Tahukah Anda, ternyata ada 7 (tujuh) klub di Liga 1 Indonesia yang tidak pernah terdegradasi ke Liga 2 Indonesia. Artinya klub-klub ini selalu bermain di Liga 1 Indonesia sebagai kasta teratas kompetisi sepakbola profesional di Indonesia saat ini, bahkan mereka belum pernah terdegradasi terhitung sejak era liga profesional Indonesian Super League (ISL) tahun 2008 lalu.

Berikut 7 Tim Liga 1 Indonesia yang belum terdegradasi sejak era liga profesional di Indonesia bergulir (Indonesian Super League) tahun 2008 hingga saat ini beserta pembahasannya :

  1. Persela Lamongan

Tim satu ini bisa dibilang adalah klub yang paling ‘lemah’ di antara 7 Tim Liga 1 Indonesia yang belum terdegradasi sejak era liga profesional di Indonesia bergulir (Indonesian Super League) tahun 2008 hingga saat ini. Namun, klub Persela Lamongan tetap dapat menunjukkan konsistensinya sebagai tim yang mampu selalu tampil di kasta tertinggi kompetisi sepakbola di Indonesia saat ini (Liga 1 Indonesia).

Walaupun bisa dibilang jarang sekali Persela Lamongan menembus papan atas Klasemen Liga 1 Indonesia, namun Persela Lamongan tetap mampu menjaga posisi di papan tengah atau setidaknya di atas zona degradasi. Ini adalah suatu pembuktian konsistensi dari Persela Lamongan.

  1. Arema FC

Klub Arema FC juga termasuk salah satu tim besar di Indonesia yang belum pernah merasakan terdegradasi keluar dari liga utama sejak era Indonesian Super League (ISL) tahun 2008. Dan, Arema FC bahkan pernah merasakan mendapatkan satu gelar Juara Liga pada tahun 2010 lalu ketika masih dilatih oleh pelatih Robert Rene Alberts. Arema FC saat ini pun sedang berjuang untuk bersaing di papan atas Liga 1 Indonesia agar mempertahankan konsistensinya bermain di liga utama.

  1. Madura United

Klub Madura United berdiri sejak tahun 2016 lalu. Sebenarnya, klub Madura United adalah transformasi dari klub Pelita Bandung Raya yang sebelumnya lebih dikenal dengan Pelita Jaya.

Baik dengan nama Klub Pelita Jaya maupun Pelita Bandung Raya, hingga kini menjadi Madura United sama-sama belum pernah merasakan terdegradasi dari liga utama sejak era Indonesian Super League (ISL) tahun 2008.

  1. PSM Makassar

Klub PSM Makassar merupakan salah satu klub Sepak Bola tertua di Indonesia. Klub PSM Makassar di liga sepakbola di Indonesia adalah salah satu tim yang juga belum pernah merasakan terdegradasi keluar dari liga utama sejak masa tahun 2008 saat masih bernama  Indonesian Super League (ISL) hingga saat ini menjadi Liga 1 Indonesia.

Juga, klub PSM Makassar sudah mencicipi gelar juara Liga Indonesia sebanyak 1 (satu) kali. Prestasi ini melengkapi klub PSM Makassar sebagai salah satu tim yang paling konsisten dan bahkan hampir selalu menempati papan atas kasemen bersaing memperebutkan gelar juara Liga 1 Indonesia hingga saat ini.

  1. Persipura Jayapura

Klub Persipura Jayapura juga menjadi salah satu tim yang paling sukses di liga sepakbola Indonesia sejak Indonesian Super League (ISL) tahun 2008. Mengapa demikian, tim yang biasa disebut dengan Mutiara Hitam ini total sudah merebut 4 (empat) gelar juara liga utama di Indonesia!

Tidak heran kalau Persipura Jayapura masuk ke dalam tujuh tim yang belum pernah terdegradasi keluar dari liga utama sejak era Indonesian Super League tahun 2008.

  1. Persib Bandung

Klub Persib Bandung sudah lama dikenal di kompetisi sepakbola di Indonesia sebagai tim besar di Indonesia. Tidak pernah terdegradasi dari liga utama sepakbola di Indonesia bahkan sejak era unifikasi liga tahun 1994!

Persib Bandung saat ini tetap menjadi salah satu klub favorit untuk memperebutkan gelar juara di Liga 1. Pada tahun 2014 lalu, Persib Bandung berhasil mendapatkan gelar juara keduan. Juga, pada tahun 2018 Persib Bandung hampir meraih juara, sayangnya mereka tersandung sanksi.

  1. Persija Jakarta

Untuk melengkapi daftar Tujuh Klub Sepakbola di Indonesia yang tidak pernah terdegradasi, adalah Persija Jakarta. Persija sejak Indonesian Super League tahun 2008 sampai Liga 1 Indonesia saat ini belum pernah merasakan terdegradasi ke liga kedua.

Persija hingga kini sudah mengoleksi 2 (dua) gelar juara semenjak unifikasi Liga Indonesia dilakukan. Yag masih hangat, Persija Jakarta mendapatkan gelar juara tahun 2018 lalu.

Untuk terus tetap menyaksikan ketujuh Tim Terbaik di atas berlaga di Liga 1 Indonesia, Anda bisa menyaksikannya di Vidio.com sebagai official online broadcaster dari Shopee Liga 1 Indonesia.

Selain Shopee Liga 1 Indonesia, Anda juga bisa secara eksklusif menyaksikan Liga Champion dan Liga Eropa hanya dengan berlangganan Premier Platinum di Vidio.com. Untuk menikmati tayangan online pertandingan di Shopee Liga 1 dapat disaksikan melalui langganan Premier Gold dengan tarif Rp 149.000 per-tahun!