Untuk Warga Bogor, Inilah Cara Mengecek Tagihan PPB Secara Online

  • 2 min read
  • Aug 14, 2021
Cara Mengecek Tagihan PPB Secara Online

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), merupakan sebuah kewajiban yang perlu dibayar oleh setiap pemilik tanah dan bangunan. Pada mulanya, cara mengecek tagihan PBB dan membayarnya itu harus dilakukan di kantor pajaknya langsung.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang sudah semakin pesat, kini pengecekan tagihan PBB pun bisa kita lakukan secara online lho. Nah, untuk kalian warga Bogor yang belum tahu tentang cara cek PBB online Bogor, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

  1. Cara Mengecek Tagihan PBB Online Via Website Resmi

Perlu kalian ketahui, bahwa semua penerimaan PBB akan kepada pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/kota. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung karena pada setiap kotanya sudah memiliki situs pajak daerah masing-masing.

Untuk warga Bogor, kamu bisa langsung membuka aplikasi IPBB di mesin pencarian Google maupun Play Store. Jika sudah demikian, kamu hanya tinggal membaca semua ketentuan yang berlaku sampai selesai.

  1. Cara Mengecek Tagihan PBB Online Via E-commerce

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan platform-platform e-commerce bukan? Ya, selain berfungsi sebagai sarana jual beli online, ternyata situs e-commerce juga bisa kamu manfaatkan untuk mengecek tagihan PBB secara online lho.

Agar terhindar dari hal-hal yang berbau penipuan, sebaiknya kamu mengecek tagihan PBB tersebut di situs-situs e-commerce yang sudah terpercaya.

  1. Mengecek Tagihan PBB Online Via Minimarket

Tentu bukanlah hal yang sulit bagi kita untuk menemukan sebuah minimarket. Adapun mengenai beberapa tahapan yang harus kamu lakukan dalam mengecek tagihan PBB di minimarket seperti berikut :

  • Silahkan buka situs klinikindomaret.com
  • Setelah itu cari bacaan “Selengkapnya“ pada bagian menu
  • Jika sudah demikian, geser kursor panahnya ke arah kanan sampai menemukan menu “Pajak Bumi dan Bangunan”, kemudian pilih menu tersebut
  • Selanjutnya kamu tinggal memasukkan NOP (Nomor Objek Pajak) dan masukkan tahun pembayaran
  • Alhasil, maka kamu bisa melihat data tagihan PBB dengan besaran jumlahnya
  1. Mengecek Tagihan PBB Online Via Aplikasi LinkAja

Bagi kamu yang ingin lebih mudah dan simple untuk melakukan pengecekan tagihan PBB, maka aplikasi LinkAja ini merupakan pilihan yang paling tepat. Meski lebih mudah, tapi kamu jangan sampai lupa dengan nomor objek pajaknya lho!

Kita langsung saja ke cara pengerjaannya seperti di bawah ini:

  • Silahkan buka aplikasi LinkAja, kemudian klik menu “Lainnya“ di homepage tersebut
  • Lalu cari menu “Pajak dan Restribusi“
  • Setelah itu, kamu harus pilih PBB yang berdasarkan daerah domisili
  • Jika sudah demikian, masukkan tahun pembayaran dan nomor objek pajak (NOP), lalu klik menu “Lanjut”
  • Tak lama kemudian, maka pada layar hp-mu akan terpampang informasi berupa rincian jumlah tagihan pajak yang harus dibayarkan.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

Berbagai Keunggulan Mengecek Tagihan PBB Secara Online

Keunggulan pertama yang akan kamu rasakan dari pengecekan tagihan PBB secara online, yakni membuat waktu menjadi lebih efisien. Bagaimana tidak? sebab kamu bisa langsung mengecek tagihan PBB dimana saja dan kapan saja melalui layar smartphone.

Selain dapat menghemat waktu, tentu saja pengecekan tagihan PBB secara online juga akan membuat hemat tenaga, karena kamu tidak perlu pergi jauh-jauh ke tempat kantor pajaknya.