Sendiri

Sekarang ini sudah banyak dikembangkan perumahan yang siap huni untuk dipilih sesuasi selera dan kebutuhan. Meski demikian, tak sedikit masyarakat yang lebih memilih untuk membangun hunian rumahnya sendiri. Hal ini dipicu oleh berbagai alasan, namun alasan yang paling mendasar adalah keinginan mereka untuk bisa mendesain sendiri hunian rumah impian untuk keluarga mereka.

Tips Hemat Membangun Hunian Rumah Sendiri

Keinginan untuk membangun rumah sendiri kerap dihadapkan oleh kendala dana. Hal ini memang harus diakui karna pada dasarnya pembangunan rumah memerlukan dana cukup besar. Akan tetapi, bukan berarti hunian rumah yang bagus selalu mahal. Apabila anda mengetahui tips-tipsnya, tentu membangun rumah impian yang berkualitas dengan biaya yang pas di kantong pun bisa diwujudkan. Simak tipsnya berikut ini!

  • Membuat rencana pembangunan rumah

Untuk langkah awal, buatlah perencanaan pembangunan hunian rumah anda, baik masalah dana, ukuran bangunan yang anda inginkan serta target waktu untuk membangun rumah.

Rencana ini nantinya berguna sebagai pengendali resiko terjadinya penyimpangan dalam proses pembangunan. Apabila implementasi pembangunan hunian rumah anda melenceng dari rencana, maka hal tersebut tentu akan berimbas pada dana yang harus dikeluarkan.

  • Melakukan riset harga material bangunan

Harga material bangunan yang kian melambung menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan secara matang. Bahkan tak sedikit masyarakat yang menunda pembangunan hunian rumahnya karena harga material yang mahal. Untuk itu, ada baiknya anda melakukan riset harga material bangunan supaya kebutuhan dana untuk pembangunan rumah anda bisa dipersiapkan.

  • Selektif dalam memilih juru bangunan

Membangun hunian rumah sendiri tentunya tidak berarti anda bisa mendirikannya sendiri tanpa bantuan juru bangunan. Anda masih tetap membutuhkan jasa tukang yang tentunya memerlukan banyak biaya mengingat tenaga tukang sekarang ini cukup mahal.

Maka dari itu, pastikan anda memilih juru bangunan yang benar-benar profesional dan mempunyai reputasi kerja yang bagus. Ini sangat penting sekali agar uang yang anda keluarkan untuk membayar jasa tukang tersebut mampu memberikan hasil yang maksimal.

  • Menggunakan material bangunan lokal

Material bangunan yang berkualitas tidak harus memiliki harga yang mahal maupun hasil produksi luar negeri. Agar biaya pembangunan hunian rumah anda bisa lebih hemat, maka anda dapat memakai material bangunan lokal misalnya bambu, kayu dan lainnya. Selain mudah untuk ditemukan, material bangunan tersebut memiliki harga yang lebih terjangkau.

  • Menciptakan ruangan multifungsi

Rumah yang mempunyai banyak ruangan akan cenderung memerlukan biaya lebih mahal, sebab memerlukan material bangunan lebih banyak. Agar anda bisa lebih menghemat dana, maka anda bisa mencoba membuat ruangan multifungsi.

Contohnya, ruang tamu sederhana yang juga bisa digunakan untuk ruang keluarga, atau bisa juga dapur yan dijadikan satu dengan ruang makan. Ide membuat ruangan multifungsi ini sangat sesuai dengan inspirasi desain rumah dengan tipe minimalis. Anda tidak memerlukan banyak ruangan sehingga pemakaian material bangunan pun menjadi lebih hemat.

  • Memilih desain rumah tipe minimalis

Rumah dengan desain minimalis sekarang ini sedang menjadi tren baik untuk pembangunan rumah sendiri maupun pengembangan perumahan rakyat. Desain rumah minimalis dianggap lebih efisien dalam pemakaian material bangunan akan tetapi nampak mewah dan terkesan modern.

Bagi anda yang bingung mencari rekomendasi desain rumah minimalis yang apik maka anda bisa meminta bantuan jasa desain rumah.

Nah, itulah beberapa tips hemat membangun hunian rumah sendiri. Kini, anda dapat mewujudkan pembangunan rumah impian bagi keluarga kecil anda tanpa harus mengeluarkan budget besar. Bagaimanapun desain serta berapapun ukuran rumah yang anda buat, asalkan seluruh keluarga merasa nyaman berada di dalamnya tentu akan menjadi hal yang membahagiakan.