Tips untuk Melakukan Health Parenting

  • 2 min read
  • Dec 16, 2020
Health Parenting

Hubungan kalian memiliki pengaruh penting pada pilihan pengasuhan Anda. Hubungan memiliki “Efek melimpahan” ketika semuanya berjalan lancar pada hubungan pasangan, itu juga akan memberikan kepositifan pada mengasuh anak secara positif. Tapi ketika semuanya berjalan buruk, konflik dan ketegangan bisa menyebabkan pengasuhan yang tidak efektif. apakah orang tua menjalin hubungan romantis satu sama lain atau apakah orang tua sudah berpisah dan salah satunya tidak tinggal bersama dengan anaknya? Hal tersebut sangat berpengaruh pada pola asuh yang sehat. Tidak ada cara untuk menjadi orang tua yang sempurna, tapi sejuta cara untuk menjadi yang baik. Sebagai orang tua, Anda memainkan banyak peran berbeda di tempat kerja dan di keluargamu. Terkadang menyeimbangkan peran yang berbeda bisa jadi sulit dan bahkan bisa membuat orang tua menjadi lelah dan stres. Mencoba untuk luangkan waktu untuk bersantai dan “mengisi ulang” baterai Anda dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai. Saat Anda sedang libur merawat diri sendiri, Anda akan lebih mampu merawat orang lain juga.

Tiga Kunci Pola Asuh Sehat

Praktik pengasuhan yang sehat meningkatkan kesejahteraan anak. Ketika anak-anak memiliki kepercayaan hubungan dengan orang tua mereka, mereka merasa aman. Mereka dapat mengembangkan ikatan positif yang membuat mereka lebih bersedia untuk berbicara dengan orang tua mereka tentang pikiran, perasaan, dan kekhawatiran mereka. Jika kalian mengikuti praktik pengasuhan anak yang baik dapat membantu keluarga Anda berkembang dan perkuat ikatan ini seperti yang dilansir dari berita Sumatra selatan hari ini terbaru:

  • Menjadi Positif – Anak-anak akan menjadi lebih baik saat mereka terima dorongan daripada kritik. Mencoba untuk fokus pada hal-hal yang berjalan dengan benar, bukan hal-hal yang salah. Aturan praktis yang baik adalah mengatakan atau melakukan delapan hal positif untuk setiap satu hal negatif saat Anda menghabiskan waktu dengan anak-anak Anda. Ingat, anak-anak Anda mendapatkan pesan positif dari hal-hal yang Anda katakan dan lakukan (seperti pelukan atau tos). Jadilah orang tua yang more connecting and less correcting
  • Terhubung – Anak-anak perlu merasa dicintai dan dibangun ikatan yang kuat dengan orang tua mereka. Pengeluaran waktu bersama anak-anak Anda adalah salah satu cara terbaik untuk membantu mereka merasa dicintai. Anak kecil membutuhkan waktu bermain dengan orang tua, dan anak yang lebih tua membutuhkan orang tua yang mendukung aktivitasnya. Saat Anda menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda, pastikan Anda mendengarkan mereka, menyiapkan dorongan, dan siapkan obrolan-obrolan yang positif.
  • Kelola Perilaku Secara Efektif- Orang tua perlu mencontohkan perilaku positif, tetapkan ekspektasi yang jelas dan batasan, dan konsisten. Pastikan Anda kenali teman anak Anda dan pengaruh lainnya, seperti acara TV dan film apa yang mereka tonton, apa yang mereka lakukan di media sosial, dan apa yang mereka lakukan saat menghabiskan waktu online. Cara yang sehat untuk mengelola anak perilaku anak anda adalah menggunakan penguatan positif saat mereka berperilaku baik dan pantas dan berikan konsekuensi ketika mereka berperilaku buruk. mengasuh anak berarti menghindari berbagi kendali dengan anak-anak Anda dan memberikan kesempatan untuk mereka untuk berpikir, membuat keputusan, dan belajar kesalahan mereka.

Sebagai orang tua, Anda adalah panutan utama anakmu. Anak-anak Anda akan belajar tentang kecakapan hidup, seperti komunikasi dan resolusi konflik, dari mengawasimu. Saat Anda menginvestasikan waktu anak-anak Anda, mereka akan merasa penting dan dicintai. Dengan mengikuti tips berikut dan berdiskusi tentang pola asuh anak sehat anak dengan penyedia layanan, Anda dapat mempelajari dan mengembangkan keterampilan pengasuhan yang sehat akan memperdalam hubungan antara anda dengan keluarga anda dan Anda tumbuh lebih dekat bersama.