Tips Keluar Rumah Ketika Pandemi Virus Corona

  • 2 min read
  • Apr 15, 2020
Tips Keluar Rumah Ketika Pandemi Virus Corona

Ketika Anda mengalami gejala virus corona maka hal yang harus dilakukan adalah dengan segera periksa ke dokter. Dimana gejala virus ini adalah mempunyai gejala yang ringan dan mirip dengan penyakit lainnya. Gejala virus ini yang bisa dialami pada awalnya adalah mengalami demam yang menyebabkan suhu badan naik hingga 38 derajat Celcius. Selain itu gejala lainnya juga mengalami batuk dan juga sesak nafas. Sehingga ketika mengalami gejala tersebut maka bisa untuk segera memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan terdekat. Sehingga dapat untuk memastikan penyakit yang dipunyai apakah penyakit biasa atau perlu untuk melakukan tes lanjut apakah tertular corona.

Memeriksakan diri ke pusat layanan kesehatan tentunya membuat Anda harus keluar rumah. Sehingga hal ini juga perlu untuk menjadi pertimbangan untuk dapat keluar rumah dengan langkah yang tepat. Karena apabila Anda mempunyai gejala corona maka yang bisa dilakukan adalah dengan tinggal di rumah melakukan isolasi diri selama setidaknya 2 minggu. Sedangkan bagi Anda yang ingin pergi keluar rumah untuk memeriksakan diri ke dokter juga bisa untuk secepatnya melakukan hal tersebut untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Akan tetapi juga penting untuk menggunakan tips berikut ini sehingga tidak berpotensi untuk menularkan sakit yang dipunyai dengan orang lain. Adapun untuk tips keluar rumah yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan masker

Tips pertama adalah dengan menggunakan masker. Tips ini merupakan tips yang paling mudah dan penting untuk digunakan. Ketika menggunakan masker juga pilih jenis masker yang tepat yaitu yang mampu untuk menghalangi persebaran virus. Oleh karena itulah bagi Anda yang ingin keluar rumah dan periksa ke dokter bisa untuk menggunakan masker yang tepat. Pilihlah masker yang mempunyai ukuran yang tepat sehingga dapat menutupi hidung dan mulut Anda. Selain itu juga pilih masker yang disarankan yaitu dengan jenis masker tertentu.

  • Menerapkan etika batuk dan bersin

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan adalah dengan menerapkan etika batuk dan bersin. Dimana cara ini adalah ketika Anda akan batuk dan bersin maka bisa untuk menutup mulut Anda dengan siku. Selain itu juga bisa menggunakan tisu untuk dapat menutup mulut. Segera buang tisu tersebut di tempat sampah yang tertutup sehingga dapat untuk menghindari cipratan batuk dan bersin dari mulut Anda untuk mencegah penularan virus corona.

  • Hindari kendaraan umum

Tips penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah dengan menghindari kendaraan umum. Ketika Anda mempunyai gejala corona maka akan lebih baik untuk menghindari tempat yang ramai. Seperti misalnya dengan tidak menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang digunakan untuk pribadi seperti taksi online atau ojek online. Sehingga dengan menggunakan kendaraan pribadi juga akan mencegah penularan ke banyak orang.

  • Mencari dokter terdekat

Tips terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mencari dokter yang terdekat. Anda bisa mencari dokter yang terdekat seperti di puskesmas dan juga rumah sakit terdekat. Sehingga hal tersebut akan dapat untuk menghindari penyebaran yang luas apabila memilih layanan kesehatan yang jauh. Selain cara ini juga banyak tips lainnya yang bisa digunakan ketika mencari dokter dan juga melakukan pemeriksaan dini apabila mengalami gejala virus corona. Berbagai informasi mengenai corona tersebut bisa Anda lihat di website seperti Halodoc yang menyediakan banyak tips dan langkah pencegahan penularan corona yang bisa bermanfaat.